Strategi Cara Optimasi Blog Tahap II

strategi optimasi blog tahap IIArtikel ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya, cara optimasi blog tahap I. Pada artikel strategi optimasi blog tahap I sudah dijelaskan sejumlah langkah-langkah mendasar untuk mulai mengoptimasi blog yang diawali dengan memperkenalkan blog ke search engine, memilih template SEO friendly, memperhatikan tata cara menulis artikel sesuai standar SEO on-page, dll.

Optimasi blog merupakan sebuah kegiatan yang berkelanjutan. Meskipun dalam kurun waktu tertentu Anda sudah melakukan berbagai macam upaya optimasi, bukan berarti diwaktu-waktu berikutnya Anda tidak perlu lagi melakukan optimasi. Optimasi tetap harus dilakukan sesuai kebutuhan blog agar tetap bisa besaing dengan blog-blog lain yang tentunya pemiliknya juga melakukan hal yang sama.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Teknik optimasi blog yang tepat dalam penerapannya adalah optimasi yang dilakukan secara konsisten, dan disisi lain tidak berlebihan atau yang sering dikenal dengan istilah over optimization. Tentu perlu dilakukan penjadwalan dan tetap memperhatikan batas-batas tertentu agar rutinitas optimasi yang Anda lakukan tidak mengakibatkan blog Anda terkategorikan sebagai blog yang over optimasi.

Melakukan optimasi berkaitan dengan maksud untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda melalui search engine merupakan sebuah keharusan. Sebagaimana yang sering saya singgung pada beberapa artikel terkait sebelumnya, bahwasannya bekal artikel saja masih belum cukup untuk bisa meningkatkan trafik blog. Selain mengandalkan artikel, pada saat yang bersamaan Anda juga harus mengoptimasi halaman blog Anda, baik halaman home maupun halaman posting. Dengan adanya serangkaian kegiatan optimasi yang Anda lakukan, maka artikel yang Anda publish berpotensi untuk masuk dalam daftar hasil telusur teratas Google Search dan berujung pada meningkatnya kunjungan di blog Anda.

Strategi optimasi blog tahap I lebih memberikan penekanan pada proses pengenalan blog pada mesin pencari dengan melakukan verifikasi pendaftaran, mengirimkan peta situs, dst. Kemudian, setelah blog bersangkutan dikenal dengan baik oleh mesin pencari, maka kita perlu melakukan serangkaian upaya optimasi susulan guna membuka peluang dalam 1-2 bulan mendatang bisa masuk ke urutan teratas (top search results) hasil pencarian mesin pencari. Langkah-langkah optimasi tahap II antara lain :

Membuat Feed blog
Pembuatan real simple syndication atau RSSĀ Feed bertujuan untuk memudahkan para pembaca blog Anda untuk berlangganan artikel. Dengan menjadi pelanggan RSS Feed blog Anda, mereka akan mendapatkan notifikasi secara otomatis jika Anda memposting artikel baru. Untuk membuat feed blog, silakan gunakan feedburner. Buka tautan berikut http://feeds.feedburner.com.

Daftarkan blog Anda ke situs directory
Carilah list situs directory yang memiliki reputasi. Ada banyak sekali situs-situs directory gratis yang bisa Anda manfaatkan, namun sebaiknya Anda fokus pada situs directory yang memiliki pagerank tinggi, seperti DMOZ.

Mulai eksis di forum
Buatlah akun di forum online, kemudian mulai aktif pada room yang topiknya relevan dengan isi blog Anda. Selain mendapatkan backlink, Anda juga akan mendapatkan direct traffic dari forum tersebut. Beberapa forum online lokal yang bisa Anda gunakan diantaranya KasKus, Kompas, Viva, dan Detik.

Perkenalkan diri Anda dengan blogger lain
Jika Anda punya waktu senggang, tidak ada salahnya Anda blogwalking. Tinggalkan komentar yang relevan di blog tersebut. Jika komentar Anda berkesan, tentunya yang bersangkutan tidak akan keberatan untuk berkunjung ke blog Anda, dan disisi lain sosialisasi Anda berbuah hasil.

Perbanyak artikel
Usahakan untuk meningkatkan produktivitas. Ini bukan semata-mata untuk memperbanyak jumlah artikel, tetapi juga bertujuan untuk mendongkrak posisi blog Anda di SERPs, karena Google memberikan hasil telusur bukan hanya berdasarkan relavansi pencarian, disisi lain Google juga mempertimbangkan tingkat kepadatan konten pada blog bersangkutan.

Temukan ide menulis yang kreatif
Anda bisa menulis tentang apa saja, tapi pada dasarnya seorang blogger itu harus kreatif jika ingin berhasil. Temukan topik yang unik untuk meningkatkan volume trafik blog Anda secara maksimal.

Pasang widget langganan artikel pada posisi yang strategis
Return visitor atau pengunjung tetap sangat berdampak baik bagi kelangsungan blog Anda dihadapan search engine berkaitan dengan rivalitas di SERPs. Pasanglah widget subscriber/langganan artikel pada posisi yang strategis untuk memaksimalkan jumlah subscriber RSS Feed blog Anda.

Jangan melakukan spam
Spam adalah sebuah kegiatan ilegal yang harus Anda hindari dalam kondisi apapun, terlebih lagi jika Anda ngeblog menggunakan paltform Blogger. Tim Blogger dapat menghapus blog Anda sewaktu-waktu ketika Anda didapati melakukan tindakan spamming.

Hosting Terbaik Indonesia

9 comments

  1. reklama Reply

    Attractive part of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to say that I acquire in fact loved account your weblog posts.
    Anyway I will be subscribing for your feeds and even I achievement
    you get admission to consistently fast.

  2. Jamil Reply

    Biasanya untuk dapat backlink dari sosbok pringkat tinggi butuh brpa lma? Soalnya sya submit d bbrp sosbok tpi backlink gk ada, trafick pun juga gk ada..

  3. Rafli Reply

    Newbie sangat membutuhkan hal semacam ini, terutama blog perdana saya yang masih terlihat jauh atau belum terdeteksi oleh Seo, sudah ada beberapa artikel yg saya poskan. Pertanyaan saya apa hal pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan visitor , mohon bimbingannya.

  4. Blogspot Mania Reply

    Salah satu problem para blogger adalah soal visitor. Optimasi blog agar bisa mendatangkan visitor sangatlah bermanpaat.

  5. tamvan Reply

    Gan, apakah maksudnya spamming itu berkomentar dengan mencantumkan link aktif?

  6. puji Reply

    jadi pengen ngeblog lagi sudah setahun berhenti ngeblog dan setelah saya lihat ternyata sudah sedikit ramai 300 san /hari treus bagaima ni kedepanya ya mohon bimbingan

  7. Omahblog Reply

    saya masih newbi nih, artikel udah sekitar 30an, tapi pengunjung masih aja kisaran 20 -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *