Cara Mengembalikan Blog di Hapus Google


Salah satu momok menggunakan blog gratisan semacam Blogger/Blogspot adalah adanya potensi penghapusan blog secara sepihak, dalam hal ini oleh Google. Sebagai platform gratisan, blogspot sejatinya menawarkan sejumlah kelebihan, sayangnya dengan menggunakan platform ini kita bisa kehilangan blog sewaktu-waktu yang penyebabnya tidak melulu karena pelanggaran di pihak kita.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab blog di hapus Google. Pada umumnya blog di hapus lantaran adanya aktivitas spamming oleh si pemilik. Namun, bagaimana jika Anda merasa tidak melakukan aktivitas spamming apapun dan blog Anda tetap di hapus secara sepihak? Selain akan sangat merugi, pastinya Anda akan merasa jerah menggunakan blog gratisan.

Penyebab Blog di Hapus Google

Pada umumnya blog di hapus oleh Google karena teridentifikasi melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ditetapkan Google, dan bentuk pelanggaran tersebut bisa berupa:

1. Dianggap Sebagai Blog Spam

Aktivitas spam ini dicirikan oleh berbagai kegiatan, seperti memposting artikel tidak bermutu, duplikasi artikel, link building secara masal, melakukan optimasi secara berlebihan, dsb.

2. Melanggar Kebijakan Konten

Google memiliki kebijakan konten yang harus dipatuhi seluruh pengguna Blogger. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi laman Content Policy Blogger.

3. Blog Memuat Malware

Penyebab blog di hapus secara sepihak berikutnya adalah dikarenakan blog Anda terindentifikasi memuat malware. Apakah script iklan di blog Anda aman? pastikan Anda memasang script iklan dari jaringan iklan terpercaya.

Jika Anda merasa tidak melakukan pelanggaran apapun namun blog Anda tiba-tiba di hapus oleh Google, Anda dapat mengajukan banding. Seperti saya sebutkan diatas, blog yang menjadi korban penghapusan tidak selalu karena adanya tindakan pelanggaran, melainkan karena kesalahan di pihak Google itu sendiri.

Cara Mengembalikan Blog Diapus Google

Berikut ini cara untuk mengembalikan blog dengan platform Blogger yang di hapus Google:

Silakan login ke dashboard Blogger.

Cara Mengembalikan Blog di Hapus Google

Anda akan melihat tampilan seperti gambar screen shot diatas. Silakan klik tombol “APPEAL“. Selanjutnya silakan tunggu proses review dalam beberapa hari kedepan.

Jika blog Anda memang tidak melakukan pelanggaran kebijakan, maka blog Anda akan kembali aktif dan bisa diakses secara normal. Sebaliknya, jika tidak ada konfirmasi dari pihak Google, maka artinya blog Anda memang bertentangan dengan kebijakan Google.

Catatan

Jika blog Anda dihapus, pastikan Anda sesegera mungkin untuk mengajukan banding karena dalam 90 hari kedepan blog Anda akan dihapus secara permanent – Anda tidak lagi berkesempatan untuk memulihkannya.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!