Strategi Cara Optimasi Blog Tahap III

Strategi Cara Optimasi Blog Tahap III - bloggerlamongan.comStrategi cara optimasi blog tahap I dan tahap II mengulas sejumlah langkah-langkah dasar untuk mengoptimasi sebuah blog. Strategi cara optimasi blog tahap III merupakan rangkuman dari cara optimasi blog tahap I dan tahap II. Strategi cara optimasi blog tahap III ni berupa upaya penyempurnaan dari emplementasi kedua tahapan optimasi sebelumnya.

Sejalan dengan penerapan teknik opatimasi tahap III mestinya blog Anda sudah mulai mendapatkan trafik dari search engine. Volume trafik memang belum berada pada angka maksimal, namun normalnya harus ada peningkatan trafik secara berkelanjutan sampai batas tertentu.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang strategi optimasi tahap III, perlu digarisbawahi bahwa berapa jumlah maksimal pengunjung yang dapat diraih blog Anda bergantung pada sejumlah faktor, termasuk sempurna-tidaknya penerapan teknik optimasi yang Anda lakukan pada tahap I dan tahap III.

Untuk blog baru, tinggi-rendahnya trafik sangat bergantung pada kompetisi keyword dan kepadatan konten. Jika Anda memilih keyword low competition dan hasil pencarian bulanan keyword tersebut lumayan tinggi, maka besar kemungkinan blog baru Anda lekas mendapatkan trafik tinggi dalam kurun waktu yang relatif singkat.

Potensi untuk mendapatkan trafik tinggi tetap terbuka meskipun Anda memilih keyword dengan hasil pencarian bulanan yang rendah, dengan catatan Anda sudah memposting banyak artikel. Misalkan 30-40 artikel atau bahkan lebih. Dalam hal ini tentunya artikel yang Anda publish bukan artikel trending, seperti berita, gosip, dsb.

Untuk proses penyempurnaan strategi cara optimasi blog tahap I dan tahap II, berikut beberapa langkah optimasi seterusnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kuantitas optimasi :

Menjaga frekuensi update

Ketika trafik blog Anda mulai memperlihatkan peningkatan, jangan membiarkan blog Anda fakum tanpa update artikel dalam kurun waktu yang relatif lama. Usahakan Anda tetap memposting artikel secara reguler, minimal 1x dalam seminggu.

Maksimalkan popularitas blog Anda di situs-situs jejaring sosial

Strategi SEO pada masa sekarang ini tidak lepas dari peran situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Google+, dll. Bangunlah sebuah komunitas/jaringan di situs social networking sebagai sarana untuk sosialisasi artikel blog dan meningkatkan popularitas blog Anda.

Evaluasi blog Anda

Biasanya dalam proses optimasi blog yang dalam hal ini dilakukan melalui tahapan demi tahapan terdapat kesalahan-kesalahan tertentu diluar kesadaran kita, seperti keyword density, link error, duplicate title, dll. Lakukan evaluasi untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang dapat mengurangi kuantitas SEO blog Anda.

Buatlah redirect link error

Link error tidak selalu disebabkan kesalahan Anda selaku pemilik dan pengelola blog. Link error juga bisa terjadi ketika visitor salah mengetikkan URL. Untuk menyiasati hal ini buatlah redirect link error agar tidak mempengaruhi reputasi blog Anda dihadapan search engine.

Tingkatkan interaksi Anda dengan pembaca

Tingkatkan interaksi Anda dengan para pengunjung. Dorong para pengunjung untuk meninggalkan komentar dengan bekal artikel berkualitas, balas komentar mereka, postinglah artikel yang memberikan solusi pada pengunjung, dsb. Jika artikel yang Anda tulis dianggap menarik dan bermanfaat, tentunya mereka tidak akan keberatan untuk membagikan artikel tersebut.

Lakukan link building secara natural dan konsisten

Terus perbanyak backlink blog Anda dengan melakukan link building secara natural dan konsisten. Dapatkan backlink dari weblog yang memiliki pagerank tinggi untuk meningkatkan serta menjaga konsisteni ranking blog Anda di SERPs.

Hindari merubah niche / tema blog

Konsistensi niche atau tema sangat penting. Merubah tema blog Anda pada saat blog tersebut sudah mendapatkan peringkat bagus dan jumlah artikel juga sudah cukup banyak akan menyulitkan masa depan blog tersebut, bahkan hal ini membuka peluang untuk terkena penalty (hukuman) dari search engine. Tetap pertahankan niche awal blog Anda agar peringkat dan trafik blog tetap konsisten.

Hosting Terbaik Indonesia

14 comments

  1. Abdul Muhajir Reply

    kalau pada awalnya niche blogger tapi setelah dibanned adsense saya tambahkan beberapa kategori seperti komputer dan software ya jadi gado gado juga.

  2. UTM Reply

    Berarti jika kita ingin menaikan rating website tidak bisa semudah dan secepat masak mie instan ya, butuh kesabaran dan penahan nafsu agar tidak kebablasan kasih backlinknya. terimakasih informasinya mas

  3. Yudiati Fauziah Reply

    blog saya juga masih berumur 2 bulan kurang, rasanya sulit meningkatkan traffic seperti ini..btw, thanks atas info nya gan..

    • Din Tok Post authorReply

      Dua bulan launched tidak cukup untuk mendongkrak trafik blog, tetap fokus posting artikel dan harus lebih bersabar.

  4. Jufri Reply

    Saya sudah baca mulai dari tahap I sampai tahap III, artikelnya sangat membantu..

  5. riski Reply

    semuanya kembali lagi kekualitas kontent, seo cuma membantu maksimalin mesin pencari..

  6. atta Reply

    Melakukan evaluasi blog menurut saya cukup sulit, karena saya harus memahami SEO dulu ya gan?

  7. Narno Reply

    Hadeeeh,,, Udah pake berbagai cara, tetep aja ya sekarang ini sangat sulit, terlalu banyak persaingan diluaran sana.
    dulu awal ngeblog tahun 2008 baru aja 3 artikel pengunjungnya udah tembus 20 pengunjung perhari, Lah sekarang mulai blog baru dengan artikel udah nyampe 25 artikel dalam beberapa bulan, 1 pun gak ada pengunjung kecuali dari klik sendiri.
    padahal kalo di tes di gooogle muncul dihalaman utama pencarian.

  8. www.berwirausaha.net Reply

    saya pernah bereksperimen dengan membuat situs asal asalan tanpa memperdulikan seo bahkan untuk struktur data testing tool saja tidak lolos,…
    satu satunya seo yang saya lakukan hanyalah membuat konten berkualitas setiap hari , dan mendfaftarkn ke webmaster tool, sambil submit setiap ngepos,..
    alhasil 3 bulan berjalan visitor saya bisa mencapai 25 sampai 50perhari…
    untuk yang tidak percaya bisa klik nama pada komentar ini, disana saya sudah pasangkan alexa widget untuk membuktikan jika anda tidak percaya

    sedangkan situs satunya saya benar benar perhatikan seo nya mulai dari hal terkecil dan hasinya selama 6 bulan pengunjung saya hanya bisa mentok diangka 250 visitor perhari…
    sama saja kan? ini membuktikan jika seo bisa berguna jika dimanfaatkan dengan tepat…tapi juga bisa tidak berguna sama sekali…!! jadi stop membuang buang waktu hanya memikirkan seo…

  9. daffa hermanto Reply

    sangat membantu nih, tinggal sayanya yang ahrus gerak. timakasih master

  10. junas Reply

    artikelnya sangat membantu untuk para newbie.. mantaaaappp…terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *