Cara Custom Sub Domain Blogspot

Merubah sub domain Blogspot ke domain sendiri dapat dikatakan sebagai wujud keseriusan Anda dalam mengembangkan blog Anda. Meskipun hal ini tidak mutlak, namun custom domain setidaknya mencirikan profesionalitas Anda sebagai blogger.

Harga domain berkisar antara 90 ribu hingga jutaan rupiah. Bergantung pada ekstensi dan domain provider yang Anda pilih. Jika Anda sedang mencari referensi domain provider dengan harga yang relatif murah, silakan baca posting daftar harga domain murah Indonesia. Dan sebelum memutuskan untuk membeli nama domain, silakan baca juga posting tips memilih nama domain untuk blog dan website.

Blogger atau Blogspot merupakan salah satu platform blog gratis yang paling diminati. Blogger digunakan oleh jutaan pengguna diberbagai negara. Di Indonesia, Blogspot masuk dalam daftar 10 situs terpopuler yang artinya sangat banyak blogger lokal yang menyukai platform blog milik Google ini.

Proses custom domain Blogspot hanya membutuhkan beberapa menit. Dan berikut ini panduan custom domain Blogspot menggunakan domain registrant Rumahweb.

Silakan masuk ke dashboard Blogger. Pilih menu Setelan/Settings seperti gambar dibawah.

custom domain blogspot 1

 

Selanjutnya akan tampil jendela seperti gambar berikut ini. Silakan klik link Tambahkan Domain Ubahsuaian.

custom domain blogspot 2

 

Pada halaman berikutnya, silakan masukkan nama domain Anda, kemudian klik link Petunjuk Setelah. Perhatikan gambar dibawah ini.

cara custom domain blogger

 

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman panduan setting DNS.

cara custom domain blogger1
Gambar #4

 

Langkah berikutnya adalah membuat setting DNS sesuai petunjuk diatas. Silakan baca posting cara setting DNS di Rumahweb.

Lanjut ke langkah berikutnya. Setting DNS yang perlu dibuat yaitu A Records dan CNAME Records. Records yang harus Anda buat adalah sebagai berikut.

A Records:

Hostname                                      IP                     TTL
@.namadomain.com          216.239.32.21          14400
@.namadomain.com          216.239.34.21          14400
@.namadomain.com          216.239.36.21          14400
@.namadomain.com          216.239.38.21          14400

CNAME Records:

Hostname

Canonical Name

TTL

www.namadomain.com

ghs.google.com

14400

Isi sesuai dengan panduan pada gambar no. 4

Isi sesuai dengan panduan pada gambar no. 4

14400

Setelah selesai melakukan setting DNS A Records dan CNAME Records, silakan kembali ke halaman Blogger. Lakukan setting ulang seperti gambar dibawah ini.

cara custom domain blogger

Silakan klik tombol Simpan. Perubahan DNS membutuhkan waktu propagasi beberapa menit/jam. Terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama hingga 24 jam. Apabila custom domain belum akif namun tidak ada pesan error pada saat Anda mengklik tombol Simpan, maka itu artinya proses perubahan DNS masih berlangsung, dan Anda cukup menunggu saja.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!