5 Hal Penyebab Anda Gagal Mendapatkan Uang Dari Blog

Tips Belajar Ngeblog untuk PemulaBlog adalah media online yang secara umum berisikan informasi, tutorial, tips dan konten terkait. Blog dapat dijadikan sebagai media penghasil uang hingga dalam jumlah tak terbatas. Ya, semakin piawai serta konsisten Anda mengelola blog milik Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk dapat menguangkan blog Anda.

Make money blogging memang sudah tidak asing lagi, namun pada prakteknya memang hanya sebagian blogger saja yang dapat merealisasikannya, sebagian lagi gagal ditengah-tengah jalan atas sejumlah alasan. Blogging for money membutuhkan konsep serta kerja keras, dan hal inilah yang sering kali tidak disadari oleh para sahabat pemula.

Sebagian dari mereka sepertinya hanya tergiur dengan besarnya penghasilan tanpa berpikir lebih dalam bagaimana penghasilan tersebut bisa diwujudkan. Apakah cukup hanya dengan membuat blog, cukupkah hanya dengan menulis, tentu saja tidak. Mendapatkan penghasilan dari blog butuh proses yang cukup panjang, dan kita harus siap melakukan sederet hal yang dibutuhkan selama kita sedang berproses menjadi blogger yang berpenghasilan.

Mendapatkan uang dari blog sejatinya amat realistis, tetapi kita harus siap bekerja keras, konsisten serta tidak menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk berhenti. Jika dalam bisnis off-line kita mengenal yang namanya investasi (investasi dalam bentuk uang), maka dalam blogging kita menginvestasikan waktu dimana kita baru akan dapat menikmati hasilnya dikemudian hari.

Selama kurun waktu tertentu kita hanya dihadapkan dengan pekerjaan, mulai menulis artikel, melakukan praktik optimasi, bersosialisasi, membangun jaringan di social media, dll. Dalam kurun waktu tersebut kita belum mendapatkan apapun, karena kita masih dalam proses berinvestasi hingga dalam beberapa bulan/tahun kemudian kita baru bisa menikmati kerja keras kita.

Pada kesempatan ini saya ingin share beberapa hal yang menyebabkan seorang blogger gagal mendapatkan penghasilan dengan harapan apa yang saya paparkan disini dapat memberikan bahan pembelajaran berarti bagi kita semua, terutama bagi sahabat BloggerLamongan yang baru ingin menekuni blogging secara serius. Berikut 5 hal yang akan menyebabkan Anda gagal memonetisasi blog Anda.

1. Hanya Terfokus Untuk Mendapatkan Uang

Seperti dijelaskan diatas, mendapatkan uang dari blog itu membutuhkan proses. Anda harus mengikuti prosesnya tahapan demi tahapan, dan jika Anda hanya terfokus untuk mendapatkan uang, maka kondisi ini justru akan mengarahkan Anda pada kegagalan karena Anda cenderung untuk melakukan kesalahan, seperti menulis artikel tanpa memperhitungkan kualitas, mendatangkan pengunjung dengan cara yang salah, melakukan spam, dll.

2. Enggan Bekerja Keras 

Percayalah, tidak ada satupun blogger yang berhasil menuai kesuksesan tanpa kerja keras. Blogging itu program kerja untuk jangka panjang yang akan menelan banyak waktu, dan jika Anda melakukannya dengan setengah hati atau dengan cara bermalas-malasan, maka tidak akan ada penghasilan serupiahpun yang berhasil Anda dapat. Anda hanya akan membuang banyak waktu dengan sia-sia.

3. Menggunakan Karya Orang Lain

Blogging memang membutuhkan produktivitas, namun produktivitas tinggi yang dilakukan dengan cara yang salah tidak akan memberikan hasil apapun. Kita tidak akan mendapatkan timbal-balik apapun dengan cara mempublikasikan karya tulis orang lain di blog kita. Sebagaimana yang saya singgung pada artikel cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang berbekal originalitas.

4. Menyerah Saat Dihadapkan Dengan Masalah

Seringkali segalanya memang tidak semudah yang kita skenariokan dari awal. Dalam proses membangun blog yang bernilai, kita akan dihadapkan dengan banyak kendala, mulai proses mendatangkan pengunjung, mempertahankan pengunjung, meningkatnya volume persaingan, dll. Dalam blogging kita akan mengalami satu permasalahan belum tersolusikan, timbul masalah baru. Hal ini sebenarnya sebuah kondisi yang wajar, hal yang sama pastinya juga terjadi diluar blogging, dan tugas kita adalah tetap fokus dengan pekerjaan kita serta tidak menjadikan kendala atau masalah sebagai alasan untuk menutup lembaran ngeblog kita.

5. Merasa Jenuh Karena Target Tidak Terealisasi

Perlu kita sadari, bahwa terealisasi atau tidaknya sebuah target, hal tersebut bergantung pada banyak faktor dan kita sendirilah yang menjadi barometernya. Review apa yang sudah Anda kerjakan selama kurun waktu tertentu, sudahkah Anda bekerja sesuai kebutuhan. Masihkah pekerjaan menyisakan banyak kekurangan, jika demikian maka kerjakanlah dengan lebih baik lagi sehingga kedepannya hasilnya pun akan menjadi lebih baik.

Hosting Terbaik Indonesia

5 comments

  1. Febby Reply

    Jika kita adalah seorang blogger pemula yang sedang belajar tentang semua ilmu blogger, tentu kita akan banyak sekali partner dalam online, tapi bagaimana ya bisa menemukan orang yang sesama blogger bgitu dan yang bisa di ajak kerja sama..

    setidaknya bisa bertukar pengalaman

  2. Adzkia Reply

    Seleksi alam dalam dunia blog juga ada ya, yang kuat dan bangkit 1 kali dari jumlah gagalnya lah yang akan berhasil menuai penghasilan besar dari online. salam mas. 😉

  3. Syamsu Reply

    Cocok mas, hal tersebut seringnya terjadi pada blogger yang tertarik dengan dunia blogging karena uang

  4. ipin lambar Reply

    satu tambahan lagi mas, orang malas bngeblog terkadang karena pengunjung blog yang rendah

    • Din Tok Post authorReply

      Mendatangkan pengunjung tidak sesulit yang dibayangkan blogger pemula pada umumnya. Intinya Anda harus fokus dan benar-benar menyukai dengan apa yang Anda kerjakan. Trafik hanya soal waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!