Strategi SEO Untuk Blog dan Website

teknik seoSEO, sebagaimana yang sering saya singgung dalam sejumlah artikel, merupakan salah satu kaedah optimasi blog/website untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman penelusuran mesin pencari (Google, Bing, DuckDuckGo, dll). Semakin berkualitas kuantitas SEO suatu blog, maka semakin besar potensi untuk masuk ke halaman teratas search engine result page yang berujung pada tingginya volume trafik (bergantung pada popularitas keyword).

SEO memang bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan pengguna internet ke halaman weblog Anda. Selain menggunakan SEO, masih ada cara-cara lainnya yang dapat Anda tempuh, sebut saja melalui jejaring sosial, forum online, dsb.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Kendati trafik blog dapat dibangun tanpa SEO, namun secara keseluruhan SEO tetap menjadi salah satu faktor yang cukup dominan dalam proses peningkatan trafik blog. Artinya, metode mendatangkan pengunjung apapun yang Anda pilih, peran SEO tetap dibutuhkan. Dengan menerapkan teknik SEO secara natural dan terus memperkaya artikel secara reguler, maka volume trafik blog akan terus mengalami peningkatan.

Emplementasi SEO harus dilakukan secara terukur. Anda harus mengetahui dasar-dasar dari SEO itu sendiri agar blog yang ingin Anda optimasi nantinya tidak menjadi over optimasi. Ada batasan-batasan tertentu yang harus Anda ketahui berkaitan dengan penerapan SEO pada website atau blog Anda. Selain itu, konsep SEO juga menjadi sangat penting sebelum Anda mulai menerapkan teknik SEO tertentu di blog yang ingin Anda kembangkan.

Sebagaimana yang saya singgung dalam posting strategi optimasi blog; strategi optimasi blog tahap I, strategi optimasi blog tahap II, dan strategi optimasi blog tahap III, pada dasarnya SEO hanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Namun, pada proses penerapannya kedua tipe SEO ini cukup menyita waktu dan banyak hal yang harus Anda kerjakan selaku blogger/webmaster.

Search Engine Optimization (SEO) bisa diterapkan tentunya apabila Anda memiliki blog/website yang memuat sejumlah artikel. Lalu apa yang harus dipersiapkan sebagai bagian dari strategi SEO? Berikut kronologi penerapan SEO yang harus Anda ketahui sebelum melangkah ke fase lebih lanjut.

Reset kata kunci (keyword) – Sebagai pemilik blog, kreativitas kita dalam menulis memang tidak memiliki batasan, akan tetapi untuk orientasi komersil Anda harus memilih keyword dengan jumlah pencarian terbanyak. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan jumlah pengunjung ke blog sehingga nantinya dapat di konversi menjadi penghasilan online.

Bagaimana cara memilih/reset keyword yang tepat?

Gunakan tool reset keyword yang sudah teruji, dalam hal ini Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner (Google tool), Ubersuggest, Wordtracker, dll. Pilihlah keyword dengan jumlah pencarian bulanan minimal pada kisaran puluhan ribu (terkecuali untuk keyword yang memiliki niliai CPC tinggi).

Kualitas artikel – Menulis artikel berkualitas memang lumayan menyita waktu, akan tetapi ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam pengembangan SEO sehingga Anda tidak boleh mengesampingkannya. Artikel berkualitas dengan dasar pemilihan keyword yang tepat adalah “the main gun” untuk mendatangkan trafik tinggi.

Seperti apa artikel berkualitas itu?

Konteks berkualitas merujuk pada lingkup blogging dan SEO, artikel tersebut harus panjang (minimal 500 kata), ditulis dengan menggunakan tag (tanda struktur laman website/blog), menempatkan keyword didalam artikel, deskriptif serta berguna bagi pengunjung.

Kualitas media – Website/blog harus memiliki struktur laman yang SEO friendly. Struktur laman blog yang rapi akan memudahkan spider search engine untuk merayapi isi blog Anda secara menyeluruh dalam kurun waktu yang relatif cepat, selanjutnya konten dalam blog Anda akan dimasukkan kedalam pusat data Google yang nantinya akan disajikan kepada para pengguna internet yang membutuhkannya jika artikel di blog Anda dinilai memiliki nilai relevansi tinggi.

Apa yang harus dilakukan supaya blog Anda lebih SEO friendly?

  • Gunakan template yang ringan (fast loads).
  • Hindari menggunakan template yang memuat banyak script error.
  • Minimalisir penggunaan Javascript yang kurang penting.
  • Buatlah struktur laman template yang lebih bermuatan SEO (akan saya bahas pada posting berikutnya).
  • Membuat meta description & keyword.

Link building – Membangun backlink adalah salah satu aktivitas off-page yang cukup prioritas berkaitan dengan strategi SEO. Setiap blog membutuhkan voter untuk bisa menduduki peringkat yang lebih baik di hasil penelusuran search engine. Semakin banyak backlink, maka voter blog Anda semakin banyak dan secara teori akan lebih berpeluang untuk masuk top 10 Google search.

Dalam menanam backlink, yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari backlink tersebut. Tidak semua backlink (voter) itu baik untuk blog Anda. Backlink-backlink tersebut harus berasal dari weblog yang memiliki reputasi, relevan dengan tema blog Anda, dst. Selengkapnya, silakan baca artikel teknik cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Membangun popularitas di social media – Popularitas suatu blog di situs-situs social media, seperti Linkedin, Digg, Facebook, Twitter, Google Plus memberikan dampak yang sangat signifikan dalam proses pemeringkatan blog tersebut di search engine.

Realitas SEO pada masa sekarang menuntut blogger untuk membangun popularitas blog mereka di situs social media/social network mengingat ia dijadikan sebagai salah satu materi pengukur oleh algoritma search engine, seperti Google.

Beberapa kiat untuk membangun popularitas blog Anda di situs social media, diantaranya:

  • Carilah teman sebanyak mungkin dengan minat yang sama, kemudian sosialisasikan artikel di blog Anda ke mereka.
  • Join komunitas yang memiliki topik sesuai isi blog Anda.
  • Buatlah Facebook fans Page, Google Page, dll.
  • Pasanglah widget share di blog Anda.
  • Jika Anda punya waktu luang, tidak ada salahnya untuk lebih aktif.

Hindari spam! – Jangan melakukan spam dalam bentuk apapun. Spam adalah musuh utama search engine, artinya semakin sering Anda melakukan praktik spam, maka sama halnya dengan menjadikan search engine sebagai musuh blog Anda.

Hosting Terbaik Indonesia

14 comments

  1. Dee Reply

    Thank you for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your
    next write ups thanks once again.

  2. Arzam Reply

    yang di maksud dengan “over optimasi” itu apa ya? ukuran over optimasi itu sampai bagaimana? terima kasih. 🙂

  3. Fery Reply

    Saya masih perlu banyak membaca lagi mengenai SEO blog, thanks gan infonya

  4. puput putri Reply

    bagus banget artikelnya mas, cocok ini buat pemula kayak saya ini…lanjut terus ya mas update artikel blogging lainya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *