Tips Agar Artikel Masuk Halaman Pertama Google Search

tips untuk masuk halaman 1 GoogleGoogle menempatkan laman blog (artikel) pada urutan tertentu berdasarkan relevansi dan kualitas. Untuk bisa masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google setidaknya artikel blog Anda harus relevan dan punya kualitas.

Faktor relevansi dan kualitas merupakan dua hal pokok dalam proses pemeringkatan. Selain faktor relevansi dan kualitas, masih terdapat ratusan indikator lainnya yang digunakan Google untuk menempatkan sebuah laman pada index hasil pencarian teratas. Dan artikel ini akan membahas beberapa kiat untuk menjadi nomor 1 di Google Search yang merupakan bagian dari indikator pemeringkatan penting lainnya.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Faktor apa saja yang paling dominan dalam memberikan andil hasil pemeringkatan? Berikut kiat untuk bisa tampil di halaman pertama Google Search.

Usia Domain
Usia domain sangat mempengaruhi peringkat laman artikel di SERPs. Kesimpulannya, Anda tidak perlu tergesa-gesa untuk masuk ke halaman pertama Google Search jika usia blog Anda masih relatif baru. Pada fase ini, tugas terpenting Anda adalah terus memposting artikel berkualitas secara terjadwal.

Judul Blog
Berkaitan dengan implementasi SEO, judul merupakan salah satu bagian terpenting yang harus mendapat perhatian. Tulislah judul yang singkat dan deskriptif. Pastikan Anda menempatkan keyword pada judul blog. Contoh judul blog yang SEO friendly: “Tips Ngeblog Untuk Pemula”, “Cara Mendapatkan Uang Dari Blog”, “Panduan Membuat Niche Blog”.

Judul Artikel
Guna membuka kesempatan muncul dihalaman pertama Google Search sangat penting bagi Anda untuk menulis judul yang deskriptif. Judul artikel yang deskriptif yakni judul yang ditulis secara singkat (misalkan terdiri dari empat kata), dan berisikan keyword. Hindari memasukkan judul terlalu panjang yang tidak berpotensi akan diketikkan pengguna internet dalam kotak penelusuran mesin pencari.

Struktur Permalink
Permalink atau URL hendaknya di set seperti judul artikel; berisikan keyword, dan tidak terlalu panjang. Sebelum artikel diterbitkan, buatlah permalink menjadi lebih SEO friendly untuk meningkatkan potensi masuk ke halaman 1 Google Search.

Loading Blog
Pastikan loading blog Anda cepat untuk memudahkan spider bot Google dalam merayapi blog Anda. Loading blog lama tidak hanya memberi pengalaman kurang menyenangkan bagi pembaca, tapi juga akan berdampak buruk pada pemeringkatan blog Anda pada hasil pencarian mesin pencari.

Meta Deskripsi
Buatlah meta deskripsi yang baik. Meta deskripsi yang baik adalah meta deskripsi yang benar-benar menggambarkan isi blog Anda secara keseluruhan. Gunakan maksimum 140 karakter , hindari menulis meta deskripsi terlalu panjang, karena akan menjadikan meta deskripsi kurang SEO friendly.

Meta Keyword
Meta keyword sebenarnya tidak sepenting meta deskripsi, namun meta keyword tetap memberikan andil. Sama seperti meta deskripsi, tulislah meta keyword yang benar-benar mewakili artikel yang Anda tulis. Penulisan meta keyword idealnya tidak melebihi 200 karakter.

Sitemap
Sitemap atau peta situs merupakan alat bantu yang akan memudahkan mesin crawler search engine dalam menjelajahi isi website. Submit sitemap blog Anda ke Google Webmaster Tools atau Bing Webmaster untuk memudahkan kedua search engine populer tersebut menemukan semua konten yang ada dalam blog Anda.

Artikel Berkualitas
Artikel merupakan bekal paling pokok untuk bisa menjadi yang terbaik di Google Search. Buatlah artikel berkualitas yang dicirikan oleh sejumlah hal, meliputi padat kata, reader friendly, SEO friendly, berkaitan dengan deskripsi dan keyword blog, dan memberikan solusi kepada pembaca.

Backlink Berkualitas
Untuk bisa bersaing di SERPs, blog Anda membutuhkan backlink berkualitas. Backlink berkualitas adalah backlink dari situs atau blog yang memiliki pagerank tinggi, relevan, dan menggunakan attribute dofollow. Baca artikel: cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Popularitas di Social Media
Sebagian praktisi SEO mungkin berlawanan terkait indikator social media, namun saya meyakini indikator ini. Sepengamatan saya, blog yang punya popularitas bagus di situs social media lebih berpeluang untuk masuk halaman pertama Google Search. Desain laman blog Anda menjadi shareable agar para pembaca blog tertarik untuk membagikan artikel ke teman-teman mereka di situs social media.

Broken Link
Keberadaan broken link sepintas seperti terlihat sepele, namun ternyata sangat memberi andil. Masuk ke Google Webmaster Tools, pantau kesehatan blog Anda dan pastikan blog Anda terbebas dari broken link dalam jumlah yang banyak.

Broken link disebabkan oleh beragam faktor; user salah mengetikkan URL, artikel dihapus, kesalahan server, author salah memasukkan link pada anchor text. Dengan memeriksa URL broken link melalui GWT, Anda akan mengetahui faktor penyebab terjadinya broken link.

Duplicate Content
Duplikasi artikel akan berdampak buruk pada blog Anda. Duplikasi artikel mencirikan kegiatan spam, dan spam merupakan musuh utama Google. Periksa blog Anda, pastikan tidak terdapat duplikasi artikel atau duplikasi URL pada index hasil pencarian Google Search.

Plugin SEO
Bagi Anda yang menggunakan platform WordPress self hosted, gunakan plugin SEO untuk menambah kuantitas SEO blog Anda. terdapat sekian banyak plugin SEO gratis yang bisa Anda gunakan sebagaimana saya ulas pada artikel Plugin WordPress Untuk Meningkatkan SEO Blog.

Hosting Terbaik Indonesia

5 comments

  1. Salisa Reply

    banyak juga ya komponen yang harus di siapkan, kalau untuk pemula seperti saya, baiknya mulai dari mana ketika akan mengoptimasi website? 🙂

  2. titopratama Reply

    makasih sob artikelnya, sya sdang mncari tutorial agr bisa menjadi no.1 di google

  3. norma Reply

    semoga bisa segera masuk halaman satu google setelah menerapkan tips ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *