7 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog di Tahun 2017

cara-meningkatkan-trafik-blogPengunjung atau trafik merupakan salah satu bekal paling pokok untuk merealisasikan target blogging Anda. Tanpa pengunjung, tidak akan ada pencapaian blogging apapun yang bisa Anda wujudkan, baik untuk personal branding, make money blogging, ataupun hal-hal yang bersifat profitable lainnya. Membangun trafik sendiri membutuhkan waktu dan tenaga. Blog merupakan media online yang dikelola untuk jangka panjang, dan proses pengembangannya hingga bisa memiliki lalu lintas dalam jumlah padat juga membutuhkan proses dengan fase demi fasenya.

Strategi Mendatangkan Pengunjung Blog di tahun 2017 mendatang akan saya kupas secara sederhana melalui postingan kali ini. Seperti diketahui, jumlah blogger atau pengelola blog kian meningkat, dan wacana ini sudah pasti akan menciptakan sebuah ‘persaingan’ bearti di index hasil pencarian search engine, entah itu Google, Bing, maupun search engine lainnya. Disini, tugas kita selaku blogger adalah berusaha untuk meningkatkan mutu konten blog yang kita kelola sehingga tetap berpeluang untuk mendapatkan trafik dari search engine dalam jumlah yang ideal.

Apapun tema yang Anda usung, pastikan trafik blog Anda tetap bisa berkembang di tahun 2017 sehingga target ngeblog Anda nantinya benar-benar dapat terealisasi. Simak 7 cara untuk meningkatkan pengunjung blog yang bisa Anda terapkan pada blog yang Anda kelola seperti diuraikan dibawah ini.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Mudah

1. Memprioritaskan Konten Berkualitas

Apapun tema yang Anda usung, kualitas mengalahkan segalanya. Pengertian berkualitas sendiri relatif kompleks jika mengacu pada cara kerja search engine, mencakup tingkat kepadatan kata, akurasi, memberikan solusi terhadap pembaca, dsb. Pastikan blog yang Anda kelola menawarkan konten yang benar-benar memiliki kualitas sehingga tetap bisa bertahan pada peringkat teratas hasil penelusuran search engine.

2. Buat Artikel Menjadi Shareable

Salah satu indikator artikel berkualitas adalah dengan banyaknya pengguna yang bersedia membagikan artikel tersebut. Agar artikel yang Anda publikasikan memiliki popularitas yang baik di situs-situs sosial media, maka Anda dapat mendesain ulang template blog Anda sehingga menjadi lebih shareable. Hal tersebut akan memudahkan para pengunjung untuk membagikan artikel yang mereka baca jika memang dirasa bermanfaat bagi mereka.

Baca artikel: Daftar topik blog dengan pengunjung terbanyak

3. Posting Artikel Yang Belum Ada

Mengacu pada topik tertentu, pada umumnya artikel yang akan kita tulis memang sudah tersedia di weblog tertentu. Namun, jika kita cermat, kita masih berkesempatan menggali ide penulisan lain yang belum dimuat di weblog manapun. Jika hal ini kita lakukan, maka artikel yang akan kita publish nantinya berpotensi menyumbang trafik dalam jumlah yang besar karena belum terdapat artikel yang sama.

4. Mendatangkan Trafik Melalui List Building

Apa itu list building? Bagi Anda yang masih relatif baru dalam dunia blogging, Anda mungkin belum mengenal istilah dalam blogging yang satu ini. List building adalah sebuah metode pengumpulan email pengguna situs blog Anda. Ketika Anda sudah memiliki list email dalam jumlah yang banyak, maka hal tersebut dapat memberikan banyak keuntungan untuk Anda, seperti untuk mengirim penawaran, kampanye marketing produk tertentu, dan tentunya untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

5. Membangun Komunitas

Membangun komunitas merupakan salah satu langkah terpenting untuk memastikan pengunjung blog Anda tetap dalam keadaan stabil. Seperti diketahui, trafik blog pada umumnya mengalami kondisi pasang-surut. Hal tersebut dapat Anda sikapi dengan kekuatan komunitas. Bagunlah komunitas, dan jaring orang sebanyak mungkin dengan gencar menawarkan sesuatu yang bermanfaat kepada orang-orang yang tergabung dalam jaringan Anda sehingga meraka yang berada diluar jaringan Anda mearasa tertarik untuk bergabung.

Baca juga: Penyebab blog sepi pengunjung meski banyak artikel

6. Undang Blogger Lain Untuk Menulis di Blog Anda

Guna dapat meningkatkan popularitas blog Anda dihadapan banyak blogger, undang blogger lain untuk menulis di blog Anda. Biasanya mereka (blogger) akan dengan senang hati menulis artikel di blog Anda sepanjang blog yang Anda kelola menawarkan sesuatu yang bernilai. Langkah ini sangat penting guna menarik minat banyak orang untuk mengunjungi blog Anda. Populer di kalangan blogger, tentunya akan menjadikan blog Anda memiliki reputasi baik di search engine, dan hasil akhirnya tidak lain adalah berupa peningkatan volume trafik.

7. Jangan Melakukan Spam

Merujuk pada lingkup blog, spam adalah sebuah tindakan menyimpang yang bertujuan untuk meningkatkan trafik. Selain merugikan pengguna, spamming juga menjadi musuh utama search engine karena dapat merusak kualitas hasil penelusuran search engine. Untuk mengejar trafik berjangka pendek, seorang blogger bisa saja menggunakan teknik spam, namun pada akhirnya blog yang menerapkan teknik spam akan mengalami kesulitan dalam mendatangkan lalu lintas. Pastikan Anda menghindari teknik spam dalam bentuk apapun dan tetap menerapkan teknik-teknik optimasi sesuai pedoman yang ada.

Hosting Terbaik Indonesia

8 comments

  1. beni Reply

    saya udah hampir lakuin itu semua, tapi hasilnya belum keliatan, sehari paling banyak 50visitor padahal blog saya sudah berumur 4bulan. piye neh yo

  2. Asep Zaenuri Reply

    Saya sudah lama membuat blog, namun trafiknya tidak terlalu banyak, kadang kadang 35-40 perhari dan kadang kadang juga 100 perhari, mohon konfirmasi dan penjeelasannya admin

  3. isnafeb Reply

    Blog saya juga sepi padahal saya juga udah lakukan trik-trik di atas . Gimana solusinya .
    beri pencerahannya
    ini blog saya
    tipsnaturalku.com

  4. Arif Reply

    Seiring dengan seringnya membuat artikel berkualitas. Perlahan visitor blog mulai naik. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!