7 Cara Saya Mendapatkan Uang Dari Blog

Blogging dapat dilakukan oleh siapa saja, tetapi untuk bisa menghasilkan uang dari blog dibutuhkan kerja keras dan konsistensi. Dan pada faktanya tidak sedikit diantara kita yang memilih berhenti karena merasa pencapaiannya tidak atau bahkan jauh dari espektasi. Disisi lain, ngeblog juga tidak melulu soal uang. Prinsip dasarnya, ngeblog itu berbagi. Berbagi tentang banyak hal melalui sebuah tulisan (artikel). Namun, kita menjadi “wajib” menghasilkan uang dari profesi ini ketika kita sudah melakukan banyak hal dan sudah invest waktu yang cukup banyak hingga status part time blogger tidak lagi pas untuk kita sandang.

Make money blogging cukup menyenangkan. Kita akan menemukan tantangan, target tidak terealisasi, ide demi ide, semangat, dsb. Tahapan demi tahapan akan kita lalui dengan lika-likunya hingga kita mencapai garis akhir (hasil). Jika segala sesuatunya kita lakukan sesuai dengan prinsip ngeblog, maka kita akan mendapatkan profit dari kerja keras kita. Sementara itu, jika fase demi fase kita lewati dengan cara yang salah, maka kerja keras kita akan terbayar dengan pembelajaran. Dengan menyadari rentetan kesalahan yang kita lakukan, kedepannya kita bisa menyusun langkah yang tepat dan konsep yang lebih matang. Anda bisa belajar dari kesalahan, kesuksesan Anda dalam blogging terletak pada kepekaan serta kemauan.

Blog ini berisikan cukup banyak artikel seputar tips dan cara mendapatkan penghasilan dari internet, khususnya melalui media blog. Sebagian besar dari kiat-kiat memperoleh penghasilan dari internet yang saya kupas di blog ini merupakan pengalaman pribadi. Apa tujuannya? Ada sejumlah hal yang mendasari penulisan artikel-artikel tersebut, diantaranya adalah untuk meyakinkan sahabat BloggerLamongan, bahwa mendapatkan penghasilan dari blog itu sangat realistis sepanjang kita membangunnya dengan cara yang benar. Kemudian, untuk memotivasi diri saya sendiri agar pencapaian saya terus mengalami peningkatan dari pencapaian-pencapaian sebelumnya. Dan yang terakhir adalah untuk memberi tahu semua orang, bahwa dengan ngeblog mereka tidak hanya bisa memperoleh earnings, tetapi juga bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat dengan banyak orang.

7 Cara Saya Mendapatkan Uang Dari Ngeblog

Berbagai cara menguangkan blog sudah sempat saya coba, baik yang akhirnya benar-benar memberikan saya hasil atau yang tidak. Dari sekian cara yang sempat saya tekuni selama kurun waktu tertentu, melalui artikel ini saya ingin berbagi dengan sahabat pembaca 7 cara saya mendapatkan uang dari blog  yang masih saya tekuni hingga hari ini, sebagai berikut:

1. Mendapatkan Uang Melalui Iklan PPC

Terdapat sekian banyak ad networks berbasis PPC (Pay Per Click), baik ad  network lokal maupun luar negeri. PPC ad network luar negeri yang menjadi pilihan banyak blogger adalah Google AdSense (GA). GA lebih menarik minat banyak orang lantaran program periklanan milik Google ini menawarkan sesuatu yang lebih dibanding sejumlah ad networks sejenis lainnya, seperti besaran CPC (Cost Per Click), kualitas iklan, ketersediaan iklan, transparasi, jadwal pembayaran, dll.

Apa yang saya dapat dengan menjadi penerbit iklan Google? silakan simak screenshot penghasilan saya dari iklan Google dibawah ini.

penghasilan saya dari AdSense

Sejauh ini GA masih menyumbang porsi terbanyak dari total penghasilan ngeblog saya. Hal ini wajar, karena selama ini saya memfokuskan diri terhadap ad network yang mulai aktif pada 2002 silam ini.

