Tips Memilih Domain Blog dan Website

CARA MEMBUAT NAMA WEBSITE MENARIKMemilih nama domain sifatnya cukup krusial mengingat nama domain ditentukan sekali untuk selamanya. Selain itu, nama domain juga berkaitan rapat dengan brand bahkan profesionalitas Anda sebagai seorang blogger ataupun internet marketer. Pada bahasan sebelumnya saya sudah sempat share info daftar harga domain termurah Indonesia, dan pada artikel ini saya ingin berbagi tips memilih nama domain yang tepat untuk blog atau website yang akan Anda buat.

PENGERTIAN DOMAIN

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Nama domain adalah sebuah nama unik yang mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau email server pada jaringan komputer ataupun internet. Keberadaan nama domain ini tidak lain adalah untuk memudahkan pengguna pada saat mengakses server. Dengan adanya nama domain kita tidak perlu mengingat deretan angka rumit yang disebut sebagai alamat IP.

TIPS MEMILIH DOMAIN PROVIDER

Pada domain provider mana Anda menjatuhkan pilihan hal ini sangat penting untuk memastikan performa website atau blog Anda tetap baik. Meskipun ada sekian banyak penyedia domain yang dapat Anda pilih, hendaknya Anda tetap menentukan pilihan pada penyedia nama domain yang sudah memiliki reputasi.

Beberapa penyedia nama domain terpopuler lokal diantaranya adalah masterweb.net, idwebhost.com, rumahweb.com, ardhosting.com.

Pastikan Anda memperhatikan mutu domain provider yang akan menjadi pilihan Anda, dan jangan asal tergoda dengan iming-iming harga murah. Pilihlah domain registrant  yang bermutu, layanannya bagus, dan tidak berpotensi merepotkan Anda.

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN

Seperti disebutkan pada paragraf awal artikel ini, memilih nama domain sifatnya krusial karena nama domain ditentukan sekali untuk selamanya. Sebelum Anda menentukan nama domain, pastikan Anda sudah yakin dengan pilihan tersebut. Berikut beberapa tips memilih nama domain yang baik untuk blog atau website:

Pilihlah nama domain yang mudah di eja.

Memilih nama domain yang mudah di eja akan memudahkan pengunjung blog Anda untuk mengingatnya. Hal ini sangat penting untuk memancing pengunjung kembali mendatangi blog Anda di lain waktu.

Hindari menggunakan nama domain terlalu panjang.

Sah-sah saja Anda memilih nama domain yang berisikan banyak karakter, namun nama domain yang terlalu panjang mungkin terkesan kurang profesional dan juga menyulitkan pengunjung untuk mengingatnya. Pilihlah nama domain maksimal sebanyak 20 karakter.

Jika memungkinkan, untuk menambah muatan SEO blog, tempatkan keyword pada nama domain.

Menyisipkan keyword pada nama domain menurut saya bersifat opsional, jika memang memungkinkan tidak ada salahnya untuk Anda terapkan.

Pilihlah ekstensi nama domain yang paling banyak digunakan (.com, .net, .org, .me, dll).

Terdapat beberapa ekstensi nama domain yang banyak digunakan oleh spammer, secara tidak langsung hal tersebut cukup mungkin akan berdampak pada blog Anda, maka pilihlah ekstensi nama domain yang paling banyak digunakan.

Sebaiknya tidak menggunakan simbol.

Agar nama domain Anda terkesan rapi dan mudah dalam pengetikannya, pilihlah nama domain tanpa menggunakan simbol atau angka.

Hindari memilih nama domain yang sudah menjadi trade mark

Anda tentunya ingin tampil profesional, bukan? Maka sebaiknya hindari memilih nama domain yang sudah menjadi merek dagang. Untuk memastikan nama domain yang Anda bidik belum menjadi merek dagang, silakan ketikkan nama domain tersebut pada kotak pencarian mesin pencari Google kemudian lihat hasilnya.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

  1. Dunia Blogger Reply

    memilih domain yang pas untuk blog memang harus telaten dan teliti, sebab jika salah apalagi sampai di luar topik, maka blog sudah tidak memiliki identitas lagi. Hehe.. artikel yang sangat bermanfaat kawan. Keep posting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *