Tips Memaksimalkan Penghasilan Dari Blog

Tips Memaksimalkan Penghasilan Dari BlogNgeblog untuk mendapatkan uang memang tidak semudah saat berangan, oleh karenanya dibutuhkan konsep yang matang untuk bisa merealisasikannya. Blog yang dapat menghasilkan uang secara berkelanjutan, apalagi menghasilkan dalam jumlah yang besar adalah blog yang dibangun berbekal konsep yang matang dan terus dilakukan pengembangan.

Sebagian besar blogger menekuni rutinitas blogging tidak lain adalah untuk mendapatkan penghasilan online, dan untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari blog membutuhkan kerja keras dan bukan sekedar menulis semata. Kendati porsi kerja seorang blogger lebih banyak dihabiskan untuk membuat artikel akan tetapi artikel yang hanya asal tulis biasanya tidak akan memberikan profit yang sebanding.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog secara maksimal? Melalui artikel ini saya ingin share beberapa kiat untuk memaksimalkan pendapatan ngeblog agar Anda semakin semangat untuk menulis banyak artikel bermanfaat bagi banyak orang. Berikut rangkuman cara memaksimalkan penghasilan dari blog baik melalui periklanan maupun menggunakan metode monetisasi diluar periklanan.

Pilih tema yang tepat

Sebagai seorang blogger Anda dimungkinkan untuk menulis artikel bertema apapun, namun harap diingat bahwa setiap tema itu punya nilai (harga) yang berbeda-beda. Bagi Anda yang berencana membangun micro blog, lakukan reset keyword terlebih dahulu untuk menemukan keyword yang tepat. Menentukan keyword merupakan langkah paling dasar dan paling pokok dalam membangun blog dengan tujuan untuk dimonetisasi menggunakan program periklanan berbasis pay per click (PPC).

Pilih program periklanan yang sesuai dengan tema blog Anda

Sebut saja Anda memilih menjadi publisher iklan berbasis pay per click dimana program periklanan semacam ini berupa iklan kontekstual, maka yang harus Anda lakukan adalah memilih jaringan periklanan PPC yang berpotensi memberikan iklan relevan sesuai dengan tema blog Anda. Relevansi iklan, seperti iklan Google akan menjadi nilai ukur berapa biaya per klik (BPK) iklan yang tampil di blog Anda.

Jangan terfokus pada satu metode

Ada banyak cara untuk memonetisasi blog atau website. Jika pilihan monetisasi blog dengan cara menjadi publisher iklan berbasis PPC hasilnya tidak memenuhi espektasi Anda, maka berpikirlah untuk mencoba metode monetisasi lainnya. Misalkan dengan memilih iklan berbasis cost per mile (CPM), mencari direct advertiser, atau mencoba menjadi seorang affiliate dengan berbekal blog Anda.

Maksimalkan ruang monetisasi

Seperti yang saya sebut diatas, ada banyak sekali cara untuk menguangkan blog. Agar penghasilan Anda bisa mencapai volume maksimal, maka yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan semua ruang monetisasi yang tersisa, baik itu dengan cara menjual e-Book atau menjual jasa lainnya yang berhubungan dengan aktivitas ngeblog.

Tingkatkan pengunjung

Secara teknis, Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog tanpa pengunjung. Tingkatkan jumlah pengunjung Anda dengan melakukan berbagai upaya penunjang, mulai meningkatkan produktifitas, menjadikan blog lebih SEO friendly, membersihkan broken link, mempercepat loading blog, dsb.

Bangun komunikasi dengan pengunjung

Ini termasuk salah satu langkah yang sangat penting untuk dapat memaksimalkan penghasilan dari blog yang Anda kelola. Buat para pengunjung untuk tidak enggan kembali mengunjungi blog Anda dengan berbagai cara, misalkan dengan secara terjadwal menerbitkan artikel yang bermanfaat bagi mereka, berbagi sesuatu yang dibutuhkan pembaca secara gratis, balas komentar yang berisikan pertanyaan, dsb.

Hosting Terbaik Indonesia

8 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Ruang monetisasi yang saya maksudkan adalah memaksimalkan semua sisi komersil pada blog.

    • Din Tok Reply

      WP gratisan tidak memberikan cukup ruang bagi Anda untuk memperoleh income. Satu-satunya jaringan periklanan yang bisa digunakan di WP gratisan adalah Gravity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *