Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog


cara mendapatkan penghasilan dari blogBlog adalah sebuah media daring yang memungkinkan pengelolanya untuk mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan. Berburu penghasilan dari blog merupakan pekerjaan yang cukup menyenangkan. Dengan blogging kita tidak diharuskan menyiapkan sejumlah modal (finansial) yang kerap kali menjadi kendala tersendiri bagi seseorang yang ingin memulai suatu bisnis.

Dengan berbekal kreativitas, kerja keras, konsistensi, dan proses belajar dari rentetan kesalahan, kedepannya mendapatkan uang dari blog dengan keberagaman caranya akan terlihat nyata. Ngeblog merupakan cara pintar untuk mendapatkan penghasilan yang memungkinkan Anda untuk meraih profit dalam jumlah hingga tak terbatas. Namun, ada tahapan demi tahapan yang harus ditempuh.

Menghasilkan uang dari blog tidak bisa direalisasikan secara instan. Proses demi proses harus dilalui secara terarah sehingga kedepannya kerja keras Anda benar-benar akan terbayar. Dan disini perlu saya garisbawahi, banyak orang merasa tergiur dengan penghasilan blogger yang kemudian mendorong mereka untuk mulai mencoba ngeblog. Karena yang ada dipikiran mereka hanya soal “mendapatkan uang” tanpa memahami realitanya, maka tidak lama kemudian mereka memilih stop lantaran penghasilan yang mereka inginkan tak kunjung didapat.

Tidak ubahnya membuka usaha secara offline, memulai bisnis online melalui media blog juga menyisakan rintangan tersendiri. Namun, pada intinya semua itu hanya bagian dari proses. Sepanjang Anda mengikuti alur dan mekanisme yang tepat, maka tidak akan ada waktu Anda yang terbuang percuma. Jika cara ngeblog Anda sudah benar, tiba waktunya Anda pasti akan mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan. Contonya saya sendiri, saya sudah menghabiskan tahun demi tahun menjadi seorang full time blogger, dan ngeblog tidak sebatas memberikan saya rizki, tapi biaya hidup saya sepenuhnya saya dapat dari blog.

Ketika blog Anda sudah memiliki traffic, banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mulai menguangkan blog tersebut. Mulai dengan memasang iklan pihak ketiga, memasang iklan mandiri, menjadi seorang affiliate, menjual produk sendiri, paid posting, dan masih banyak lagi. Sementara itu, penghasilan dari blog pada umumnya didapat dari jaringan periklanan baik itu yang berbasis PPC maupun CPM.

Tahapan Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, terdapat tahapan-tahapannya dalam make money blogging. Adapun tahapan yang paling awal adalah menyiapkan sebuah media (blog) yang sudah layak untuk dimonetisasi. Jika blognya masih relatif baru yang umumnya belum memiliki pengunjung dalam jumlah yang ideal, Anda tidak perlu memaksakan untuk memonetisasi blog tersebut. Kembangkan terlebih dahulu dengan memperbanyak artikel berkualitas hingga statistik traffic memperlihatkan peningkatan.

Tips Meningkatkan Pengunjung Blog Baru

Traffic merupakan modal utama untuk menguangkan suatu blog. Artinya, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog harus menggunakan blog yang sudah memiliki traffic. Jika traffic blog Anda sudah berada dikisaran 500-1000 pengunjung unik per hari, maka Anda sudah bisa mencoba menguangkannya dengan memasang iklan pihak ketiga. Selebihnya akan dijabarkan dibawah, silakan simak artikel ini sampai paragraf terakhir.

Agar blog Anda lekas mendapatkan pengunjung, lakukan apa yang saya sebutkan dibawah ini secara konsisten:

  • Posting artikel berkualitas; Artikel berkualitas adalah artikel yang bermanfaat bagi pembacanya. Artikel berkualitas dalam konteks ngeblog umumnya berupa artikel padat, memiliki struktur penulisan yang baik, dan dapat memberikan jawaban/solusi terhadap pembacanya.
  • Pastikan tidak copas artikel; Tidak hanya menyalahi etika, artikel hasil copas juga tidak akan membantu peningkatan traffic blog Anda. Pastikan Anda memposting artikel hasil tulisan Anda sendiri.
  • Buatlah artikel yang memiliki relevansi antara satu artikel dengan artikel lainnya; Pikirkan tentang tema blog Anda, dan postinglah artikel yang memiliki relevansi untuk masing-masing artikel. Ini akan membuat blog Anda lebih mudah muncul di hasil pencarian teratas search engine.
  • Posting artikel secara terjadwal (sehari 1x, seminggu 3x, atau seminggu 1x); Jika ada yang bertanya, apakah frekuensi posting artikel itu berpengaruh terhadap traffic, jawabannya “YA”. Blog yang mempublikasikan artikel secara terjadwal mengindikasikan bahwa blog tersebut terkelola dengan baik, dan secara keseluruhan kondisi ini ikut mempengaruhi naik-turunnya traffic.
  • Lakukan promosi secara tepat; Promosi blog dapat dilakukan melalui banyak cara, mulai membagikan tautan di sosial media, blog commenting, meninggalkan jejak di forum, dan lain sebagainya. Cara apapun yang Anda pilih, pastikan promosi tersebut dilakukan secara tepat dan tidak mengindikasikan tindakan spam yang dapat menghambat perkembangan traffic blog Anda.