2. Mendapatkan Uang Melalui Iklan CPM PropellerAds Media

PropellerAds merupakan jaringan periklanan berbasis CPM (Cost Per Mile) asal United Kingdom yang menawarkan rate CPM cukup tinggi untuk trafik kunjungan internasional, termasuk trafik kunjungan dari negara-negara Asia, seperti Indonesia.

Saya baru mengenal PropellerAds beberapa bulan silam, namun kemudian saya terus menjadi publisher aktif jaringan periklanan yang berdiri pada 2011 silam ini karena earnings yang saya dapat terbilang cukup memuaskan. Saat ini PropellerAds merupakan sumber penghasilan kedua saya setelah GA.

penghasilan saya dari propelleradsKelebihan dari iklan PropellerAds adalah tersedianya iklan dalam bentuk Dialog (Dialog Ads) yang hanya akan tampil di perangkat mobile. Iklan dalam bentuk Dialog tidak akan mengurangi CTR (Click Through Rate) iklan lain sehingga tidak akan menyebabkan penurunan penghasilan pada iklan PPC.

Tertarik untuk mencoba PropellerAds? Silakan Buat Akun.

3. Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Iklan CPM PopCash

Pada awalnya saya tidak tertarik untuk menggunakan PopCash karena iklannya dalam bentuk pop-under, namun kemudian saya mencoba untuk menggunakan sejumlah ad network pop-under untuk menyikapi penghasilan saya dari GA yang terus mengalami penurunan.

Sebenarnya tidak banyak earnings yang saya peroleh dari PopCash, namun hingga saat ini saya masih menggunakannya karena rate CPM yang saya dapat relatif stabil. Selain itu, saya juga masih perlu melakukan tahap pengujian lebih lama lagi terhadap PopCash hingga saya bisa membuat sebuah kesimpulan, apakah akan terus menggunakannya atau menggantinya dengan jaringan periklanan sejenis lainnya.

Berikut screenshot penghasilan saya dari PopCash per lima hari terakhir:

penghasilan saya dari PopCashNetPopCash merupakan salah satu jaringan periklanan online terbesar. Meski PopAds hadir lebih awal, namun perkembangan PopCash cukup signifikan. Adapun salah satu kemudahan yang bisa didapat dari PopCash adalah kita bisa withdraw setiap hari.

Anda punya blog bertrafik tinggi? Anda dapat mencoba PopCash, Buat Akun Anda.

4. Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Iklan CPM adnety

adnety merupakan pop-under network yang menawarkan penghasilan tinggi bagi publishernya. Pada awalnya saya kurang yakin dengan ad network yang satu ini, pasalnya ad network ini masih cukup baru dan belum banyak dikenal. Karena saat itu saya sedang melakukan pengujian pada banyak jaringan periklanan, maka saya memutuskan untuk mencoba adnety, dan hasilnya ternyata cukup memuaskan.

Berikut screenshot penghasilan saya dari adnety:

penghasilan saya dari adnety

Jika dibandingkan dengan PopCash, penghasilan saya dari adnety jauh lebih besar padahal rate CPM PopCash lebih tinggi dari adnety. Apa penyebabnya? Seperti tertera pada screenshot diatas, dengan menggunakan blog yang sama jumlah impresi iklan adnety jauh melebihi impresi iklan PopCash.

Ingin membuktikan performa adnety? Silakan Mendaftar Jadi Publisher.

5. Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Iklan CPM Adversal

Saya memiliki akun Adversal pada 2013 silam, namun saya tidak serta-merta aktif memasang iklan karena tidak lama berselang saya mendapatkan akun GA. Mengingat bentuk iklan Adversal ini hampir sama dengan GA, maka kemudian saya lebih fokus ke GA. Kendati demikian, tidak semua iklan Adversal saya lepas, saat ini iklan Adversal masih aktif di salah satu blog saya.

