4 Pelajaran Berharga Dari Blogger Sukses Harsh Agrawal

Harsh Agarwal - shoutmeloudcomAda beberapa blogger sukses diluar sana yang menjadi inspirator saya, termasuk Pat Flynn dan Harsh Agrawal. Harsh Agrawal adalah seorang affiliate dan full time blogger asal India yang banyak memberikan energi positif terhadap para blogger melalui tulisan-tulisannya di blog utamanya shoutmeloud.com. Blog milik Harsh Agrawal tersebut merupakan salah satu blog terbaik di India. Popularitasnya cukup tinggi, dan trafiknya juga luar biasa. Tak heran, jika Harsh banyak mendapat keuntungan finansial dari blog tersebut.

Melihat kesuksesan Harsh Agrawal di dunia blogging, banyak pelajaran berharga yang bisa saya dapat darinya. Meski tidak terlibat komunikasi secara langsung, tapi setidaknya para member shoutmeloud.com (Shouters) dapat menangkap sejumlah pelajaran penting bagaimana cara menjadi seorang pebisnis online sukses dengan memanfaatkan media blog. Mulai dari tahapan-tahapan awal yang perlu ditempuh, proses pengembangannya, bagaimana menyikapi tantangan yang ada, hingga kiat-kiat untuk meningkatkan penghasilan secara online dari blog.

Baca artikel: Cara mendapatkan penghasilan online dari blog tanpa modal

Sebelum terjun ke dunia blogging, Harsh sendiri memiliki hobi menulis. Pada 1 Desember 2008 Harsh mendaftarkan nama domain shoutmeloud.com yang kemudian ia total fokus pada blog tersebut. Sebelumnya, Harsh juga sudah memiliki blog menggunakan platform blogger.com. Namun, tidak lama kemudian dia memutuskan pindah ke WordPress self hosting karena ingin lebih serius mengembangkan blog miliknya. Kini, pria lulusan Sharda University ini menjelma sebagai salah satu blogger tersukses dengan penghasilan yang cukup menggiurkan. Selain dari program periklanan, sumber pemasukan Harsh didominasi dari program afiliasi.

Bagi sahabat pembaca BloggerLamongan, yang ingin mengikuti jejak Harsh Agrawal, berikut ini 4 pelajaran penting yang saya dapat dari beliau:

1. Sukses Itu Membutuhkan Kerja Keras

Untuk sukses, kita membutuhkan skill, namun skill saja masih jauh dari kata cukup jika tidak dipadukan dengan kerja keras. Harsh Agrawal memulainya tahapan demi tahapan sebelum akhirnya bisa mengecap hasilnya. Selama berproses, Harsh mampu menunjukkan semangat tinggi dan konsistensinya sehingga apa yang dikerjakannya dihari-hari kemarin bisa membuahkan hasil. Siapapun Anda, sukses menghasilkan profit dari blog itu tidak dapat diwujudkan dalam 1-2 bulan. Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk merealisasikannya, dan Anda harus memahami hal ini atau Anda hanya akan menjadi blogger gagal.

Baca artikel: Tips ngeblog untuk menjadi blogger sukses

2. Terus Meng-upgrade Kemampuan

Ingin benar-benar bisa sukses dari blog? Tentu saja Anda harus memahami lebih banyak hal, dan tidak sebatas tau tulis. Dalam konteks tertentu, blogging is writing. Namun, lingkup pekerjaan blogger pada dasarnya tidak sebatas menulis dan memposting artikel. Anda dituntut untuk menemukan ide-ide brilliant dan profitable yang kemudian harus Anda aplikasikan sehingga kedepannya bisa memberikan profit untuk Anda. Meski penghasilan Harsh sudah terbilang fantastis, namun ia terus belajar akan hal baru, dan pada akhirnya ia mendapatkan keuntungan dari apa yang dipelajari dan dipraktikkannya.

3. Hadir Untuk Memberikan Yang Terbaik

Harsh berusaha untuk memaksimalkan semua potensi yang dimilikinya, yang kemudian ia tuangkan pada blognya sehingga dapat disebar manfaatnya terhadap para Shouters. Memberikan sesuatu yang bermanfaat terhadap para Shouters adalah kunci kesuksesan shoutmeloud.com. Dengan berbekal authority rank tinggi, artikel dalam jumlah yang banyak, serta usia domain yang sudah cukup berumur, Harsh bisa saja memposting artikel seadanya. Namun, ia tetap konsisten memberikan sesuatu yang bernilai terhadap Shouters sehingga shoutmeloud.com tetap menjadi rujukan banyak orang yang ingin mendapatkan info, tutorial, tips-trik, hingga motivasi untuk menjadi successful blogger.

Baca juga: Tips menulis artikel yang akan disukai pembaca blog Anda

4. Menyadari Kekuatan Email Marketing

Ini merupakan salah satu kunci kesuksesan seorang affiliate atau blogger dalam membangun komunitas mereka. Harsh sangat memprioritaskan email marketing untuk bisa membangun blog dan bisnisnya. Pada umumnya, lalu lintas blog datang dari search engine dengan implementasi teknik SEO. Namun, terlepas dari itu, jika Anda ingin menjadi blogger atau pebisnis online yang sukses, Anda harus mulai mengenal email marketing atau list building. List building akan sangat berguna untuk membangun serta menjaga keberlangsungan bisnis online Anda. Panduan cara list building InsyaAllah akan saya share pada postingan berikutnya.

Demikian 4 pelajaran berharga dari seorang Harsh Agrawal, semoga artikel ini dapat menambah energi positif bagi Anda yang ingin menjadi profesional blogger dan pebisnis online sukses dimasa-masa mendatang sebagaimana Harsh Agrawal. Dan sebagai informasi, penghasilan online Harsh Agrawal di bulan Juni 2016 sebesar  $29,659.15. Sebagian besar pemasukan tersebut didapat dari program afiliasi.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!