Cara Cepat Mendatangkan Pengunjung Ke Blog Anda

rsz_cara_cepat_mendatangkan_pengunjung_blogRasa tidak sabar yang selalu hinggap dibenak seorang blogger adalah untuk menyaksikan blog yang dibuatnya berhasil mendatangkan banyak pengunjung. Lalu apa cara tercepat untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda? apakah ada cara pintas? mari kita bahas realitasnya berdasarkan teori yang saya pelajari serta praktik yang saya lakukan selama “menyandang status” sebagai seorang full time blogger.

Tidak ada cara instant atau cara pintas untuk membangun traffic blog. Traffic blog dibangun secara bertahap dan ia memakan waktu, terkecuali traffic tersebut bersumber dari bot (mesin). Namun demikian, banyak kiat yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Cara mendatangkan pengunjung ke blog sebenarnya sudah banyak saya kupas di blog ini, namun masing-masing artikel memiliki poin-poin pelengkap tersendiri, karena praktik optimasi dan SEO itu memang mencakup banyak hal. Fokus bahasan pada postingan ini adalah untuk mendatangkan pengunjung secara cepat bagi blog baru.

Berikut langkah demi langkah untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog Anda secara cepat yang saya yakin akan menuai hasil sesuai espektasi Anda jika Anda menerapkannya dengan baik.

1. Lakukan Reset Keyword

Perihal reset keyword sudah sering saya singgung melalui sejumlah postingan. Reset keyword diperlukan untuk mencari tahu tingkat popularitas dan rivalitas sebuah keyword.

Agar blog yang Anda ciptakan nantinya bisa didatangi pengunjung secara cepat, maka pilihlah keyword dengan tingkat persaingan rendah dan volume pencariannya relatif tinggi. Menemukan keyword dengan kriteria tersebut memang sangat sulit, namun saya yakin Anda bisa menemukannya jika Anda siap bekerja keras.

2. Pilihlah Keyword Dengan Pesaing Biasa

Hindari memilih keyword dimana para pesaingnya merupakan situs-situs yang memiliki reputasi/pagerank tinggi. Jangan hanya terfokus pada volume persaingan rendah, namun Anda juga perlu memperhatikan daftar situs yang akan menjadi rival Anda. Jika daftar pesaing Anda merupakan situs-situs yang punya otoritas tinggi, maka carilah keyword lain agar proses optimasi tidak memakan banyak waktu.

Tahukah Anda apa kunci SEO yang sesungguhnya? Saya menyimpulkan, SEO adalah volume pencarian keyword, tingkat persaingan keyword, dan mutu situs. Ketiga hal tersebut adalah bagian inti dari teknik SEO apapun yang Anda pelajari.

3. Buatlah Blog Menggunakan Platform Blog Yang SEO Friendly

Ada dua platform blog terpopuler dimana keduanya sama-sama saya gunakan. Kedua platform blog tersebut adalah WordPress dan Blogger/Blogspot. Menentukan platform blog yang tepat (SEO friendly) sangat penting karena kualitas platform tersebut ikut memberi andil pada implementasi SEO. Pilihlah platform Blogger jika Anda ingin sepenuhnya gratis, atau pilihlah WordPress.com jika Anda tidak berencana memonetisasi blog tersebut dengan ruang monetisasi yang lebih luas, dan pilihlah platform WordPress.org jika Anda serius ingin membangun bisnis online melalui blog yang Anda ciptakan.

4. Setting Blog Anda Total SEO Friendly Dari Awal

Pada artikel cara memenangkan persaingan di Google Search sudah saya singgung, untuk membuat blog itu harus memiliki konsep yang jelas jauh hari sebelum blog tersebut dibuat. Setting blog Anda total SEO friendly dimulai dari awal Anda membuat blog tersebut, meliputi:

  • Pilihlah nama domain yang SEO friendly
  • Sisipkan keyword pada nama domain
  • Buatlah judul blog menggunakan main keyword (keyword utama) blog
  • Buatlah meta deskripsi yang SEO friendly
  • Gunakan template SEO friendly (memiliki struktur laman yang baik, ringan, reader friendly, dsb).

5. Hanya Memposting Artikel Yang Memenuhi Kriteria Artikel SEO Friendly

Seperti apa standar artikel yang terkategorikan sebagai artikel SEO friendly itu? Artikel SEO friendly dicirikan oleh sejumlah hal, diantaranya:

  • Padat (hindari memposting artikel kurang dari 300 kata/artikel, dan usahakan memuat kata >500 kata/artikel)
  • Mengandung frasa dari keyword utama (contoh: belajar blog=tutorial blog)
  • Tidak memuat terlalu banyak keyword (high keyword density)
  • Memberikan informasi yang berguna atau solusi kepada pembaca

Fokuslah untuk memposting artikel yang memiliki mutu, dan hindari memposting artikel asal tulis atau artikel terlalu pendek.

6. Bangun Backlink Secara Natural

Backlink merupakan tulang-punggung praktik optimasi blog off-page. Lakukan link building dari situs-situs yang memiliki reputasi, relevan, dan hindari menanam backlink dari situs spam. Selain itu, share laman blog Anda ke berbagai situs sosial media, seperti Linkedin, Facebook, Twitter, Google+, dll. Popularitas laman blog di situs social media akan membantu blog bersangkutan memenangkan persaingan di SERPs. Buatlah widget social media sharing di laman blog Anda untuk memudahkan para pembaca membagikan artikel yang mereka baca.

7. Lakukan Internal Link Secara Benar

Internal link (anchor text) atau menghubungkan satu artikel ke artikel lainnya dalam satu blog tidak sebatas baik untuk pembaca, tapi juga berguna untuk SEO. Setiap kali Anda memposting artikel, jangan lupa menyisipkan link pada keyword yang relevan.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!