Sepanjang menggunakan Adversal, saya sudah mendapatkan payment beberapa kali. Adapun payment pertama yang saya dapat melalui check dimana pada saat itu saya belum memiliki akun PayPal. Setelah memiliki akun PayPal untuk payment seterusnya saya set menggunakan PayPal. Sistem pembayaran Adversal NET35. Selama menjadi publisher Adversal, saya belum pernah merasakan pembayaran telat. Pembayaran selalu dilakukan tepat waktu.

Dibawah ini screenshot laporan penghasilan terakhir saya dari Adversal.

pembayaran saya dari adversal

Beberapa kelebihan Adversal diantaranya adalah iklan berkualitas, impresi iklan tinggi, dan jadwal pembayaran tepat waktu. Sementara untuk sisi minusnya adalah rate CPM rendah.

Untuk mendaftar sebagai publisher Adversal, Anda harus memiliki blog dengan minimal total pageview 50.000/bulan. Jika blog Anda memenuhi kriteria, silakan Sign Up.

6. Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Iklan Mandiri

Cara saya mendapatkan penghasilan dari blog berikutnya adalah dengan memasang iklan mandiri. Ketika blog kita dianggap punya nilai jual, tidak terlalu sulit untuk menggait pengiklan. Kita bisa menemukan pengiklan lokal maupun luar negeri sesuai bahasa blog. Mereka (pengiklan) bisa berupa korporasi ataupun individual.

Berbeda dengan bermitra dengan jaringan periklanan seperti PPC atau CPM, untuk mendapatkan pengiklan secara mandiri kita harus membuat penawaran kepada mereka. Dalam hal ini kita harus membuat penawaran yang baik, sopan, dan tentunya transparan. Kita bisa mendatangi mereka melalui email dengan menggunakan tata-bahasa penawaran yang baik sehingga mereka merasa terdorong untuk menerima penawaran yang kita sampaikan.

Selain menawarkan beriklan dalam bentuk banner, Anda juga dapat membuat penawaran iklan dalam bentuk artikel atau paid post/post review.

Berikut screenshot pembayaran paid post dari GearBest via PayPal:

pembayaran iklan lewat paypal

Sebagai informasi, GearBest merupakan salah satu toko online terbesar, khususnya barang elektronik. Per artikel ini saya tulis, GearBest menempati Global Alexa Rank 450 dengan total index Google 7.450.000.

7. Mendapatkan Uang Dari Blog Melalui Program Afiliasi

Cara lain yang saya terapkan untuk mendapatkan keuntungan dari blog adalah dengan mengikuti program afiliasi. Untuk meyakinkan orang supaya membeli suatu produk memang tidak mudah, namun kita tetap berpeluang untuk mendapatkan hasil terbaik jika kita mereview suatu produk secara objektif dan tidak semata-mata demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Menyadari minat masyarakat terhadap ngeblog semakin tinggi, khususnya blog self hosting, saya kemudian memutuskan untuk mengikuti program afiliasi web hosting. Dengan menjadikan BloggerLamongan.com sebagai media sosialisasi tunggal, blog ini pun akhirnya bisa menghasilkan uang dari program afiliasi web hosting. Meski hasilnya belum seberapa, namun setidaknya ini bisa saya jadikan pembelajaran jika kedepannya ingin lebih serius menekuni program afiliasi.

pembaran dari afiliasi web hosting

Demikian 7 cara saya mendapatkan uang dari blog. Semoga artikel ini berguna bagi sahabat pembaca. Akhir kata, ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Apapun cara yang Anda pilih, semuanya kembali pada diri Anda. Jika Anda menginginkan hasil maksimal, maka usaha Anda juga harus maksimal. Happy Blogging!

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

  1. Ita Maulani Reply

    Wah, bagus sekali cara Anda menghasilkan uang. Ketekunan memang kunci keberhasilan. Tak pantang menyerah. Salut kepada Anda.

  2. 89wawan Reply

    Wahhhh…. jd pengen dapat uang dari ngeblog, tapi ane masih newbie. Angkat ane jadi muridmu suhu !! hehe

    • Din Tok Post authorReply

      Mari belajar bersama mas Wawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!