Cara Mendapatkan Backlink Yang Aman

Cara Mendapatkan Backlink BerkualitasBacklink adalah tonggak dari optimasi SEO off-page. Tanpa backlink, peluang untuk mendapat peringkat teratas di index hasil pencarian mesin pencari tergolong sempit karena tidak ada voter (link) untuk blog kita. Meskipun backlink bukan sebagai faktor penentu tunggal pada peringkat mana halaman artikel berada, namun backlink berkualitas cukup memberi andil.

Ada banyak cara untuk membangun backlink, dan backlink berkualitas adalah backlink yang dibangun secara natural. Kriteria backlink berkualitas sudah saya bahas pada artikel cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas, dan cara mudah membangun backlink untuk blog baru. Pada artikel tersebut Anda dapat mempelajari teknik-teknik untuk menanam backlink secara aman dan tidak membahayakan blog Anda.

Tidak dipungkiri, link building memang salah satu kegiatan yang cukup menyita waktu blogger untuk blog yang baru dibuat. Namun, link building tetap harus dilakukan dengan mengedepankan sisi kualitas katimbang kuantitas. Tidak semua backlink memiliki nilai untuk blog Anda, dan berikut ini kiat untuk mendapatkan banyak backlink secara aman tanpa resiko mengalami penurunan peringkat di SERPs akibat update algoritma search engines.

1. Menulis Artikel Berkualitas

Cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan bermodalkan artikel. Artikel berkualitas bukan hanya bermanfaat untuk pembaca, tetapi juga mendorong pembaca untuk menautkan link blog Anda pada artikel yang mereka tulis.  Tentu, cara ini membutuhkan waktu, tapi jika Anda berpikir untuk jangka panjang, metode ini cukup efektif dalam menanam backlink secara aman.

2. Menjadi Guest Blogger

Cari daftar blog yang memiliki persamaan tema dengan blog Anda. Kirimkan artikel Anda di blog-blog tersebut dan masukkan link blog Anda pada artikel. Menanam backlink dengan menjadi guest blogger adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk jangka panjang. Meskipun cukup menyita waktu, namun backlink yang didapat dari guest blogging tentunya cukup berkualitas, karena faktor persamaan tema dari masing-masing blog.

3. Berkomentar di Blog Dofollow

Ada dua jenis backlink, yaitu backlink dofollow, dan backlink nofollow. Tanpa mengesampingkan pentingnya backlink nofollow, backlink dofollow cukup bernilai bagi blog Anda untuk memenangkan persaingan di SERPs. Temukan daftar blog dofollow dengan kandungan keyword yang Anda terapkan di blog Anda. Tinggalkan komentar yang relevan di blog tersebut agar tidak dianggap sebagai komentar spam yang pastinya tidak akan di approve oleh pemiliknya.

4. Mendaftarkan Blog ke DMOZ

DMOZ adalah web directory yang memiliki reputasi tinggi. Dengan menempatkan blog Anda di directory tersebut, maka blog Anda mendapatkan backlink yang cukup bernilai. Tidak semua blog akan di approve oleh DMOZ, oleh yang demikian, pastikan blog Anda sudah memenuhi kriteria sebelum mendaftarkannya ke DMOZ.

Blog yang akan didaftarkan ke DMOZ hendaknya sudah berusia tidak kurang dari tiga bulan, sudah berisi beberapa artikel, dan pastinya bukan blog spam.

 

Hosting Terbaik Indonesia

6 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Backlink bukan sebuah target. Terlepas dari pentingnya backlink, pada dasarnya backlink hanya sebagai aspek pendukung. Anda cukup fokus menulis artikel bermutu, karena kunci utama untuk mendapatkan trafik blog dari search engine adalah dengan modal artikel berkualitas, bukan backlink.

  1. Unknown Reply

    Apakah web 2.0 seperti blogger dan wp juga bisa untuk backlink ke web utama kita?

  2. Andy Reply

    apakah di tahun 2017 ini backlink komentar masih baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!