Pada tahapan ini, jangan pikirkan soal traffic. Cukup kerjakan poin-poin yang saya sebutkan diatas. Jika Anda melakukannya dengan baik, saya yakin kedepannya blog Anda akan mulai mengalami peningkatan traffic. Ingat, ngeblog itu membutuhkan kerja keras dan konsistensi, dan setiap tindakan Anda akan terbayar sesuai dengan cara Anda bertindak.

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Iklan

Setelah blog memiliki traffic dalam jumlah yang ideal untuk dimonetisasi, tiba waktunya bagi Anda untuk memonetisasi blog milik Anda. Menjadi publisher iklan pihak ketiga merupakan salah satu cara paling praktis dalam menguangkan blog. Pilihannya ada banyak, dan pada kasus ini saya merekomendasikan jaringan periklanan yang telah saya uji coba dan masih saya terapkan di beberapa blog saya hingga artikel ini saya tulis. Sebagai informasi, ada sekian banyak jaringan periklanan yang telah saya coba baik itu berbasis PPC, CPM, maupun CPA. Tujuannya tentu saja untuk mengenali yang terbaik sehingga penghasilan dari blog mampu mencapai titik maksimal.

Jaringan periklanan yang saya rekomendasikan adalah Adnow dot com. Adnow merupakan jaringan periklanan native yang menawarkan sejumlah kelebihan dibanding jaringan periklanan sejenis lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Adnow, silakan simak ulasan dibawah ini sebagaimana saya rangkum dari laman Adnow Indonesia.

Profil Adnow

Riwayat Adnow

Cerita Adnow bermula pada 2014 silam, ketika sekelompok geek digital yang memiliki hobi di bidang pemasaran digital, RTB dan Big Data memutuskan untuk membuat hybrid baru dalam format iklan native. Format ini dirancang untuk melayani iklan dan untuk membantu pengunjung dalam menemukan konten baru yang benar-benar menarik. Format ini pun memungkinkan untuk menggunakan spanduk media dan native ads dalam kampanye yang sama, yang sangat berguna untuk klien dan agensi dalam menjalankan kampanye promosi merk. Ide “menayangkan iklan yang menarik dan konten” adalah ide yang cukup jelas, tetapi solusi teknis yang rumit. Dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun bagi tim Adnow untuk mengembangkan prototipe platform pertama. Efektivitas algoritme tersebut cukup mengesankan mulai dari tahap pertama. Hal ini menjadi mungkin karena dari awal co-founder kami telah bekerja dengan RTB, Big Data, media buying, kampaye PPC dan iklan mobile selama 10-14 tahun terakhir. Kombinasi semangat dan pengalaman juga mendukung dalam peningkatan platform ini dan hanya dalam dua tahun telah berhasil menjadi perangkat yang efektif.

Desember 2015 Adnow mulai bekerja dengan webmaster, dan platform publisher itu dapat dibuka untuk semua orang. Sejak saat itu, kami memperoleh banyak tanggapan positif dari klien dan mitra kami. Selain itu, kami juga mengubah algoritma dan model matematika sebanyak 12 kali dan juga meningkatkan prosedur seleksi.

Adnow Saat Ini

Setelah tiga tahun terlewati dan pada tahun 2017 Adnow dengan rasa bangga menjadi platform dengan lebih dari 150 000 mitra, melayani lebih dari 6 miliyar tayangan setiap bulannya di 107 negara. Kendati masih jauh dari sempurna, tetapi kami puas dengan capaian sejauh ini. Kerja keras setiap harinya dalam meningkatkan produk dan algoritma untuk menyediakan pendapatan tertinggi bagi kedua belah pihak – pengiklan dan penerbit. Ya, kami berkembang, kami internasional, tetapi juga kami masih haus dan siap untuk bekerja keras lagi dan lagi. Dan itulah mengapa kami dapat menawarkan mitra dan klien kami lebih dari jaringan lain.

Cara Menguangkan Blog Dengan Iklan Adnow

Pertama-tama, Anda perlu membuat akun publisher Adnow untuk mulai memasang iklan Adnow di blog Anda. Cara mendaftar Adnow seperti dijelaskan dibawah ini:

Silakan buka: Halaman Pendaftaran Adnow

cara mendapatkan penghasilan dari blog lewat adnow

Arahkan mouse ke bagian kanan-atas laman web Adnow, kemudian klik tombol DAFTAR. Selanjutnya akan tampil halaman form registrasi akun publisher seperti gambar screen shot dibawah ini.

cara menghasilkan uang dari blog

Lengkapi semua bidang yang tertera meliputi Nama, Email, Password, dan Skype. Untuk kolom Skype, dapat diisi dengan nama Anda jika belum punya akun Skype. Centang bidang I’m not a robot, lalu klik tombol SUBMIT.

