7 Kunci Kegagalan Ngeblog

penyebab ngeblog gagalApapun yang melatarbelakangi Anda ngeblog, saya yakin tujuan Anda ingin menuai kesuksesan, dan jika Anda ingin menjadi blogger sukses maka pastikan Anda menghindari 7 kunci kegagalan ngeblog sebagaimana yang akan saya bahas pada artikel ini. Sebagai catatan, ngeblog adalah sebuah pekerjaan untuk jangka panjang dimana profit atau hasil dari pekerjaan Anda baru akan Anda dapatkan dikemudian hari. Target ngeblog tidak akan bisa terealisasi dalam hitungan waktu 1-2 bulan. Butuh waktu lebih lama untuk bisa mendapat hasil dari rutinitas ngeblog yang Anda jalani.

Baca juga: 4 kesalahan fatal dalam ngeblog yang harus dihindari

Berawal dari minim pengetahuan perihal blogging yang disertai besarnya keinginan untuk segera mendapatkan penghasilan dari blogging tidak jarang justru membuat seorang blogger pemula menumpuk banyak kesalahan yang pada akhirnya kondisi tersebut mengantarkan blogger bersangkutan ke hasil akhir yang buruk alias kegagalan. Mereka sudah invest banyak waktu, tenaga dan pikiran, namun pada akhirnya harus puas dengan predikat kegagalan. Semoga Anda bukan salah satu darinya, dan dengan memperhatikan 7 kunci kegagalan ngeblog seperti dijelaskan dibawah ini saya yakin langkah Anda akan lebih terarah.

7 Kunci Kegagalan Ngeblog

1. Menetapkan Target Penghasilan Terlalu Dini

Sekalipun tujuan Anda blogging tidak lain adalah untuk mendapatkan penghasilan secara online, namun hal ini justru dapat membuat Anda gagal dengan lebih cepat jika terlalu dini menetapkan target penghasilan. Sebelum Anda berpikir soal uang, tugas pertama yang perlu Anda kerjakan adalah bagaimana membuat dan mengelola blog secara benar.

2. Mengelola Blog Dengan Cara Yang Salah

Membuat blog sangat mudah, namun tidak semua blog bisa menghasilkan profit. Tidak semua blog bisa memberikan sesuatu yang bernilai bagi pemiliknya tanpa pengelolaan yang benar. Dalam blogging terdapat kaedah-kaedah tertentu yang harus dipahami oleh blogger sehingga mereka bisa menentukan arah secara benar dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan blog dan dirinya sendiri.

3. Menyalahi Etika Ngeblog

Dalam blogging tentu terdapat hal-hal yang harus Anda lakukan dan yang tidak patut Anda lakukan. Poin ini harus Anda pahami sehingga Anda tidak mencederahi etika ngeblog yang pada akhirnya akan merugikan orang lain dan merugikan Anda sendiri. Tindakan menyalahi etika ngeblog dicirikan oleh sejumlah tindakan, salah satunya adalah dengan menduplikasi artikel blogger lain.

4. Tidak Atau Kurang Fokus

Seperti saya singgung diatas, blogging membutuhkan waktu dan Anda tidak bisa mendapatkan hasilnya hanya dalam hitungan waktu singkat. Artinya, untuk bisa menjadi blogger sukses Anda harus selalu bisa fokus. Tidak atau kurang fokus akan menyebabkan Anda tidak maksimal dalam menjalankan tugas-tugas Anda sebagai seorang blogger sehingga hasilnya pun pasti diluar espektasi Anda.

Baca artikel: Tips ngeblog untuk menjadi blogger sukses

5. Tidak Konsisten

Karena butuh waktu yang relatif lama untuk mendapatkan hasilnya, maka blogging amat menuntut konsistensi tingkat tinggi. Siapapun Anda, saya berani menjamin Anda akan menuai kegagalan jika Anda tidak memiliki konsistensi. Sebagai catatan, konsistensi merupakan salah satu modal paling penting dalam menekuni rutinitas blogging. Tanpanya, Anda pasti akan gagal.

6. Memupuk Sifat Malas

Entah Anda sependapat dengan saya atau tidak, tapi sepemahaman saya tidak ada satupun blogger sukses yang memiliki sifat malas. Kebanyakan dari mereka bahkan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dibanding para karyawan. Untuk sukses dari blogging dibutuhkan kerja keras dan mentalitas yang baik karena pada sisi tertentu blogging amat kental dengan ‘persaingan’.

7. Salah Menyikapi SEO

SEO atau search engine optimization merupakan bentuk kegiatan optimasi blog untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari. SEO dapat mendongkrak posisi blog di index hasil pencarian mesin pencari yang berujung pada meningkatnya trafik suatu blog. Namun, Anda jangan salah menyikapinya. SEO hanya sebagai unsur penunjang, dan bukan faktor penentu utama pemeringkatan blog Anda. Untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, kuncinya adalah artikel berkualitas.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Adnalda Reply

    Untuk poin 7 sangat benar itu, kebanyakan blogger newbie terlalu dipusingkan dengan kata “SEO” yang bukan merupakan faktor utama, namun mau bagaimana lagi?

  2. hero Reply

    kalau menurut saya sih no.5 juga cukup paling berat
    karena ketika konsisten di awal terkadang malas juga lebih besar dan tidak update lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!