Cara Membuat AMP di Blog WordPress


Memasang AMP di blog akan berdampak positif untuk kepentingan user yang mana dengan diaktifkannya fitur AMP waktu muat halaman blog akan menjadi sangat ringan sehingga user tidak perlu menunggu terlalu lama ketika mengakses blog Anda melalui perangkat mobile. Kepuasan user merupakan prioritas dan tujuan dari proyek AMP Google ini tidak lain adalah untuk memberi kenyamanan terhadap user karena loading laman web akan menjadi sangat cepat.

Accelerated Mobile Pages atau yang kemudian disingkat menjadi AMP merupakan suatu cara untuk membuat laman web menjadi ringan dan dapat dimuat dengan lebih cepat dari waktu normal, khususnya pada perangkat mobile. Dan bagi Anda para pengguna WordPress self-hosting, instalasi AMP dapat dilakukan dengan cukup mudah dengan bantuan plugin AMP.

Penggunaan AMP tidak hanya bagus untuk waktu muat blog, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan pengunjung. Bagaimana bisa? Ya, sebuah survey memperlihatkan hasil bahwa 73 persen pengunjung website akan meninggalkan situs web dengan waktu muat halaman relatif lama. Mereka akan meninggalkan blog Anda ketika waktu muat blog Anda tidak kurang dari 4 detik. Bayangkan mereka sedang browsing kemudian blog Anda masuk dalam daftar hasil pencarian teratas, apakah mereka akan memilih mengunjungi blog Anda kembali jika pengalaman sebelumnya bermasalah di loading sementara pilihan lainnya juga ada.

Untuk mengatasi loading blog lambat, Anda dapat memasang AMP dengan langkah-langkah seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Install AMP di Blog WordPress

Silakan masuk ke dashbaord WordPress

Pilih Plugins >> Add New

Ketik AMP di kolom pencarian plugin, kemudian install plugin tersebut.

cara pasang amp wordpress

Jika instalasi AMP sudah selesai, silakan menuju ke Appearance >> AMP untuk melihat tampilan blog Anda melalui perangkat mobile. Secara default, tampilan header akan berwarna biru. Anda dapat merubahnya melalui menu Design.

Berikut ini adalah screen shot tampilan halaman blog ini jika diakses dari perangkat mobile setelah mengaktifkan plugin tersebut.

cara pasang google amp

Dan berikut ini adalah screen shot hasil penelusuran di Google

cara setting amp wordpress

Ringkasan

Penerapan AMP menawarkan sejumlah manfaat, diantaranya:

  • Dapat meningkatkan visitor blog dan menurunkan bounce rate; Google AMP adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog. Kemungkinan pengunjung akan dengan cepat meninggalkan blog Anda akibat loading lama semakin berkurang setalah mengaktifkan AMP. Selain itu, mereka juga akan serasa lebih nyaman untuk menjelajahi konten demi konten di blog Anda.
  • Dapat meningkatkan peringkat blog di SERPs; Meskipun faktor kecepatan bukan satu-satunya materi penilaian peningkatan peringkat di mesin pencari, namun secara teori blog Anda berpotensi mengalami peningkatan peringkat jika menggunakan Google AMP. Mesin pencari Google akan menilai positif blog Anda karena lebih responsif serta memiliki waktu muat yang singkat.
  • Dapat dihubungkan dengan Analytics; Menghubungkan blog AMP Anda dengan Analytics akan mempermudah proses pengelolaan serta pemantauan perkembangan blog Anda. Anda dapat mengetahui apa saja yang harus ditingkatkan dan dapat segera menyusun rencana pengembangan blog lanjutan.

Akhir kata, banyak aspek yang perlu diberi perhatian dalam mengelola blog, salah satunya adalah aspek kecepatan waktu muat. Semoga dengan memasang AMP traffic blog Anda kian menunjukkan progres positif.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!