Cara Import Artikel Blog Lama Ke Blog Baru dan Redirect Traffic

Anda mungkin memiliki banyak blog dan terpikir untuk menggabungkannya menjadi satu. Apapun platform yang Anda gunakan, hal tersebut dapat dilakukan, baik itu platform Blogger, WordPress, maupun platform lainnya. Dengan menggabungkan beberapa blog menjadi satu Anda akan lebih mudah dalam mengelolahnya. Dengan melakukan import-export dan menyisipkan script redirect URL domain lama ke domain baru, Anda tidak akan kehilangan visitor di blog lama. Visitor akan diarahkan ke domain baru dengan konten yang sama.

Sebagai catatan, memiliki banyak blog memiliki sisi kekurangan dan keuntungan. Salah satu sisi keuntungan memiliki banyak blog Anda bisa belajar banyak hal dari statistik masing-masing blog. Sementara sisi kekurangannya diantaranya adalah mengharuskan Anda untuk mengalokasikan lebih banyak waktu, kurang bisa fokus terhadap salah satu blog, dan membutuhkan lebih banyak biaya (jika Anda menggunakan TLD dan self hosting).

Tidak lama ini saya memutuskan untuk menggabungkan beberapa blog aktif yang saya kelola menjadi satu. Hal tersebut saya lakukan karena alasan periklanan dimana saya merasa kurang puas dengan performa iklan pada beberapa blog. Dengan menggabungkan blog-blog tersebut menjadi satu saya berharap performa iklan akan mengalami peningkatan dengan metode optimasi yang sudah saya siapkan. Setelah mempertimbangkan sejumlah hal, keputusan saya akhirnya bulat. Adapun sebagian besar dari blog-blog tersebut merupakan blog ber-platform Blogger.

Bagi sahabat pembaca yang memiliki rencana untuk export blog lama ke domain baru atas alasan tertentu, silakan simak panduannya dibawah ini.

Catatan:

  • Tutorial ini berlaku untuk platform Blogger/Blogspot
  • Bisa diterapkan dari sub domain ke sub domain (blogspot ke blogspot)
  • Tidak bisa diterapkan dari sub domain (blogspot) ke top level domain (TLD)
  • Bisa diterapkan dari TLD ke TLD

Cara Import Konten Blog Lama ke Blog Baru Serta Mengarahkan Pengunjung Blog Lama ke Blog Baru

Silakan masuk ke dashboard Blogger blog lama Anda, kemudian pilih menu “Settings”

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog BaruKemudian pilih “Other”.

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Scroll ke bagian atas, lalu pilih “Back up Content”

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Klik tombol “Save to your computer”

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Proses back up selesai. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyisipkan script redirect pada template. Script redirect ini berfungsi untuk mengarahkan pengunjung blog lama ke blog baru dengan artikel yang sama. Silakan pilih menu “Templates”, kemudian pilih sub menu “Edit HTML”, lalu masukkan script dibawah tepat dibawah kode <head>.

<script type=’text/javascript’>
var this_url = window.location.href;
var new_url = this_url.replace(&quot;bloglama&quot;,&quot;blogbaru&quot;);
window.location = new_url;
</script>

Silakan simpan pengaturan template jika script redirect diatas sudah Anda masukkan tepat dibawah kode <head>.

Catatan:

  • Jika untuk sub domain ke sub domain (blogspot ke blogspot), maka bloglama diganti dengan bloglamaanda.blogspot. dan blogbaru disisi dengan blogbaruanda.blogspot. (tanpa menggunakan http:// dan ekstensi com).
  • Apabila untuk domain TLD, maka bloglama diganti dengan bloglamaanda.com dan blogbaru diganti dengan blogbaruanda.com

Selanjutnya, melakukan proses import konten blog lama ke blog baru. Silakan simak langkah-langkah import konten blog dibawah ini.

Cara Import Konten Blog

Silakan masuk ke dashboard Blogger blog baru Anda, silakan pilih menu “Settings”.

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Pilih sub menu “Other”.

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Kemudian, pilih “Import Content”.

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Selanjutnya, pada jendela munculan silakan centang pada bidang “I’m not a robot” lalu klik tombol “Import from computer”.

Cara Memindahkan Blog Lama Ke Blog Baru

Catatan:

  • Jika Anda tidak ingin mempublikasikan konten dari blog lama ke blog baru secara otomatis, maka silakan hilangkan centang pada bidang “Automatically publish all imported posts and pages”.

Proses export-import sudah selesai, dengan mengikut langkah-langkah diatas, pengunjung blog lama akan diarahkan ke blog baru.

Setelah berhasil menggabungkan beberapa blog menjadi satu, hal yang perlu Anda perhatikan kemudian adalah munculnya jumlah halaman tidak ditemukan (page not found 404) dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini terjadi karena kesalahan pada format URL. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan di Google Search Console. Temukan daftar URL yang bermasalah (not found), lalu aktifkan fitur redirect yang disediakan oleh Blogger. Langkah-langkahnya sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Cara Redirect URL di Blogger

Pada dashboard Blogger, silakan pilih menu “Settings”, kemudian pilih “Search Preferences”, lalu klik “Edit” pada bidang “Custom Redirects”.

how to redirect url on blogger

Silakan redirect URL not found ke URL yang berisi artikel yang sama.

how to redirect url on blogger

SELESAI.

Demikian, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

8 comments

  1. nugroz Reply

    skrip itu diletakkan di template blog baru atau yang lama gan?
    terus kalo kita pindahinya dari blog lama ke blog baru tapi dengan nama domain yang sama, apakah juga akan terjadi 404?

    • Din Tok Post authorReply

      – Skrip diletakkan di template blog lama.
      – Untuk mengatasi error 404, silakan redirect URL.

  2. minecraftndns Reply

    Bukannya redirect URL cuman buat satu blog aja ya bang??
    Terus kalo ngarahin tiap URL post lama ke yang baru gimana?? masih bingung ane

  3. Rudi arma Reply

    Nasibnya blog lama gimana gan setelah diimport, di hapus atau dibiarin? Trus bisa gak cara ini digunakan untuk mengatasi blog yang iklan Google adsense di nonaktifkan, mau nerapin cara diatas harapannya bisa muncul lagi setelah re-direct? Terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!