Cara Mendapatkan SSL Gratis

Secure Sockets Layer atau SSL adalah sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape untuk komunikasi dokumen yang membutuhkan privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data.

SSL sendiri memiliki 4 jenis, dan berikut ini keempat jenis SSL yang dimaksud:

1.SSL web server certificate with EV

SSL ini digunakan jika pengunjung harus input data sensitif, misalkan credit cards, nomor PIN, dsb yang membutuhkan tingkat keamanan ekstra. Apabila menggunakan SSL jenis ini, maka address bar pada web browser akan berwarna hijau dan menunjukan nama ogranisasi bersangkutan yang telah terverifikasi.

2. SSL web server certificates

Untuk jenis SSL yang ini digunakan apabila pengunjung harus log in atau sign in. SSL jenis ini menggunakan enkripsi sama kuat dengan SSL web server certificate with EV, namun pada address bar web browser tidak menunjukkan warna hijau.

3. SGC SuperCerts

Jenis SSL ini digunakan untuk kompatibilitas web browser lama. Apabila pengunjung menggunakan web browser lama, atau cara lain untuk mengunjungi suatu situs web, maka SSL jenis ini cocok untuk diterapkan di web browser tersebut, karena SSL jenis ini memungkinkan kompatibilitas browser lama untuk enkripsi 128 atau 256 bit.

4. SSL 123 Certificate

Jenis SSL ini digunakan untuk komunikasi internal dan intranet private. SSL ini melakukan enkripsi unutk pegawai dan user di dalamnya. Hanya nama domain yang diverifikasi.

Cara Mendapatkan SSL Gratis

Seperti diketahui, sebagian provider web hosting lokal saat ini sudah menawarkan SSL gratis untuk penggunanya, salah satunya Niagahoster.co.id. Dan berikut ini cara mendapatkan SSL gratis bagi pengguna layanan hosting Niagahoster.

Masuk ke cPanel, kemudian pilih menu Free SSL.

cara-dapat-ssl-gratis

Catatan: Free SSL juga disebut Let’s Encrypt for cPanel

Sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya, perlu diketahui bahwa menu Free SSL tidak akan muncul apabila masih menggunakan thema X3 dari cPanel. Anda dapat mengubahnya melalui menu cPanel Anda seperti terlihat pada gambar screenshot dibawah ini.

cara-dapat-ssl

Usai memilih menu Free SSL, Anda akan melihat daftar domain dan sub-domain Anda. Selanjutnya silakan pilih issue.

ssl-gratis

Pada halaman issue silakan pilih include, tujuannya supaya SSL juga terpasang pada sub-domain.

ssl-gratis-selamanya

Proses issue ssl akan memakan waktu beberapa detik dan jika telah selesai, maka SSL akan secara otomatis terpasang dan selanjutnya domain Anda akan dapat diakses dengan https.

Cara Redirect Halaman https WordPress

Ketika SSL Anda sudah berhasil dikeluarkan, maka yang perlu Anda lakukan kemudian adalah melakukan redirect halaman website WordPress Anda ke URL https. Adapun cara yang paling mudah untuk melakukan redirect adalah dengan menggunakan plugin Really Simple SSL.

Silakan install plugin tersebut, kemudian aktifkan plugin, maka secara otomatis website Anda akan di redirect ke https tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan apapun.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!