Cara Mengatasi Loading Blog WordPress Lambat

Peyebeb Loading Blog WordPress LambatTidak lama sebelum artikel ini saya tulis saya sudah sempat posting artikel cara mempercepat loading blog. Kali ini saya ingin berbagi tips cara mengatasi loading blog WordPress self hosted yang terindikasi tidak wajar alias loadingnya sangat lambat.

WordPress self hosted berbeda dengan Blogger.com atau WordPress.com. Kecepatan loading blog berbasis WordPress menggunakan self hosting sangat dipengaruhi oleh performa server. Jika servernya stabil, maka kecepatan waktu muat blog akan lebih baik, dan begitu juga jika kondisinya sebaliknya.

Beberapa waktu lalu saya sempat mendapati BloggerLamongan.com memakan waktu yang sangat lama hanya untuk waktu muat halaman beranda. Kecurigaan saya tertuju pada provider hosting yang saya gunakan, dan setelah melakukan perpindahan server ternyata hal yang sama masih saja terjadi.

Untuk mendapatkan performa server yang lebih stabil, maka saya kembali meminta provider hosting BloggerLamongan.com untuk melakukan perpindahan server lagi, dan perpindahan server kali ini justru tidak memperlihatkan perbedaan sama sekali karena loading blog masih sangat lambat, bahkan untuk masuk ke dashboard WP saja harus menunggu hingga beberapa menit.

Masalah blog loading lambat tidak wajar akhirnya tersolusikan, dan berikut ini adalah rangkuman aktivitas yang saya lakukan untuk menormalkan speed loading blog BloggerLamongan.com.

1. Mengganti Server
Kecepatan loading blog yang menggunakan self hosting sangat ditentukan kualitas server hosting yang Anda gunakan. Terlepas dari adanya faktor pemicu lain, pastikan server yang Anda gunakan memiliki stabilitas yang baik.

Hubungi provider hosting blog Anda, berkonsultasilah dengan mereka agar masalah cepat terselesaikan. Dan sebagai catatan, faktor loading lambat merupakan salah satu kendala blog sulit berkembang.

2. Menghilangkan Plugin Bermasalah
Meskipun penyebab loading blog lambat lebih sering dikarenakan masalah pada server, namun faktor lain juga dimungkinkan menjadi penyebabnya, salah satunya adalah plugin. Guna menghindari plugin-plugin berkinerja buruk, sebakinya Anda cukup menggunakan plugin dari pengembang yang sudah dikenal luas.

Selain memilih plugin dari pengembang yang sudah dikenal luas, Anda juga perlu mengupdate plugin yang terpasang di blog Anda ke versi terbaru. Perhatikan juga plugin lama yang tidak tersedia update versi terbaru, karena plugin lama cukup mungkin menjadi biang keladi dibalik tidak normalnya loading blog Anda.

3. Mengupdate Versi WordPress
Silakan update versi WordPress yang Anda gunakan ke versi yang lebih baru untuk mengoptimalkan kinerja blog Anda. Meksipun jarang dijumpai blog loading lambat lantaran versi WordPress yang out of date, namun tidak menutup kemungkinan lambatnya loading blog Anda disebabkan oleh versi WordPress yang sudah usang. Selain melakukan update secara manual, Anda juga bisa mengupdate versi WP secara otomatis dengan menambahkan script auto update. Cara menambahkan script auto update WP akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Hosting Terbaik Indonesia

9 comments

  1. Edi Reply

    blog wordpress saya lambat saat dites dengan page speed, kira-kira apanya ya sob, saya menggunakan satu hosting untuk dua domain. domain yang satu lancar yang satunya berat ?

    • Din Tok Post authorReply

      Penyebabnya bisa beragam, mulai faktor layanan yang Anda pilih, trafik, tema, dan beberapa poin lainnya sebagaimana yang saya sebut pada artikel diatas.

  2. afif Reply

    ini yang sedang kami rasakan….
    sebelnya minta ampun…
    kadang terasa berat untuk nulis..

  3. icha Reply

    Saya lagi belajar wordpress, terima kasih banyak informasi yang bermanfaat untuk worpress newbie disini. saya jadi banyak tau

  4. Ridwan Reply

    kira kira mas penyedia hosting yang servernya paling bagus apa ya?

  5. syahrul Reply

    Sama nehh saya juga LOLA satu web, kayaknya gara-gara di oprak aprek terus, padahal ilmunya boleh nutur ha..ha.., jadi gak enak hati mau nanya langsung ke hosting saya, takut dikira bawel banyak tanya, soale udah keseringan nanya moloo, maklum baru lagi seneng-senengnya belajar agan-agan senior…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!