Ringkasan Cara Kerja Google Search


cara kerja google searchMEMAHAMI CARA KERJA MESIN PENCARI GOOGLE

Google Search adalah search engine terkemuka dengan jumlah pengguna terbanyak, jauh meninggalkan sejumlah search engines lainnya. Tidak hanya bagi user Indonesia, Google Search menjadi search engine primer hampir disemua negara, kecuali di Tiogkok dimana pemerintah China tidak mengizinkan masyarakatnya untuk menggunakan Google Search karena alasan keamanan.

Bagi seorang internet marketer maupun blogger, mengetahui cara kerja mesin pencari merupakan sebuah bekal berarti untuk mengembangkan weblog mereka. Dengan memahami basic dari cara kerja Google, optimasi blog, baik SEO on-page maupun off-page dapat kita lakukan dengan lebih terarah.

Jika diperhatikan, mesin Google berhasil menampilkan milyaran halaman pada hasil pencarian Google Search hanya dalam hitungan detik. Sepintas, Anda mungkin tertanya-tanya dalam hati, bagaimana mesin Google melakukannya. Bagaimana cara kerja Google Search yang sebenarnya, berikut jawabannya.

Perayapan dan Indexing Halaman

Perayapan atau crawling adalah tahapan awal yang dilakukan mesin crawler Google terhadap konten yang ada di internet. Mesin crawler Google akan merayapi web demi web yang berisikan artikel, gambar, atau file jenis lainnya. Mesin crawler Google melakukan perayapan dari link ke link hingga melakukan pengindeksan.

Hasil dari perayapan oleh mesin crawler Google atau yang juga familiar dengan sebutan spider bot akan diindex dan kemudian disimpan dalam database Google.

Algoritma Google Bekerja Untuk Menentukan Halaman Paling Berkualitas (Relevan)

Milyaran halaman web hasil crawling yang sudah tersimpan di database akan dilakukan proses pemeringkatan untuk ditampilkan pada daftar hasil pencarian sesuai kueri pencarian yang diketikkan user.

Pada proses ini, algoritma Google akan melakukan penyeleksian untuk memilih halaman paling berkualitas yang akan dimunculkan pada search results (hasil pencarian). Google menggunakan lebih dari 200 indikator untuk menentukan halaman web mana yang dianggap paling berkualitas.

Sistem Google Bekerja Melawan Spam

Guna menjaga kualitas hasil pencarian dari waktu ke waktu, Google memiliki sebuah sistem untuk mengatasi spam. Seiring dengan kinerja sistem Google yang terus melakukan penyeleksian terhadap halaman web demi menampilkan hasil terbaik, maka peringkat halaman web sangat dimungkinkan akan mengalami perubahan (naik-turun hingga deindex).

halaman web terus bertambah dari waktu ke waktu, dan tentunya dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Artinya, bagi pengelola website atau blog yang menginginkan peringkat halaman webnya tetap berada diurutan teratas, maka tugas mereka adalah menjaga kualitas weblog mereka.

Demikian, ringkasan cara kerja mesin pencari Google. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat BloggerLamongan.com dan para pembaca pada umumnya.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. HARYONO Reply

    informasinya sangat mudah dipahami, akan tetapi saya belum begitu bisa mempraktekkannya mas.adakah tempat kursus membuat web dengan hosting berbayar? soalnya saya baru bisa membuat web wordpress.com. itupun baru sederhana

    • Din Tok Post authorReply

      Tentu saja ada, tapi saya tidak bisa memberikan rekomendasi karena saya tidak mengenal lebih jauh masing-masing penyedia. Jika Anda berminat, Anda bisa mencoba dumetschool.com, tapi harap dicermati terlebih dahulu. Saran saya, belajarlah secara otodidak dengan keseriusan tinggi, pasti akan menuai hasil. Selama ini saya juga hanya belajar secara otodidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!