Cara Mudah Memindahkan Blog WordPress ke Blogger

Pada umumnya, migrasi dilakukan dari platform Blogger/Blogspot ke WordPress (self hosting), namun atas alasan tertentu seperti untuk memangkas biaya tidak menutup kemungkinan migrasi dilakukan dari WordPress ke Blogger. Terlepas dari alasan Anda ingin memangkas biaya sewa hosting atau atas alasan lainnya, kali ini saya akan share cara untuk memindahkan blog WordPress ke Blogspot sebagaimana migrasi dilakukan dari Blogspot ke WordPress.

Proses migrasi dari WordPress ke Blogger dapat dilakukan dengan mudah, hanya saja yang perlu disiasati adalah munculnya page error not found atau halaman tidak ditemukan. Hal tersebut terjadi lantaran secara default struktur permalink WordPress beberda dengan struktur permalink di Blogger. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat menggunakan plugin Redirection.

Bagi Anda yang ingin memindahkan blog WordPress self hosting Anda ke platform gratisan Blogger, silakan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Memindahkan Blog WordPress ke Blogspot Tanpa Kehilangan Pengunjung

  • Silakan login ke dashboard WordPress
  • Kemudian menuju ke laman Posts, lalu copy semua URL artikel ke Notepad atau bisa juga dengan menggunakan Ms. Excel. Silakan copy juga URL Pages.
  • Setelah semua URL Posts dan Pages selesai Anda copy, selanjutnya silakan pilih menu Tools, lalu pilih Export.

Cara Pindah dari WordPress ke Blogger

  • Pada bidang “Choose what to export” silakan beri centang kemudian klik tombol “Download Export File”.

cara mengalihkan blog wordpress ke blogger

  • Setelah file selesai di download, selanjutnya silakan buka: wordpress2blogger1.appspot.com. Upload file export dari WordPress tadi untuk di convert. Selanjutnya, klik tombol Convert.

cara convert file wordpress ke blogger
Catatan:
Web tool wordpress2blogger1 terkadang mengalami over quota. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa menunggu beberapa menit/jam kemudian.

Jika file sudah berhasil di convert, langkah selanjutnya adalah mengimpor file tersebut ke blog Blogger. Masuk ke dashboard Blogger, kemudian pilih menu Setelan, pilih Lainnya, lalu klik tombol Impor Blog.

Panduan lengkapnya, silakan baca: Cara impor artikel di Blogger

Setelah konten dari blog WordPress selesai Anda pindahkan ke Blogger, langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain (blog di WordPress) beserta seluruh kontennya. Seperti diketahui, struktur permalink blog berbasis WordPress dengan Blogger berbeda. Agar tidak terjadi page error, Anda bisa membuat URL redirection menggunakan plugin Redirection.

Setelah plugin Redirection selesai Anda install, berikutnya silakan masuk ke panel Settings.

cara redirect url

Pilih tab Redirects, kemudian masukkan URL asal pada bidang Source URL, dan masukkan URL tujuan pada bidang Target URL.

redirect url

Pastikan semua URL sudah Anda redirect sehingga kedepannya tidak ditemukan page not found dimana hal tersebut akan membuat blog Anda kehilangan trafik dan kemungkinan besar akan masuk dalam daftar blog spam.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Arief Reply

    itu dari blog wordpress yang self hosted ya mas yang dipindahin ke blogger? dan filenya harus dalam bentuk format xml?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!