Cara Agar Blog Baru Cepat Mendapatkan Pengunjung

traffic blogTraffic adalah salah satu modal paling berharga dalam menekuni rutinitas ngeblog. Tanpanya, kita tidak akan dapat bertahan lama mengelola blog. Membangun traffic blog sendiri memerlukan serangkaian proses dan tahapan. Tidak ada yang instan dalam ngeblog, terlebih untuk mendatangkan traffic. Tidak cukup dengan menyebarkan “undangan” lantas orang akan menghadiri undangan Anda pada waktu yang sudah Anda tentukan.

Untuk membangun traffic blog dimulai dari menentukan topik, membuat blog, setup blog, posting artikel, melakukan optimasi, memperbaiki kesalahan (jika ada), menunggu blog “memenangkan” persaingan di SERPs, baru kemudian pengunjung demi pengunjung mulai terlihat berdatangan mengunjungi blog Anda. Mendatangkan pengunjung ke blog ada tahapan-tahapannya, dan Anda perlu memahaminya supaya rutinitas ngeblog Anda menjadi terarah.

Karena membangun traffic blog membutuhkan serangkaian proses, maka setiap blog baru pada umumnya akan cukup sulit untuk memiliki traffic tinggi. Masih perlu meningkatkan kuantitas konten dan juga waktu untuk bisa menempati peringkat teratas pada daftar hasil penelusuran search engine. Namun demikian, tidak ada jaminan juga bahwa blog yang sudah berusia akan memiliki traffic tinggi. Banyak faktor yang akan menjadi penentu.

Begitu juga dengan blog baru, meskipun secara teori sulit untuk bersaing dengan blog-blog pendahulunya, namun dengan tata-kelola yang baik akan memberi dampak yang lebih cepat terhadap blog tersebut. Ada sejumlah “trik” untuk meningkatkan pengunjung blog baru yang bisa Anda terapkan dengan sebaik mungkin. Berikut ini ulasan cara agar blog baru cepat memiliki traffic tinggi.

Tips Membangun Traffic Blog Baru

1. Tentukan Tema Blog

Menentukan tema jauh hari sebelum Anda membuat dan memposting artikel di blog merupakan salah satu pekerjaan penting. Tentu saja Anda dapat menulis artikel sesuai mood, namun hal ini akan membuat program ngeblog Anda tidak terarah dengan baik. Selain itu, topik campur-aduk juga relatif sulit untuk mendatangkan pengunjung, terlebih untuk blog baru. Sebaiknya tentukan tema khusus sehingga postingan Anda lebih berpeluang untuk muncul di halaman pertama Google Search maupun mesin pencari lainnya.

2. Setup Blog Dengan Benar

Setelah blog Anda rampung dibuat, perhatikan hal-hal kecil yang sama sekali tidak boleh Anda abaikan, seperti memilih template yang SEO friendly; memiliki struktur heading yang baik, loading-nya cepat, dan user friendly. Setelah itu, buatlah sitemap lalu submit sitemap tersebut ke Google Console atau Bing Webmaster. Karena sebagian besar pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencari Google, maka fokus Anda cukup ke Google. Keberadaan sitemap tersebut akan mempermudah spider Google dalam merayapi seluruh konten blog Anda.

3. Posting Artikel Berkualitas

“Artikel Berkualitas” adalah kunci dari sederet teknik optimasi atau faktor-faktor penunjang lainnya. Seperti apa artikel berkualitas itu? Artikel berkualitas adalah artikel yang berguna; memberikan solusi terhadap pembacanya. Jika dipahami dari sisi definisinya, artikel singkat pun bisa dikategorikan sebagai artikel berkualitas asalkan berguna bagi pembacanya. Namun, dalam konteks search engine, penilaian artikel berkualitas cenderung dimenangkan oleh artikel yang lebih padat. Artinya, usahakan untuk menulis artikel dengan tingkat kepadatan kata yang lebih banyak. Buatlah ulasan yang lebih luas sehingga artikel tersebut berpotensi memberikan pencerahan kepada pembacanya.

4. Lakukan Internal Linking

Internal linking adalah menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya di blog yang sama. Lakukan internal linking setiap kali Anda memposting artikel baru. Pastikan bahwa artikel A dan artikel B memiliki relevansi. Internal linking merupakan bagian dari teknik SEO dasar yang dapat membantu proses index artikel berjalan lebih cepat. Misalkan pada hari kemarin Anda memposting artikel dengan judul “Tips Memilih Hosting Murah Berkualitas“, dan keesokan harinya Anda memposting artikel “Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting“, maka Anda bisa menghubungkan satu sama lain karena memang memiliki relevansi topik.

5. Membangun Backlink Secara Natural

Ketika blog Anda sudah bertambah usia dan sudah berisi beberapa artikel yang sudah di index di search engine, tugas Anda selanjutnya adalah membangun backlink berkualitas. Dalam membangun backlink terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Terlihat natural
  • Relevan
  • Variasi dofollow & nofollow
  • Backlink dari situs berkualitas
  • Tidak terindikasi sebagai spam; link building masal.

Backlink diibaratkan sebagai vote. Artinya, semakin banyak vote maka peringkat blog Anda akan semakin baik. Namun perlu dicatat bahwa backlink hanya satu dari ratusan indikator yang dijadikan acuan Google maupun search engine lainnya untuk mengukur kualitas suatu blog.

6. Promosikan Blog di Sosial Media

Ada dua keuntungan yang bisa didapat dengan mempromosikan blog Anda di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Google+. Keuntungan yang pertama berpotensi mendapatkan direct traffic, dan keuntungan yang kedua adalah dapat meningkatkan reputasi blog Anda di hadapan search engine. Jamak diketahui, blog yang memiliki popularitas bagus di situs sosial media memiliki nilai lebih karena hal tersebut mencerminkan kualitasnya. Meskipun hal ini tidak mutlak, namun nyatanya memang menjadi salah satu acuan dalam proses pemeringkatan mesin pencari. Pastikan Anda mengirim tautan ke akun sosial media Anda setiap kali selesai memposting artikel baru. Jika hal tersebut dirasa menyita waktu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi web seperti dlvr untuk mengotomatisasi pengiriman artikel ke sosial media.

7. Konsisten Memproduksi Artikel

Harap dicatat, ini adalah pekerjaan paling sulit sekaligus penentu dari sukses atau gagalnya Anda dalam mengelola blog. Karena dalam blogging itu tidak ada istilah “instan”, maka kita dituntut untuk selalu bisa konsisten. Tenaga, waktu, dan pikiran yang sudah kita investasikan akan terbuang sia-sia jika di waktu-waktu berikutnya kita tidak memiliki konsistensi. Analoginya, blog adalah sebuah media online yang berisi informasi, dan orang sampai ke blog Anda karena mereka menemukan informasi yang mereka cari di blog Anda. Maka, tugas Anda adalah terus memposting artikel agar blog Anda semakin kaya informasi, dan seiring dengan berjalannya waktu blog Anda akan terus dibanjiri pengunjung bahkan hingga ratusan ribu pengunjung per hari.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!