Cara Membuat Website

Pengertian Website

Website atau situs web adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang pada umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, hingga organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenal sebagai ‎Uniform Resource Locator (URL).

Proses Pembuatan Website

Untuk membuat sebuah website dibutuhkan beberapa elemen pokok pembuatan website itu sendiri. Elemen tersebut mencakup engine website atau CMS, nama domain, hosting, dan sejumlah elemen pokok lainnya.

Pengertian CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System, yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Pada umumnya, sebuah CMS terdiri dari dua elemen, yakni:

  1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
  2. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)

Pengertian Domain

Nama domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer ataupun internet. Fungsi dari nama domain adalah untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server. Contoh nama domain: bloggerlamongan.com

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi ditempat terpusat yang disebut sebagai server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Setiap website membutuhkan hosting sebagai media penyimpanan untuk menampung semua data/file website bersangkutan.

Jenis-jenis Software Untuk Membuat Website

Terdapat sekian banyak software untuk membuat website, beberapa diantaranya adalah:

  1. WordPress
  2. Joomla
  3. Drupal
  4. Moodle
  5. Prestashop

WordPress sendiri merupakan salah satu software terpopuler untuk membuat website. WordPress digunakan oleh banyak kalangan, mulai blogger pemula, blogger professional, organisasi, perusahaan berbasis e-commerce, dll. WordPress merupakan salah satu CMS terbaik yang memiliki jutaan pengguna.

Persiapan Membuat Website

Membuat website dapat dilakukan dengan atau tanpa biaya. Anda dapat membuat website gratis dengan mencari situs yang menyediakan nama domain gratis. Diluar sana banyak juga situs yang menyediakan layanan hosting gratisan. Namun, untuk membangun sebuah website professional tentunya Anda harus menggunakan Top Level Domain (TLD) serta tidak menggunakan layanan web hosting gratisan.

Cara Membuat Website

Seperti dijelaskan diatas, untuk membuat sebuah website kita dapat menggunakan berbagai software. Anda dapat memilih Joomla, Drupal, WordPress atau software pembuat website lainnya. Pada artikel ini saya akan berbagi cara untuk membuat website menggunakan WordPress.

Persiapkan nama domain dan hosting; belilah nama domain pada domain registrant terpercaya yang sudah bereputasi. Jika Anda ingin menghemat biaya, Anda dapat membeli nama domain dan sewa hosting di Niagahoster.co.id dimana Nigahoster adalah salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting terkemuka yang menawarkan berbagai benefit kepada penggunanya. Dengan membeli hosting di Niagahoster, Anda tidak perlu membeli nama domain karena paket pembelian hosting sudah termasuk gratis domain untuk selamanya. Niagahoster menawarkan harga hosting Murah, Unlimited, Bermutu, dan Bergaransi 30 hari uang kembali jika Anda tidak puas dengan layanan yang diberikan. Baca artikel: Hosting Terbaik Indonesia

Membuat website dengan CMS WordPress menggunakan domain registrant & web hosting Niagahoster; Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan domain Anda telah terarah ke Nameserver yang benar. Anda dapat melakukan pointing domain ke nameserver dengan cara mengupdate nameserver.

Cara update nameserver:

Untuk mengupdate nameserver, silakan login ke member area menggunakan URL berikut: http://www.niagahoster.co.id/login. Setelah Anda berada di member area, silakan Anda pilih Produk & Layanan > nama domain Anda > Kelola. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda perhatikan gambar dibawah ini.

cara update nameserver

 

Nameserver dapat dilihat pada menu Produk dan layanan > akun hosting > kelola. Silakan perhatikan screen shot berikut dibawah ini.

name server

Pada screen shot diatas, nameserver yang harus diupdate adalah ns13.niagahoster.com dan ns14.niagahoster.com.

Jika semua tahapan diatas sudah selesai Anda lakukan, silakan lanjut ke langkah-langkah selanjutnya.

  1. Login cPanel Niagahoster. Silakan login ke cPanel dengan mengetikkan URL: namadomainanda.com/cpanel.
  2. Setelah berhasil login, silakan menginstal CMS WordPress melalui Softaculous yang telah tersedia di cPanel.
  3. Setelah instalasi WordPress selesai, silakan buka website Anda dengan mengetikkan nama domain/website Anda di web browser. Dibawah ini adalah screenshot tampilan website berbasis WordPress dalam kondisi baru jadi (belum dikustomisasi)

default wordpress site

 

*) Artikel ini memuat link afiliasi

Demikian, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, silakan gunakan kolom komentar untuk menyampaikan pertanyaan Anda.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Fajar Reply

    itu nameserver nya hrs dirubah atau tidak gan? makkum newbie dan baru saja sewa hosting+domain jg di niagahoster.com

    mohon pencerahannya gan. trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!