Cara Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Yang Bisa Menghasilkan UangBukan rahasia lagi kalau blogging membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mendapatkan penghasilan, bahkan secara berkelanjutan. Namun demikian, tidak semua blog bisa menghasilkan uang. Blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang memiliki kualitas, dan tidak dibangun dengan cara yang salah.

Jika Anda merupakan pembaca setia BloggerLamongan.com, artikel cara mendapatkan uang dari blog sebenarnya sudah cukup banyak menghiasi blog ini, mulai cara mendapatkan uang dari Blogspot, cara mendapatkan uang dari WordPress.com, cara mendapatkan uang dari blog untuk pemula, dan sejumlah artikel terkait lainnya yang dapat Anda temukan melalui kategori Monetisasi Blog.

Artikel ini saya tujukan untuk Anda yang mungkin saja masih dihinggapi rasa penasaran dan keingintahuan bagaimana cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang untuk seorang pemula. Membuat blog yang bisa dijadikan sebagai media penghasil uang memang membutuhkan perencanaan dan tahapan. Dan melalui artikel ini saya ingin berbagi tips serta panduan langkah-langkah untuk bisa mendapatkan uang dari blog bagi Anda yang notabene masih pemula.

Persiapan Awal Untuk Mendapatkan Uang Dari Blog

Sebelum Anda membuat blog pertama Anda, modal awal yang perlu Anda miliki adalah wawasan atau pengetahuan tentang lingkup blog itu sendiri. Oleh yang demikian, tahap awal untuk bisa menghasilkan uang dari blog adalah membangun wawasan tentang blogging.

Mulailah belajar tentang blog. Hal-hal yang perlu Anda pelajari mencakup apa itu blog, bagaimana cara memulai blogging, bagaimana mendatangkan pengunjung, hingga ke fase yang tentunya paling Anda pikirkan, yakni menghasilkan uang dari blog.

Buatlah Blog Pertama Anda berbekal Ilmu Ngeblog Yang Sudah Anda Pelajari

Untuk membangun sesuatu yang bernilai, kita membutuhkan sebuah waasan, dan jika wawasan sudah Anda miliki maka tiba waktu bagi Anda untuk menciptakan blog Anda. Buatlah blog menggunakan platform blog populer, baik itu platform gratisan, maupun berbayar.

Jika Anda memilih platform blog gratisan, maka saya merekomendasikan platform Blogger.com atau WordPess.com. Kedua platform ini merupakan platform blog gratis dengan jumlah pengguna terbanyak, dan lebih membuka kesempatan bagi Anda untuk memonetisasi blog yang akan Anda ciptakan jika menggunakan platform tersebut.

Hindari Melakukan Kesalahan-kesalahan Yang Dapat Menghambat Masa Depan Blog

Lebih lanjut tentang kesalahan-kesalahan dalam blogging dapat Anda ketahui pada artikel 4 kesalahan ngeblog yang harus dihindari. Kesalahan fatal dalam blogging meliputi copy-paste artikel, melakukan pelanggaran hak cipta, mengajarkan orang lain untuk melakukan aktivitas-aktivitas menyimpang, over optimasi, dll.

Semakin banyak Anda menumpuk kesalahan pada fase-fase awal Anda ngeblog, maka hal tersebut akan semakin mempersulit Anda dimasa-masa mendatang. Oleh yang demikian, maka Anda harus waspada terhadap kegiatan-kegiatan yang sifatnya berupa pelanggaran, karena hal tersebut akan mempersulit langkah Anda untuk mendapatkan penghasilan online dari blog yang Anda kelola.

Optimasi Blog Secara Terukur Sesuai Pedoman Webmaster

Optimasi adalah sebuah upaya untuk meningkatkan peringkat blog kita di index hasil pencarian mesin pencari dengan tujuan akhir untuk mendatangkan banyak pengunjung. Yang perlu diingat, ada batasan-batasan tertentu dalam mengoptimasi blog.

Optimasi blog tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena hal tersebut mengindikasikan blog bersangkutan sebagai blog spam dimana spam adalah musuh utama search engine. Sebut saja Anda ingin menanam backlink untuk blog baru Anda, maka link building harus dilakukan secara bertahap agar terkesan natural.

Menulis Artikel Berkualitas Secara Konsisten

Produktivitas memang salah satu cara untuk mendatangkan banyak pengunjung, namun produktivitas yang tidak diimbangi dengan kualitas justru akan memberikan hasil negatif. Pastikan Anda lebih memprioritaskan kualitas katimbang kuantitas.

Padati blog Anda dengan artikel-artikel berkualitas yang Anda terbitkan secara terjadwal. Terjadwal yang saya maksudkan adalah memposting artikel secara teratur. Misalkan, 1 artikel/hari, 1 artikel/2 hari, atau setidaknya 1 artikel/7 hari. Untuk blog baru, Anda harus lebih giat dalam menulis mengingat blog Anda masih minim artikel.

Uangkan Blog Anda!

Monetisasi blog adalah tahapan terahir bagi Anda untuk mendapatkan uang dari blog yang Anda kelola. Bergantung pada tipe monetisasi yang Anda inginkan, monetisasi blog dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti menjadi penerbit iklan berbasis Pay Per Click (PPC), mencari pengiklan secara langsung (tanpa melalui pihak ketiga), menawarkan sponsor untuk perusahaan tertentu melalui artikel review, dll.

Baca Artikel: Catatan Dari Penghasilan Ngeblog Saya $ 5,586.25 

Ada banyak ruang bagi Anda untuk memonetisasi blog milik Anda sepanjang blog tersebut dianggap memiliki kualitas, dan tentunya sudah dikunjungi banyak orang. Selain dengan menggunakan beberapa model monetisasi seperti disebutkan diatas, Anda juga bisa mencoba program afiliasi. Sebagai catatan, porsi terbanyak penghasilan para blogger sukses sebagian besar didapat dari program afiliasi.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. henife Reply

    Untuk mencari uang dari internet saya lebih suka mencari pasar pasar yang tingkat kompetisinya masih rendah dan mencari produk yang cocok kemudian membuat blog dengan nama blog kata kunci dari pasar tersebut. Cukup dengan blogspot gratis, blog bisa menempati halaman pertama google dan mendatangkan customer.

  2. hermawan Reply

    Mungkin jual jasa aja yah di blog…klo saya sih pilih bgtuan. Contoh jasa pembuatan skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!