Cara Cepat Membuat Tabel di WordPress


Bergantung pada tema artikel yang akan kita tulis, ada kalanya posting artikel di blog membutuhkan tabel. Berbeda dengan mengetikkan teks biasa dimana kita tinggal mengetiknya pada kolom editor posting, untuk membuat tabel di blog harus menggunakan format Hyper Text Markup Language atau HTML.

Bagi pemula yang belum banyak mengerti struktur kode HTML, membuat tabel di blog mungkin masih dirasa sulit, terlebih lagi jika tabel tersebut terdiri atas banyak kolom. Nah, bagi sahabat BloggerLamongan yang belum seberapa mengenal kode HTML, berikut ini cara mudah dan cepat untuk membuat tabel di WordPress tanpa kode HTML.

#1 Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Microsoft Word

Masuk ke Ms. Office > klik menu Insert > pilih Table. Tentukan berapa jumlah kolom yang Anda inginkan. Jika tabel sudah dibuat, silakan simpan file dengan cara: Save As > Other Formats > Web Page, Filtered > Yes/Enter.

Cari dimana Anda menyimpan file tabel Ms. Word tadi (filenya seperti logo web browser), kemudian klik kanan file tersebut > Open with > Notepad. Copy teks pada Notepad mulai <table class=MsoTableGrid….. sampai </table> kemudian paste ke kolom editor posting WordPress pada mode Text.

#2 Membuat Tabel di WordPress Menggunakan Plugin

Download lalu install Plugins Table Press

Klik Menu Tablepress > Add New Table. Masukkan nama dan deskripsi tabel > pilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan. Jika sudah selesai mengisi, silakan klik tombol Add Table.

Cara Mudah Membuat Tabel di WordPressApabila Anda menggunakan editor posting pada mode visual, maka Anda akan menjumpai icon tabel seperti terlihat pada gambar dibawah. Jika Anda menekan icon tabel tersebut, maka akan muncul jendela pop up yang menampilkan daftar nama tabel yang sudah Anda buat. Tekan tombol Insert tabel, kemudian akan menambah shortcode pada postingan.

tabel wordpressDemikian, semoga kedua cara membuat table diatas menjadikan Anda lebih produktif.

Hosting Terbaik Indonesia

13 comments

  1. Bani Reply

    Akhirnya saya bisa menemukan tutorial ini, dan berhasil memasukkan tabel dari words ke wp.

    Thanks yak

  2. Green Aroel Reply

    sayang nya belum responsive plugin ini,
    adakah yang responsive tapi fitur kaya plugin ini ?

  3. aldian mf Reply

    tengkyu bangg mantaps, untuk buat resi

  4. indowebtravel.com Reply

    bisa jadi salah satu rujukan untuk membuat tabel di web. emang lagi nyari info ini
    terima kasih infonya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!