Cara Mengatasi Tracking Google Analytics Tidak Akurat


Seperti diketahui, Google Analytics merupakan tools yang memungkinkan para pengelola website atau blog untuk melakukan pelacakan traffic weblog mereka. Meskipun cukup banyak tools lain yang juga bisa digunakan secara gratis, namun sebagian besar blogger lebih memilih Google Analytics karena dianggap memiliki akurasi pelacakan yang lebih baik katimbang tools lainnya.

Selain itu, para pengelola jaringan periklanan baik dalam maupun luar negeri pada umumnya juga menjadikan data statistik Google Analytics sebagai rujukan. Terlepas dari kekurangan yang ada, Google Analytics memang menawarkan berbagai fitur menarik yang cukup berguna untuk memantau statistik lalu lintas website dari waktu ke waktu.

Dan bagi Anda pengguna Google Analytics, Anda mungkin sempat menjumpai sebuah kejadian dimana tracking lalu lintas yang dilakukan Google Analytics serasa tidak akurat. Berawal dari pengalaman pribadi, saya mendapati bounce rate bloggerlamongan.com terlihat tidak seperti biasanya, bahkan perbedaannya sangat signifikan.

Setelah melakukan pengecekan, ternyata penyebab data tracking Google Analytics yang tidak akurat tersebut disebabkan oleh pergantian struktur URL dari protokol HTTP ke HTTPS yang mana dalam hal ini saya tidak melakukan perubahan pengaturan properti di Google Analytics. Alhasil, data statistik yang ditampilkan Google Analytics menjadi tidak akurat.

Sebagai catatan, saya memutuskan untuk beralih ke protokol HTTPS karena protokol ini sangat direkomendasikan oleh Google. Penggunaan protokol HTTPS tidak sebatas untuk tujuan keamanan tapi juga untuk tujuan SEO karena website yang menggunakan protokol HTTPS diyakini lebih potensial untuk mendapatkan peringkat bagus di index hasil pencarian search engine. Jika dinalar, opini tersebut memang cukup masuk akal karena pada dasarnya faktor keamanan user memang menjadi bagian dari indikator pemeringkatan.

Adapun untuk dapat menggunakan protokol HTTPS ini kita harus membeli sertifikat SSL. Untungnya, saya menggunakan hosting Niagahoster sehingga saya bisa mendapatkan sertifikat SSL secara gratis. Lebih menyenangkan lagi karena salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia ini memberikan sertifikat SSL gratis untuk selamanya sepanjang saya masih menggunakan layanan web hosting mereka.

Kembali ke topik tracking Google Analytics tidak akurat. Berikut cara mudah untuk mengatasi data pelacakan Google Analytics tidak akurat karena perpindahan protokol dari HTTP ke HTTPS.

Google Analytics Property Settings

Silakan buka dashboard Google Analytics menggunakan akun terdaftar

Klik Admin yang terletak dibagian kiri halaman

Pada bidang PROPERTY, silakan klik Property Settings, ganti Default URL dari http ke https seperti gambar screen shot dibawah. Kemudian klik Save untuk menyimpan pengaturan.

cara setting google analytics

Selesai.

Untuk kode pelacakannya tidak perlu diganti. Cukup gunakan tracking code yang sudah dipasang sebelumnya.

Dan bagi Anda yang masih menemui kendala untuk instalasi kode Google Analytics di blog, silakan simak artikel berikut: Cara Pasang Kode Google Analytics di Blog WordPress. Demikian, semoga berguna.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!