5 Web Hosting Terpopuler Indonesia

hosting terpopuler indonesiaSeiring dengan pesatnya pertumbuhan website, banyak bermunculan penyedia layanan web hosting baru dengan segenap kelebihan serta kekurangannya.

Hosting merupakan salah satu komponen terpenting berkaitan dengan pembuatan website atau blog sebagaimana yang saya bahas pada artikel tips memilih hosting dan tips memilih domain.

Dari sekian banyak penyedia jasa hosting lokal, berikut ini merupakan 5 daftar web hosting terpopuler di Indonesia dengan profile pengguna yang cukup beragam, mulai kalangan pemula, profesional, expert, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, hingga perusahaan.

5 Web Hosting Indonesia Terpopuler

1. Masterweb.net alias Masterweb.com

Web hosting ini dikelola oleh PT. Master Web Network (MWN), yaitu sebuah perusahaan yang terfokus pada layanan web hosting. Layanan web hosting MWN mencakup Domain Name, Shared Hosting, VPS, Colocation Server, Dedicated Server dan Managed Server.

MWN didirikan oleh pelaku Internet yang sarat dengan pengalaman pada 1995. MWN telah berkecimpung dibidang ISP sejak 1996 dan dibidang web hosting sejak 1998. Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa web hosting senior, MWN masuk dalam daftar web hosting terpopuler Indonesia.

Penilaian saya:

Meski masuk dalam daftar perusahaan hosting senior yang namanya cukup dikenal, namun mutu layanan Masterweb tidak mencerminkan senioritasnya. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat mahal.

2. IDwebhost.com

IDwebhost mulai berdiri pada 2004 dan telah menjadi salah satu perusahaan penyedia web hosting dan domain yang diperhitungkan di Indonesia.  Selama berkecimpung dibidangnya, IDwebhost sudah menorehkan sejumlah prestasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. IDwebhost merupakan salah satu provider webhosting terpopuler di Indonesia.
  2. Berhasil memperoleh ICANN Accredited pada 2009.
  3. Mendapat pengakuan Internasional sebagai reseller domain terpopuler di Indonesia.

Hingga saat ini IDwebhost melayani shared dan VPS hosting dan memiliki 60 server shared dan 5 server VPS. Sebagai salah satu perusahaan web hosting besar, IDwebhost saat ini memiliki 3 kantor yang berlokasi di Yogyakarta, Jakarta dan Semarang.

Penilaian saya:

Sejauh ini saya belum pernah menggunakan layanan hosting dari IDWebhost, namun saya sempat mengamati beberapa website yang di host oleh IDWebhost, dan rata-rata waktu muat website tersebut tergolong lambat.

3. Rumahweb.com

Rumahweb.com mulai beroperasi pada tahun 2002 yang berbasis di DI Yogyakarta. Rumahweb Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terkenal di Indonesia yang saat ini telah melayani lebih dari 14.000 domain konsumen. Saat iniRumahweb telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.

Berdasarkan pengamatan saya pribadi, Rumahweb lebih dikenal dan diperhitungkan sebagai domain registrar, dan bukan sebagai penyedia layanan hosting.

Penilaian saya:

Harga domain di Rumahweb terbilang kompetitif, namun untuk harga sewa hosting masih sangat mahal, sekalipun untuk paket hosting standar.

4. Ardhosting.com

Ardhosting merupakan salah satu perusahaan web hosting Indonesia yang sudah cukup berumur. Ardhosting dikelola oleh PT. ARDH GLOBAL INDONESIA yang didirikan pada tahun 2000 dengan fokus jasa layanan dibidang web hosting dan domain. Slogan yang diusung Ardhosting adalah “Fast & Reliable Webhosting” dan dengan slogan tersebut Ardhosting bertekad untuk memberikan varian layanan web hosting dan domain yang murah, cepat dan handal bagi semua kalangan.

Ardhosting menyediakan layanan hosting regional, yaitu Indonesia (IIX), Singapore (SGP), United States (USA) dan Hongkong. Anda dapat menentukan seerver sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Catatan saya:

Dari sisi performa saya belum dapat memberi kesimpulan karena belum seberapa mendalami Ardhosting, namun menurut saya banderol layanan hosting dari provider yang satu ini masih sangat mahal.

5. Niagahoster.co.id

Niagahoster merupakan junior dari perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatas. Namun, saat ini Niagahoster merupakan “leader” dari kesemuanya.

Niagahoster menjelma sebagai perusahaan web hosting terbaik di Indonesia dengan jumlah pengguna yang terus bertambah secara impresif.

Niagahoster dikelola oleh PT. Web Media Technology Indonesia, sebuah perusahaan yang fokus dibidang layanan web hosting dan jasa website.

Niagahoster menjadi perusahaan penyedia layanan hosting yang paling diperhitungkan berkat harga layanan hosting mereka yang cukup murah yang diimbangi dengan kualitas.

Catatan saya:

Saya merupakan pengguna Niagahoster. Saat ini ada beberapa website saya yang saya host di Niagahoster.

Selain murah, provider ini juga menawarkan banyak kelebihan sehingga membulatkan keputusan saya untuk memilihnya.

Beberapa kelebihan Niagahoster diantaranya adalah harga termurah dikelasnya, serba unlimited, gratis SSL, kaya fitur, aman, dan performa server cukup cepat serta stabil. >> Pelajari selengkapnya

Hosting Terbaik Indonesia

3 comments

  1. seowaps.com Reply

    Terima kasih gan info hosting terbaiknya, bisa order disana nih, namun saya sudah terburu order hosting di 3 tempat di webhosting.web.id dan sentorahost, ppnz serta di goblogbiz, mungkin lain kali saya coba provider hosting diatas gan. Makasih

  2. Angga Reply

    Kalo pengalaman pake niagahoster gimana gan? Soalnya temen-temenku hostingnya pada disana dan kata mereka hosting niagahoster bagus. Dan aku liat banyak yang review tentang niagahoster dan tanggepannya juga puas sama layanannya. Makanya aku tertarik mau coba hosting niagahoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!