Tidak lama kemudian email dari team Adnow akan masuk ke inbox email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Jika belum sampai, silakan ditunggu terlebih dulu.

Setelah akun Adnow Anda aktif, pekerjaan Anda selanjutnya adalah menambahkan blog yang akan Anda gunakan untuk menerbitkan iklan Adnow.

Cara Menambahkan Blog dan Membuat Widget (Iklan) Adnow

Pada halaman publisher Adnow, silakan klik tombol SITES/SITUS.

cara meningkatkan penghasilan dari blog

Lengkapi semua bidang yang tertera. Adnow tidak menyoal volume traffic, sepanjang blog Anda tidak menyalahi TOS pasti tetap akan di approve. Jika semuanya sudah diisi, silakan klik tombol Add.

Langkah selanjutnya adalah membuat widget (iklan). Langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini:

Silakan klik menu Widget

penghasilan dari blog

Klik tombol Tambah Widget

Pilih tipe widget Native Ads

Pilih blog terdaftar pada Site name

Setup widget sesuai keinginan Anda – Centang semua bidang pada Setting widget

Klik tombol Save

Copy kode widget dan pasang di blog Anda. Akan muncul dua kode, silakan copy keduanya.

Jika kode widget sudah Anda pasang di blog, selanjutnya silakan tunggu hingga beberapa menit/jam kedepan. Email konfirmasi persetujuan blog penerbit akan dikirimkan oleh team Adnow.

Cara Optimasi Penghasilan Adnow

Harap dicatat, ini adalah poin terpenting yang harus Anda perhatikan. Ikuti kiat yang saya ulas dibawah supaya penghasilan dari iklan Adnow sesuai dengan espektasi Anda. 

Terlepas dari tema blog dan kualitas traffic, besar-kecilnya penghasilan dari iklan Adnow sangat dipengaruhi oleh CTR atau Rasio klik-tayang. CTR adalah persentase antara jumlah tayang iklan dengan jumlah klik. Semakin tinggi CTR, maka semakin tinggi pula eCPM yang didapat – penghasilan semakin besar. Kunci keberhasilan menjadi publisher iklan Adnow terletak pada tingginya CTR. Jadi, fokusnya adalah untuk meningkatkan CTR sehingga penghasilan akhirnya akan sesuai target.

Berikut cara meningkatkan CTR iklan Adnow:

  1. Minimalisir penggunaan widget (non-iklan)
  2. Pasang 3 widget per halaman blog
  3. Masing-masing widget tempatkan di header, atas artikel, dan ditengah artikel.

Ketiga poin diatas merupakan kunci untuk meningkatkan CTR Adnow. Pastikan Anda menerapkannya dengan baik sehingga CTR terus berada pada level tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Adnow

Baik Adnow maupun jaringan periklanan online lainnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Adnow.

Kelebihan:

  • Pendaftaran akun auto approve
  • Review blog sangat cepat
  • Menerima hampir semua jenis blog tanpa persyaratan minimum traffic
  • Jadwal pembayaran seminggu sekali
  • Jumlah minimum pembayaran hanya $20
  • Menyediakan opsi pembayaran via PayPal dan Wire Transfer (transfer bank)
  • Sistem pelaporan real time
  • Implementasi iklan sangat cepat – langsung aktif
  • Dilengkapi fitur anti-adblock
  • Layanan dukungan pelanggan sangat responsif

Kekurangan Adnow:

  • Iklan kurang variatif
  • Besaran penghasilan sangat bergantung pada CTR. Pastikan Anda menerapkan kiat untuk meningkatkan CTR iklan Adnow seperti dijelaskan diatas. Saya yakin CTR iklan akan cenderung tinggi.

 

Perbandingan AdSense dan Adnow

Umumnya blogger Indonesia lebih memilih AdSense katimbang jaringan periklanan lainnya. Dan terlepas dari kelebihan yang ada pada AdSense, dalam sisi tertentu faktanya AdSense tidak selalu lebih baik dari Adnow. Dibawah ini saya tampilkan screen shot penghasilan saya dari kedua jaringan periklanan tersebut.

penghasilan dari adsense
Penghasilan dari AdSense untuk 7 hari terakhir
penghasilan dari adnow
Penghasilan dari Adnow dalam 7 hari terakhir

Seperti yang Anda lihat pada screen shot diatas, dalam tujuh hari terakhir penghasilan dari Adnow mengungguli penghasilan dari AdSense.

Adnow tidak sebatas dapat dijadikan sebagai alternatif Google AdSense, tetapi bisa dijadikan pilihan utama untuk menggantikan AdSense. Kekurangan AdSense terletak pada stabilitas CPC, khususnya untuk konten lokal.

Akhir Kata

Menghasilkan uang dari blog dengan menjadi publisher iklan pihak ketiga merupakan satu dari sekian banyak cara untuk menguangkan blog. Terdapat sekian banyak jaringan periklanan online yang membuka kesempatan Anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog secara berkelanjutan, dan Adnow merupakan salah satu jaringan periklanan terpercaya yang bisa dijadikan pilihan dengan kemudahan yang ditawarkan.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!