Cara Agar Posting Artikel Langsung di Index Google Secara Cepat

cara membuat google index lebih cepat

Posting artikel langsung di index Google atau mesin pencari lainnya akan memberikan Anda keuntungan. Misalkan saja Anda memiliki blog yang mengusung tema musiman dimana dalam hitungan waktu yang singkat pencariannya akan hilang dengan sendirinya, maka artikel yang Anda terbitkan mestinya sesegera mungkin harus bisa di index oleh Google.

Cepat-lambatnya index artikel baru oleh search engine Google dalam hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Tidak semata-mata karena tingginya volume pencarian, tetapi ada sejumlah aspek pokok tertentu yang menjadi acuan utamanya. Dan dalam artikel ini saya akan mengulasnya untuk Anda guna dapat memberikan Anda masukan yang berguna.

Cara Mempercepat Index Postingan Baru di Google

Anda mungkin pernah menjumpai beberapa atau bahkan mayoritas postingan di blog Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa di index Google, padahal Anda memposting konten berita yang semestinya harus bisa di index secepatnya oleh Google supaya tulisan tersebut tidak menjadi sia-sia.

Mengapa index postingan baru di blog Anda sangat lambat?

Berikut ini beberapa kondisi yang menjadi acuan cepat-lambatnya index artikel serta cara agar postingan baru di blog langsung bisa index Google.

1. Submit URL ke Google

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah submit URL blog Anda ke Google Console / Google Webmaster Tools. Ini bertujuan agar blog Anda langsung dikenali oleh Google dan selanjutnya mesin Google dapat merayapi seluruh konten blog Anda.

2. Submit Sitemap ke Google

Pekerjaan penting berikutnya adalah mengirimkan sitemap dalam format XML ke Google Console. Sitemap XML akan memudahkan mesin perayap Google untuk menjelajahi seluruh halaman website Anda.

Jika Anda pengguna WordPress self-hosted, Anda dapat membuat sitemap xml dengan plugin Google XML Sitemaps atau dengan plugin Yoast SEO. Selanjutnya Anda tinggal submit URL sitemap tersebut ke Google Console.

3. Usia Domain

Usia domain menentukan cepat-lambatnya index postingan baru suatu blog. Pada umumnya domain yang baru aktif membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proes indexing.

Bagi domain baru, untuk mempercepat proses indexing bisa dilakukan dengan submit URL blog Anda di Google, memperbanyak artikel, dan share URL postingan ke sosial media. Namun, secara keseluruhan proses index blog yang relatif baru memang membutuhkan waktu lebih lama. Jadi, Anda perlu sedikit bersabar.

4. Frekuensi Posting

Frekuensi atau rajin-tidaknya Anda menerbitkan artikel baru juga bisa menjadi penyebab index artikel blog sangat lama. Jika usia blog Anda masih relatif baru dan Anda ingin proses indexing bisa berjalan lebih cepat, maka Anda perlu rajin memposting artikel baru.

5. Backlinks

Backlink sangat penting dalam proses index. Agar bisa lebih cepat di index, maka dibutuhkan backlink dalam jumlah yang ideal. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas umumnya bisa di index bahkan hanya dalam hitungan detik setelah artikel di publish.

Dapatkan backlink berkualitas yang relevan dengan blog Anda. Manfaatnya bukan hanya untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google, tetapi juga bisa mempercepat index artikel baru di blog Anda.

6. Internal Linking

Pada saat memposting artikel baru, pastikan Anda melakukan internal linking karena hal ini dapat membantu artikel tersebut untuk bisa di index secara lebih cepat. Hubungkan satu artikel dengan artikel lainnya (yang memiliki relevansi) dalam satu blog.

7. Gunakan Google Search Console

Jika Anda memaksakan agar artikel baru langsung bisa di index Google, Anda bisa menggunakan tools Google Search Console (fetch as googlebot). Dengan cara ini postingan baru seketika akan di index oleh Google, namun Anda perlu melakukannya secara manual.

Cara Fetch as Googlebot Terbaru:

  1. Pastikan properti (blog) Anda sebelumnya sudah didaftarkan ke Google Console.
  2. Silakan masuk ke Google Search Console.
  3. Masukkan URL posting blog yang ingin di index.cara mempercepat index artikel baru di google
  4. Silakan tekan tombol Enter di keyboard, lalu klik tombol REQUEST INDEXING.cara agar postingan baru langsung di index google
  5. Biarkan prosesnya berjalan selama beberapa saat.cara mempercepat index postingan baru di google
  6. Akan muncul jendela halaman seperti gambar dibawah ini jika proses Fetch as Googlebot telah selesai. Silakan klik timbol GOT IT.cara agar artikel langsung keindex google
  7. Selesai – Silakan cek URL posting blog Anda di Google. Mestinya sekarang sudah berhasil di index, tapi jika belum silakan tunggu hingga beberapa menit kedepan.

Kesimpulan

Setiap blogger pasti menginginkan supaya publikasi artikel baru langsung di index Google. Namun, sebagaimana telah diuraikan diatas bahwa ada banyak aspek yang mempengaruhi cepat dan lambatnya proses index artikel baru di suatu blog.

Silakan kelola blog Anda dengan sebaik-baiknya, lakukan optimasi yang terukur, dan postinglah artikel secara terjadwal agar kedepannya setiap posting baru langsung bisa di index tanpa harus melalui proses submit manual.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!