Cara Mendapatkan Sitelinks Google

Pengertian Google Sitelinks

Google sitelinks adalah ditampilkannya beberapa halaman dari satu website atau blog pada index hasil pencarian Google Search dengan menggunakan kueri pencarian tertentu yang berkaitan dengan nama domain, judul, atau keyword blog bersangkutan. Untuk lebih mudah memahami apa itu sitelinks, silakan simak gambar dibawah ini.

cara mendapatkan sitelinks Google

 

Apa Keistimewaan Weblog Yang Mendapatkan Sitelinks

Situs yang mendapat sitelinks mencirikan mutu blog bersangkutan. Situs yang berhasil mendapat sitelinks Google adalah situs yang memenuhi kriteria, sebagai berikut:

  • Situs memiliki navigasi yang baik
  • Situs sudah relatif berusia
  • Situs memiliki banyak backlink  berkualitas
  • Situs memiliki popularitas yang baik
  • Dll.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelinks Google

Apakah hanya blog yang memiliki pagerank tinggi saja yang berkesempatan mendapat sitelinks Google? Tidak, blog yang tidak memiliki pagerank pun berkesempatan untuk mendapat sitelinks sepanjang blog tersebut memenuhi kriteria blog berkualitas sebagaimana dijelaskan diatas. Pagerank bukan satu-satunya faktor untuk mengukur kualitas sebuah blog.

Beberapa Kiat Untuk Mendapatkan Sitelinks Google

Gunakan template yang SEO friendly

Template SEO friendly adalah template yang memudahkan spider bot search engine untuk merayapi isi blog Anda secara menyeluruh.

Posting artikel berkualitas

Artikel berkualitas adalah salah satu ciri apakah blog tersebut bermutu atau sebaliknya. Fokuslah untuk menulis artikel berkualitas, dan tidak menulis semata-mata hanya untuk menambah jumlah postingan blog Anda.

Dapatkan backlink berkualitas

Sebagaimana dijelaskan pada artikel memahami cara kerja Google Search, mesin crawler search engine Google melakukan perayapan dari link ke link. Artinya, semakin banyak backlink (backlink berkualitas), maka semakin populer pula blog Anda dihadapan search engine.

Membuat meta tag yang baik

Meta tag adalah gambaran dari konten blog secara keseluruan. Buatlah meta tag yang SEO friendly yang benar-benar menggambarkan konten blog Anda guna bisa mendapat peringkat yang baik di SERPs.

Hindari terlalu sering mengganti judul

Selain tidak baik untuk SEO, penggantian judul blog secara berulang-ulang dalam rentang waktu yang relatif singkat juga berpotensi menyebabkan blog Anda sulit mendapatkan sitelinks Google.

Hindari mengganti template secara berulang

Poin ini hampir sama dengan penggantian judul blog secara berulang. Jangan mengganti template secara berulang-ulang, karena hal tersebut akan berdampak pada penurunan peringkat blog Anda di SERPs.

Percepat loading blog

Loading blog cepat tidak hanya baik untuk pengunjung, loading blog cepat juga akan memudahkan spider bot search engine dalam merayapi seluruh halaman blog Anda dengan lebih cepat. Dan sebagai catatan, mempercepat loading blog adalah bagian dari teknik optimasi blog on-page yang direkomendasikan oleh pihak Google.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Bisa Mendapat Sitelinks Google

Tidak ada patokan berapa bulan/tahun blog kita akan diberi sitelinks. Sebagaimana dijelaskan diatas, sitelinks diberikan merujuk pada sejumlah hal yang mencirikan kualitas dari blog bersangkutan. Jadi, apabila Anda ingin mendapatkan sitelinks secara cepat, maka pastikan blog Anda berkualitas dan terawat.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Onliner Reply

    Bagus sekali gan artikelnya. Sangat membantu saya dlm belajar ngeblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!