Cara Mencegah Komentar Spam di Blog WordPress


cara mendapatkan api key akismetLink building dapat dilakukan melalui blog commenting, dan bagi spammer mereka memanfaatkan celah ini untuk membangun backlink dengan cara melakukan spam commenting. Meskipun backlink yang didapat dari blog commenting tidak selalu berupa backlink berkualitas, namun mereka tetap memilih cara ini karena kebanyakan dari mereka menggunakan software link building otomatis sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menanam komentar yang berisikan banyak link.

Jika Anda blogging menggunakan WordPress self hosted, maka wajib bagi Anda untuk menyiasati komentar spam. Tanpa melakukan tindakan pencegahan, blog Anda akan dibanjiri komentar spam dalam jumlah yang banyak hanya dalam hitungan jam.

Akismet merupakan salah satu plugin WordPress terpopuler untuk mencegah masuknya komentar spam yang berisikan link-link yang dapat merusak blog Anda. Akismet tersedia dalam dua versi, Anda dapat memilih versi berbayar atau yang gratisan.

Diawal pembuatan blog BloggerLamongan, saya tidak menginstal plugin penghindar komentar spam. Alhasil, hanya dalam 1-2 hari saja blog ini sudah menampung ribuan komentar spam yang cukup menyita waktu untuk saya menghapusnya secara manual. Tidak mau membuang waktu hanya untuk menghapus komentar spam, maka saya terpikir untuk memasang plugin Akismet.

Plugin Akismet yang saya gunakan adalah versi gratisan. Meskipun versi gratis, namun plugin ini sudah cukup membantu untuk memfilter komentar spam.

CARA MENGAKTIFKAN PLUGIN AKISMET 

Untuk mengaktifkan plugin Akismet, Anda harus mendapatkan kode API Akismet terlebih dahulu.

CARA MENDAPATKAN KODE API PLUGIN AKISMET

  • Masuk ke menu plugin di dashboard WordPress.
  • Pilih menu Installed Plugins, kemudian pilih Activate plugin pada plugin Akismet.
  • Klik tombol Get Your API Key.
  • Klik tombol Get An Akismet API Key. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman form pendaftaran.
  • Isilah data yang diminta pada form pendaftaran, kemudian klik tombol Signup.
  • Anda akan diminta untuk memilih jenis akun. Untuk mendapatkan API key secara gratis, pilihlah tipe Personal.
  • Selanjutnya akan muncul halaman pembayaran. Klik tombol or Use Akismet for free > Use Akismet for Free on a personal site, masukkan nama Anda, kemudian klik tombol SUBMIT.
  • API key akan muncul pada jendela pop-up. Copy kode tersebut, dan masukkan pada panel konfigurasi Akismet untuk mengaktifkan plugin tersebut.
Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Abu Irfan Reply

    Sepertinya sekarang plugin ini sudh tdak free lagi gan, saya coba hari ini ternyata minimal fee per tahun 6dollar. Yah, akhirnya batal deh mau pakai akismet. Atau ada yang tahu caranya yang terbaru biar tetap free, bisa share dong disini. Tq

    • Din Tok Post authorReply

      Versi gratis masih tersedia. Kemarin saya juga baru mendaftar untuk salah satu blog saya. Ikuti saja langkah2 seperti panduan pada artikel, mungkin ada yang agan lewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!