3 Kendala Sekaligus Tantangan Dalam Ngeblog


mengatasi-kendala-ngeblogBlogging atau ngeblog merupakan aktivitas berjangka panjang. Salama menjalani rutinitas ngeblog, seorang blogger akan menemui sejumlah hal yang tidak menutup kemungkinan hal-hal tersebut tak sempat terpikirkan sebelumnya karena fokus blogger diawal-awal menggeluti blogging pada umumnya tertuju pada cara meningkatkan trafik dan sesegera mungkin mendapatkan penghasilan online dari blog yang dikelolanya.

Waktu demi waktu sebagai seorang blogger telah terlewati dengan lika-likunya hingga kita (blogger) mendapatkan penghasilan dari blog-blog yang kita kembangkan. Kala penghasilan masih berada di level terendah, harapan kita adalah bagaimana kedepannya bisa meningkatkan penghasilan tersebut. Setelah penghasilan online berhasil kita tingkatkan, sejumlah target baru bermunculan dipikiran kita, seperti melipatgandakan penghasilan, membuat blog baru, mengimplementasikan ide-ide tertentu, dsb.

Selama prosesnya, kita akan menemukan beberapa kendala sekaligus tantangan dan disinilah sebenarnya kita dapat mengukur diri kita apakah akan berhenti secara perlahan karena merasa ‘kalah’ atau akan terklasifikasikan sebagai blogger yang punya potensi untuk menjadi blogger sukses dalam jangka waktu panjang. Jika kita selalu merasa siap dan tertantang, maka kita lebih berpeluang untuk menorehkan kesuksesan. Sementara itu, jika kita kian merasa tersudutkan oleh kendala yang muncul, maka kita semakin dekat dengan jalan keluar.

Dari sekian kendala ngeblog yang mungkin sudah Anda alami, berikut ini merupakan tiga kendala ngeblog yang pada dasarnya berupa tantangan yang harus bisa disikapi dengan tepat sehingga jalan Anda untuk menjadi blogger sukses semakin terbuka lebar:

1. Trafik Mengalami Penurunan Signifikan Atau Tidak Bisa Berkembang

Dengan trafik kita bisa merealisasikan target ngeblog, dan tanpa trafik kita tidak bisa melakukan atau mendapatkan apapun. Proses membangun trafik sendiri membutuhkan waktu dan tidak bisa dikerjakan dalam hitungan waktu 1-2 minggu. Namun, berbeda dengan cara membangunnya, penurunan trafik blog bisa dengan begitu cepat dan sangat signifikan. Ketika kita dihadapkan pada kondisi ini kita tidak boleh larut dalam kekesalan, melainkan harus dengan sesegera mungkin menemukan solusinya.

Baca artikel:

2. Penghasilan Menurun Drastis Disaat Sedang Melakukan Banyak Hal

Apapun cara make money blogging yang Anda tekuni, ada kalanya penghasilan yang tadinya sudah membuat Anda kian semangat ngeblog tiba-tiba mengalami penurunan yang cukup drastis. Kondisi ini menciptakan beban yang lebih besar katimbang disaat Anda masih belum mendapatkan penghasilan. Disaat kita sedang giat bekerja apa yang terjadi justru income kita menurun drastis. Ini merupakan kondisi yang berpotensi menciptakan permasalahan besar jika kita mereaksinya dengan cara yang salah.

Baca juga:

3. Ide Berkurang

Ide merupakan modal penting untuk mewujudkan target ngeblog seseorang. Segalanya berawal dari ide, dan hasil akhir yang didapat seorang blogger juga tak lepas dari ide. Blogger harus inspiratif, dan ketika usia ngeblog kita sudah terbilang lama akan ada dua kemungkinan yang muncul. Pertama, ide kita menjadi berkurang. Kedua, kita akan semakin kaya ide. Nah, agar Anda tidak mudah kehabisan ide, pikirkan dengan lebih luas tentang lingkup pekerjaan Anda. Cari tahu sisi mana yang belum Anda pernah Anda jamah, dan simpulkan hingga membentuk sebuah tindakan atau sebaliknya. Selain itu, Anda juga perlu menggali lebih banyak informasi, serta belajar tentang lebih banyak hal sehingga dari sana Anda akan menemukan sederet ide brilliant.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. masboy Reply

    artikel yang menarik, terima kasih atas kiriman via emalinya

  2. Padre Pio Reply

    betul betul betul.. sebagai blogger pemula, saya juga sudah mengalaminya. Tapi semoga saya masih bisa bertahan. Sampai sekarang sih masih terbilang cukup konsisten ngurus blog. semoga berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Hanya komentar relevan yg akan di publish; Gunakan nama Anda (no keywords), No spam!