Cara Mengatasi Masalah Gagal Install Plugin di WordPress

WordPress adalah CMS open source yang paling banyak dipilih oleh blogger dan webmaster. Membuat blog berbasis WordPress memungkinkan kita untuk menginstal berbagai macam plugin penting guna menjadikan blog lebih hidup dan mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada. Instalasi plugin sendiri dapat dilakukan melalui berbagai cara, mulai instalasi langsung dari dashboard WordPress, download-upload- install hingga instalasi melalui cpanel hosting.

Baca juga: Cara backup blog WordPress secara mudah

Dalam proses instalasi plugin, terkadang kita menemukan kendala dimana plugin yang ingin kita install tidak dapat di install sebagaima mestinya. Tidak menjadi masalah jika fungsi plugin tersebut tidak begitu penting, tetapi ceritanya akan berbeda jika plugin tersebut memiliki fungsi yang sangat penting seperti halnya plugin Akismet. Akismet adalah salah satu plugin yang ‘wajib’ di install pada blog berbasis WordPress karena tanpa plugin ini blog kita akan dibanjiri komentar spam hanya dalam hitungan detik.

plugin akismet
Statistik komentar spam BloggerLamongan.com

Tidak lama ini saya melakukan install ulang plugin Akismet di blog ini. Plugin tersebut sebenarnya sudah terinstal, namun kemudian hilang setelah blog ini migrasi dari shared hosting ke cloud hosting. Saya sudah berusaha menginstal ulang selama beberapa kali baik melalui dashboard WordPress maupun melalui cpanel, namun instalasi tetap tidak bisa dilakukan. Setelah beberapa kali mencoba dan tetap gagal, saya pun mulai mencari permasalahan yang sesungguhnya. Instalasi plugin Akismet akhirnya sukses dilakukan setelah saya merubah nilai ‘Permission’ pada plugin ini.

Bagi Anda yang mengalami masalah yang sama dengan saya, berikut cara mengatasi masalah tidak bisa install plugin di WordPress.

  • Login ke cPanel hosting Anda
  • Silakan buka File Manager
  • Pada File Manager, silakan masuk ke public_html/wp-content/plugins kemudian temukan folder plugin yang tidak bisa di install. Contoh pada kasus saya adalah plugin Akismet yang tersimpan di folder public_html/wp-content/plugins/akismet.
  • Klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih menu Change Permission, lalu rubah nilai Permission menjadi 755

mengatasi error install plugin

  • Setelah nilai Permission Anda rubah ke 755, silakan coba install kembali plugin yang tadi bermasalah. Jika tidak ada kendala teknis lainnya, mestinya instalasi plugin sudah bisa dilakukan secara normal.

Demikian, semoga bermanfaat. Dan sebagai catatan, ketika sudah tersedia update, pastikan Anda selalu mengupdate semua plugin yang Anda gunakan guna menghindari permasalahan tertentu pada plugin tersebut.

Hosting Terbaik Indonesia

6 comments

  1. Jaya Handika Reply

    Ane install wordpress offline gan, ketika install plugin error mulu . ada solusi ?

    • Din Tok Reply

      Jika sudah mengikuti langkah diatas dan masih gagal, silakan coba gunakan WP versi terbaru.

  2. Budi Reply

    Bingung mas, jadi takut update plugin setiap kali update selalu errors. akibatnya web ngak bisa diakses…..Ada solusinyanya ngak ? Biar aman setiap kali update plugin di wordpress…terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!