Tips Mencari Ide Posting Artikel

 article blogBlogging sesuai hobi terkadang masih belum cukup bagi seorang blogger untuk menemukan ide posting yang menarik, terutama pada masa-masa dimana kita sedang kurang mood menulis. Ada kalanya ide menulis artikel memang bisa kita dapat dengan sangat mudah, terkadang ia datang dengan begitu saja. Namun, dalam kondisi-kondisi tertentu mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk menemukan bahasan yang dirasa cocok untuk ditulis.

Artikel adalah komponen inti dalam sebuah blog, karena dengan artikel lah blog Anda akan mewarnai SERPs dan dikunjungi orang. Oleh karenanya sangat penting untuk menemukan ide penulisan artikel yang tidak hanya baik dari sisi tata bahasa, namun juga bermanfaat bagi para visitor blog Anda. Nah, melalui posting ini saya ingin share dengan sahabat Blogger Lamongan beberapa cara sederhana untuk menggali ide posting artikel.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Note:
Membuat artikel akan lebih mudah dan cepat manakala kondisi fisik dan pikiran kita dalam kondisi yang mendukung. Jika mood menulis artikel kurang baik, mungkin sebaiknya Anda tunda terlebih dahulu karena menulis artikel dengan cara memaksakan diri hasilnya tidak akan lebih baik. Dan berikut beberapa cara untuk menemukan ide menulis artikel.

Gunakan Kotak Pencarian Google
Menggunakan kotak pencarian Google untuk menggali ide posting cukup membantu. Dengan mengetikkan kata kunci tertentu, mesin Google akan menyajikan kata kunci terkait yang dapat Anda jadikan judul artikel.

Masuk ke forum setopik
Cara kedua untuk menemukan ide posting adalah dengan mengunjungi laman forum online yang mempunyai bahasan terkait dengan tema blog Anda. Anda dapat menggali ide posting artike di forum Ads.id, KasKus, atau forum Detik.com.

Blogwalking
Berkunjung ke blog sahabat merupakan salah satu cara mudah untuk menemukan ide penulisan artikel. Kunjungi blog yang memiliki persamaan tema dengan blog Anda. Dengan membaca artikel di blog sahabat inspirasi menulis artikel akan muncul dengan sendirinya.

Manfaatkan social media
Ada jutaan orang saling berbagi di situs social media. Anda dapat memanfaatkan keberadaan situs social media untuk mencari ide menulis artkel. Masuklah ke ruang diskusi yang memiliki bahasan terkait dengan bahasan blog Anda.

Gunakan Google Keyword Planner
GKP merupakan tool reset keyword gratis yang sangat berguna bagi blogger dan internet marketer. Selain untuk menganalisa kata kunci, GKP juga dapat Anda gunakan untuk menemukan ide posting artkel melalui keyword suggestion.

Mencari ide menulis artikel lewat Google Trends
Satu lagi produk dari Goog le yang sangat membantu untuk menemukan ide menulis artikel, adalah laman Google Trends. Di Google Trends Anda dapat menemukan history keyword terpopuler yang memungkinkan Anda untuk menjadikannya sebagai judul artikel di blog Anda.

Periksa kembali semua artikel di blog Anda
Dengan mencermati artikel apa saja yang sudah kita tulis biasanya ide untuk menulis artikel terkait akan muncul dengan sendirinya. Analoginya, Anda melihat artikel berjudul “penyebab blog sepi pengunjung”, ketika Anda mencermati artikel tersebut maka tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan sejumlah artikel terkait, misalkan “cara mengatasi blog sepi pengunjung” , “cara agar blog banyak pengunjung”, “cara mendapat pagerank tinggi”, dsb.

Menggunakan keyword suggestion tool Ubersuggest.org
Ubersuggest adalah tool keyword suggestion gratis yang sangat berguna. Cara menggunakannya juga sangat praktis. Anda tidak perlu mendaftar sebagai member untuk mendapatkan list keyword suggestion. Cukup kunjungi laman Ubersuggest, ketikkan kata kunci sesuai niche blog Anda, pilih target audience, masukkan kode keamanan – SELESAI.

Demikian beberapa cara untuk menggali ide menulis artikel secara mudah dan cepat. Semoga bermanfaat bagi member Blogger Lamongan. Bagi sahabat pembaca yang mungkin ingin menambahkan ide lainnya, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *