Cara Mengatasi CTR & CPC AdSense Turun Drastis


Bagi para publisher Google AdSense (GA), mereka akan menjumpai sebuah kondisi dimana CTR (Click Through Rate) dan CPC (Cost Per Click) mengalami penurunan, bahkan tingkat penurunan yang cukup signifikan. Jika CTR dan CPC mengalami penurunan, maka sudah pasti penghasilan dari GA akan menyusut jauh. Kondisi ini akan memberi permasalahan besar terhadap publisher jika tidak disikapi secara tepat, mulai semangat ngeblog yang mengecil, malas posting artikel, bahkan merasa putus asa lantas meninggalkan rutinitas ngeblog yang sudah digeluti sejak sekian lama.

Dalam beberapa tahun terakhir ini penghasilan publisher GA di Tanah Air sepertinya memang banyak yang mengalami penurunan. Hal tersebut pastinya tidak lepas dari adanya penurunan pada CTR dan CPC iklan. Sementara penyebab dari penurunan CTR dan CPC sendiri dipicu oleh banyak faktor, mulai faktor advertiser itu sendiri, kualitas dan bahasa konten, geografi pengunjung, layout situs blog, dsb. Jika AdSense merupakan sumber penghasilan primer Anda, maka Anda perlu mengambil langkah yang tepat sehingga penurunan atau inkonsistensi CTR dan CPC akun Anda dapat segera teratasi.

Baca artikel: Tips mengatasi penghasilan dari AdSense menurun

Bagi sahabat pembaca yang akhir-akhir ini turut mengalami penurunan CTR dan CPC, silakan simak beberapa kiat untuk mengatasi penurunan CTR & CPC AdSense berikut ini:

1. Tingkatkan Kualitas Konten

Apapun niche yang Anda usung, prioritasnya adalah artikel bermutu. Google dapat dengan mudah mengenali mana konten yang berkualitas dan mana yang tidak. Jika selama ini blog Anda banyak dipenuhi konten tidak bermutu, maka dapat dipastikan CPC akan cenderung berada di level rendah. Untuk menyikapinya, silakan update konten blog yang dirasa tidak bermutu agar CPC yang Anda dapat beranjak membaik.

2. Relokasi Iklan

Performa iklan juga sangat dipengaruhi layout blog. Artinya, jika layout blog Anda tidak memungkinkan iklan untuk memperlihatkan performa terbaiknya, maka CTR dan CPC AdSense tidak akan bisa optimal. Cermati layout blog Anda, dan pastikan Anda menata ulang atau mengganti template jika memang dirasa perlu. Gunakan template yang secara teori bisa meningkatkan CTR iklan. Ciri-cirinya adalah minimalis, ringan, dan memungkinkan Anda meletakkan iklan pada posisi strategis.

3. Pilih Ukuran Iklan Yang Tepat

Faktor ukuran iklan juga sangat mempengaruhi tinggi-rendahnya CTR, bahkan CPC. Sesuai dengan pedoman publisher, ukuran iklan terbaik adalah ukuran besar. Semakin besar ukuran iklan, maka iklan tersebut menjadi semakin mudah dilihat, dan hal ini akan memberikan nilai tambah. Selain berpotensi menaikkan jumlah klik, advertiser juga cenderung memilih desain iklan berukuran besar. Artinya, memilih iklan berukuran besar memungkinkan advertiser untuk menaikkan tawaran.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog selain dengan AdSense

4. Batasi Jumlah Iklan

Google memperbolehkan publisher AdSense untuk memasang maksimal 3 unit iklan banner dan 3 unit iklan link per laman. Guna tetap bisa mendapatkan CPC mahal, sebaiknya batasi pemasangan iklan. Anda bisa memasang 2 unit iklan banner + 1 unit iklan link, atau 3 unit iklan banner dan tanpa unit iklan link. Namun, dalam hal ini perlu pengujian terlebih dulu mengingat pengalaman publisher tidak selalu sama. Selain itu, kondisi blog juga bisa memberikan pembeda, jadi Anda perlu bereksperimen terlebih dulu.

5. Apakah Akun AdSense Anda Terkena Smartpricing?

Akun AdSense yang terindikasi menjadi ‘korban’ smartpricing dicirikan oleh penurunan CTR & CPC hingga lebih dari 50 persen. Jika Anda meyakini akun AdSense terkena smartpricing, maka upaya untuk menormalkan kembali akun Anda tidak cukup hanya dengan menerapkan kiat-kiat seperti tersebut diatas. Smartpricing sendiri merupakan sebuah perhitungan sistematis yang dapat melakukan penyesuaian terhadap CPC iklan. Simak cara mengatasi Smartpricing AdSense berikut ini:

  • Lepas iklan selama 3-7 hari
  • Ganti template blog (Anda bisa menggunakan template default Blogger untuk sementara waktu)
  • Setelah 3-7 hari, silakan pasang kembali iklan AdSense dengan cara:

Masuk ke dashboard Blogger
Pilih menu Penghasilan atau Earnings
Pilih Ya pada bidang Tampilkan iklan di blog kemudian klik Simpan

cara-pasang-iklan-adsense-di-blog

Setelah Anda menerapkan langkah-langkah diatas, silakan amati performanya. Sebaiknya jangan lakukan perubahan apapun selama sekitar 1 minggu untuk dapat menyimpulkan hasilnya.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Narko Reply

    memang kadang bingung dan nggak tahu harus berbuat apa gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!