Tips SEO Blog: Dasar Optimasi Mesin Pencari

Tips SEO BlogSearch engine optimization atau yang lebih familiar dengan sebutan SEO adalah sebuah teknik optimasi blog atau website yang mengacu pada search engine. Proses optimasi blog pastinya terkait rapat dengan SEO, karena dalam lingkup blogging baik optimasi on-page maupun optimasi off-page keduanya sama-sama memberikan peran penting untuk memberikan sebuah hasil yang maksimal.

Sebenarnya tidak ada trik khusus dalam SEO. Hanya saja SEO itu terdiri dari beberapa tahapan dan cara-cara penerapannya juga dapat berbeda-berbeda bergantung pada usia domain, keyword yang dibidik, tingkat kompetisi, dsb. Selain itu, teknik SEO terbagi menjadi sekian banyak cara. Namun, bagi yang masih pemula Anda tidak perlu dipusingkan dengan keanekaragaman teknik SEO, yang terpenting adalah fokus pada teknik-teknik SEO dasar terlebih dahulu, karena sebenarnya itu saja sudah banyak membantu untuk pemeringkatan blog Anda, dengan catatan Anda menerapkannya secara benar.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Sebagian besar visitor blog datang dari mesin pencari, terutama Google. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan kuantitas SEO blog yang kita kelola agar berkesempatan untuk menduduki halaman pertama hasil pencarian di mesin pencari. Ketika halaman blog Anda berhasil menjadi yang terdepan, pastinya blog Anda akan dibanjiri oleh banyak pengunjung, dan ini merupakan awal dari realisasi ide bisnis online yang akan Anda tekuni.

Jika Anda ingin belajar SEO dengan harapan kedepannya bisa menjadi pakar SEO, maka jangan pernah berpikir SEO itu rumit, karena hal tersebut hanya akan menghentikan usaha Anda. Penerapan SEO terbagi menjadi beberapa tingkatan, dan bagi seorang pemula yang harus mereka pelajari dan kerjakan adalah basic atau dasar dari SEO, bukan memfokuskan diri pada teknik-teknik yang masih cukup awam baginya. Belajar SEO yang tepat adalah dengan mencerna dan menerapkannya secara bertahap dan konsisten.

Sebelumnya saya sudah berbagi tips untuk menulis artikel SEO friendly. Artikel adalah salah satu bekal terpenting untuk emplementasi SEO. Para expert bloggers mengatakan “Content Is The King”. Ya, apa yang mereka katakan memang benar adanya, karena sejatinya tidak ada satupun teknik SEO yang berarti tanpa adanya artikel bermutu. Dalam proses penerapan SEO, bekal awal yang harus dipersiapkan blogger adalah artikel yang berkualitas. Dan berikut ini tips dasar SEO yang akan membantu blog Anda dalam proses persaingan di SERP.

Reset keyword

Reset kata kunci adalah perkerjaan awal yang harus Anda lakukan sebelum Anda membuat blog/menulis artikel. Sukses tidaknya, sedikit-banyaknya pengunjung blog ditentukan oleh kata kunci yang Anda pilih sehingga Anda diharuskan untuk memilih keyword yang tepat sebelum membuat dan mengoptimasi blog ke tahap lebih lanjut.

Untuk reset keyword, saya merekomendasikan Anda menggunakan Google Adwords Keyword Planner. Tool ini akan membantu Anda untuk menemukan keyword yang tepat dengan data analisis yang bisa diandalkan.

Gunakan template SEO friendly

Template ibarat sebuah folder yang berisikan sekian banyak file. Jika folder tersebut bermasalah, pastinya isi dari folder tersebut juga akan sulit ditemukan. Sama halnya dengan blog, agar artikel dalam blog Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh search engine, maka template yang Anda gunakan harus mudah dibaca oleh spider search engine.

Ciri-ciri template SEO friendly :

– Ringan (fast loads)
– Memiliki struktur laman yang baik
– Tidak memuat banyak script error, dll.

Mendaftarkan blog ke berbagai search engines

Saat ini Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan oleh pengakses internet. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mendaftarkan blog Anda ke search engine selain Google, misalkan Bing yang sekarang sudah disatukan dengan Yahoo.

Daftarkan dan verifikasi blog Anda ke webmaster masing-masing search engine. Pastikan Anda juga mengirim peta situs untuk memudahkan mesin crawler search engines bersangkutan dalam merayapi isi blog Anda.

Hanya menulis artikel berkualitas

Anda bisa saja sangat produktif dengan memposting sekian banyak artikel dalam sehari. Namun, produktivitas tidak akan banyak membantu Anda ketika artikel-artikel tersebut tidak memenuhi kriteria artikel SEO friendly. Ini memungkinkan terjadi manakala Anda terlalu produktif sehingga artikel yang Anda hasilkan hanya asal tulis.

Buatlah agenda penerbitan artikel. Hal ini sangat penting untuk menjaga produktivitas dan disisi lain kualitas artikel tetap terjaga. Yang harus dilakukan seorang blogger adalah meng-update artikel secara regular serta menitikberatkan mutu konten. Hal ini dapat diwujudkan jika Anda punya agenda blogging yang tersusun rapi.

Kriteria artikel berkualitas yang dapat dijadikan sebagai senjata untuk mendatangkan banyak pengunjung dapat Anda baca di posting sebelumnya, “tips menulis artikel sesuai standar SEO friendly”.

Integrasikan blog dengan social media

Wacana SEO terbaru sangat terkait rapat dengan pengaruh situs-situs social network/social media. Hubungkan blog Anda dengan situs social media, seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dsb. Bangun popularitas blog Anda pada masing-masing social media untuk mendapatkan voting dari situs social media tersebut. Ini sangat berdampak pada proses pemeringkatan blog di SERP. Pastikan juga Anda memasang widget social media sharing untuk memudahkan pengunjung membagikan artikel di blog Anda.

Membangun backlink berkualitas

Teknik SEO tidak bisa lepas dari link building. Meskipun pengaruh backlink tidak lagi sekuat beberapa tahun silam, namun keberadaan backlink tetap saja dibutukan. Ada sekian banyak cara untuk membangun backlink, mulai cara-cara manual hingga menggunakan bantuan software. Cara apapun yang Anda gunakan, pastikan fokus Anda adalah untuk membangun backlink berkualitas sebagaimana yang saya bahas dalam artikel cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Demikian, semoga bermanfaat. Beberapa poin yang saya urai diatas sudah sangat membantu jika diterapkan dengan benar. Dasar-dasar SEO diatas sangat penting dalam proses penerapan teknik SEO pada tingkatan lanjut.

Hosting Terbaik Indonesia

10 comments

  1. Buka Info Reply

    sangat menarik artikel ini memang untuk dasar seo harapan pertama pada template dan membuat artikel kalau di tambah tambah malah menimbulkan pusing 😀

    • Din Tok Post authorReply

      All in One SEO Pack, RB Internal Links, SEO Friendly Images. Ketiga plugin tersebut sepertinya cukup membantu.

  2. aidah Reply

    thanks artikel seonya,kalau tahun 2016 ini apa saja yang paling penting dalam seo?

  3. Zaenal Reply

    (ask) bagaimana cara meningkatkan traffik dari organic search? trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *