Strategi Cara Optimasi Blog Tahap I

Strategi Cara Optimasi Blog Tahap I - Bloggerlamongan.comAgar blog Anda dapat dikenal oleh search engine dan bisa mendapatkan banyak pengunjung, maka Anda harus melakukan optimasi. Optimasi blog sebagaimana yang saya singgung pada artikel cara membuat artikel SEO friendly terbagi menjadi dua tipe optimasi. Optimasi pertama dikenal dengan istilah optimasi on-page, dan tipe optimasi yang kedua disebut dengan optimasi off-page.

Optimasi on-page adalah sebuah kegiatan untuk mendongkrak posisi blog Anda di SERPs yang dilakukan dalam lingkup blog itu sendiri. Beberapa aktivitas blogging yang mencirikan optimasi on-page diantaranya adalah menggunakan template SEO friendly, memilih title blog yang relevan dengan konten blog, memasang meta deskripsi dan meta keyword, dll.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Optimasi off-page berupa kegiatan optimasi blog yang dilakukan diluar lingkup blog. Baik optimasi on-page maupun optimasi off-page keduanya sama-sama memiliki peranan penting. Optimasi on-page dapat berbuah hasil maksimal apabila optimasi off-page juga dilakukan secara maksimal. Untuk bisa meningkatkan trafik blog secara signifikan kedua model optimasi ini saling terkait rapat antara satu sama lain.

Optimasi blog untuk jenis off-page relatif menyita banyak waktu, terlebih lagi untuk blog yang baru saja selesai dibuat, baik untuk blog yang dibangun menggunakan platform Blogger, WordPress, Drupal maupun platform blog lainnya. Pada fase ini Anda dituntut untuk lebih aktif guna mempresentasikan blog Anda kepada search engine.

Optimasi off-page identik dengan link building (membangun backlink). Bentuk-bentuk optimasi off-page cukup beragam, namun tipe optimasi yang satu ini tidak lepas dari kegiatan link building. Backlink berfungsi sebagai voter untuk membantu blog Anda muncul dihalaman teratas search engine sehingga tanpa berbekal backlink dalam jumlah yang memadai blog Anda akan kesulitan untuk bersaing dengan blog-blog lain, terkecuali keyword yang Anda bidik berupa keyword low competition (rendah persaingan).

Meskipun dalam beberapa bulan terakhir ini Google sering memberikan gambaran bahwa optimasi blog atau website tidak lagi bergantung pada kuantitas backlink, faktanya backlink masih menjadi satu dari ratusan unsur penunjang terpenting dalam proses optimasi, dengan catatan backlink tersebut dibangun dengan kondisi sebagai berikut:

  1. Backlink didapat dari weblog yang memiliki reputasi (bukan weblog spam).
  2. Backlink didapat dari blog yang memiliki relevansi niche/tema dengan blog Anda.
  3. Backlink bersifat one way backlink (bukan link exchange).

Link building yang tepat, setidaknya harus memenuhi tiga kriteria diatas. Dalam melakukan link building, yang harus jadi prioritas Anda adalah kualitas, dan bukan kuantitas.

Strategi optimasi blog yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan, konsep optimasi blog sebenarnya sudah harus Anda persiapkan jauh hari sebelum blog tersebut Anda buat agar nantinya proses optimasi dapat diterapkan dengan lebih efektif dan terstruktur. Bentuk-bentuk teknik optimasi yang Anda terapkan juga akan menentukan maksimal-tidaknya hasilnya, dan dalam hal ini saya ingin menekankan kepada Anda supaya tidak menggunakan teknik optimasi yang menyimpang, seperti spamming, manipulatif, dan jenis-jenis optimasi blackhat lainnya.

Berikut langkah-langkah optimasi blog untuk blog yang baru dibuat. Anda tidak dianjurkan untuk melanjutkan membaca jika blog Anda sudah cukup berusia.

  • Pilihlah judul blog yang mengandung keyword (kata kunci).
  • Masukkan keyword pada baris pertama meta deskripsi.
  • Buatlah meta deskripsi yang memuat frasa dari keyword utama.
  • Buatlah meta keyword yang relevan dengan judul dan meta deskrispi.
  • Gunakan template yang ringan.
  • Daftarkan blog Anda ke search engine (Google Webmaster, Bing Webmaster, dll).
  • Submit sitemap blog Anda ke search engine.
  • Hubungkan blog Anda dengan situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dll).
  • Buatlah artikel pilar (10-15 artikel).
  • Submit artikel di blog Anda ke situs social bookmark (pilih social bookmark dofollow, min. PR 3).

Pemilihan judul blog sebenarnya tidak harus mengandung keyword, akan tetapi hal ini dapat mempermudah search engine untuk mengklasifikasikan konten blog Anda, terlebih lagi jika judul dan konten blog cukup relevan.

Memasukkan keyword pada baris pertama meta deskripsi bertujuan untuk memberikan penekanan pada keyword utama dari niche yang Anda bidik, tentunya keyword tersebut harus relevan dengan konten blog secara keseluruhan.

Maksimalkan fungsionalitas meta deskripsi dengan melakukan frasa. Jika Anda melakukan frasa keyword dengan sangat baik kedepannya blog Anda cukup berpotensi untuk menduduki top 5 Google Search. Hal ini dikarenakan masing-masing keyword saling memberikan penekanan pada keyword utama dan konten.

Buatlah meta keyword yang relevan dengan judul dan meta deskrispi. Meta keyword yang tepat dapat menunjang aktivitas optimasi off-page yang Anda lakukan dengan variasi link anchor yang relevan.

Template memberikan andil besar berkaitan dengan optimasi yang Anda lakukan. Jangan hanya mementingkan tampilan dinamis, gunakan template yang ringan. Sebagaimana direkomendasikan oleh matt cutts (kepala tim pencegahan spam Google), optimasi situs web tidak lepas dari loading situs web tersebut.

Meskipun search engine dapat melacak keberadaan blog Anda, bukan berarti Anda harus diam dan menunggu mereka datang. Supaya search engine dapat menemukan blog Anda secara lebih cepat, silakan datangi search engine tersebut.

Agar kedepannya search engine dapat mengenal blog Anda dengan lebih baik, pastikan setelah Anda melakukan verifikasi pendaftaran Anda juga turut mengirimkan sitemap (peta situs) di search engine bersangkutan.

Popularitas blog Anda di situs-situs social networking dapat membantu pemeringkatan blog Anda pada hasil telusur mesin pencari. Wacana ini merupakan satu dari sejumlah perubahan pada algoritma mesin pencari, terutama Google. Hubungkan blog Anda dengan akun jejaring sosial Anda untuk mendapatkan backlink dan direct traffic dari situs jejaring sosial tersebut.

Buatlah artikel pilar untuk mendongkrak serta menjaga stabilitas trafik blog. Artikel pilar adalah artikel yang menuntut perlakuan khusus (optimasi lebih). Dalam proses pengembamgan blog, biasanya tidak semua artikel mendapatkan kunjungan yang sama, oleh karena itu Anda membutuhkan artikel pilar untuk menghindari kemungkinan kehilangan visitor dalam jumlah yang cukup banyak.

Blog baru tentunya masih miskin backlink serta popularitas. Usai Anda memposting artikel, silakan submit artikel tersebut ke situs-situs social bookmarking untuk mendapatkan backlink dan direct traffic. Usahakan Anda memilih situs social bookmarking dofollow dan memiliki Google Pagerank tinggi.

Hosting Terbaik Indonesia

28 comments

  1. ko Reply

    Kami segenap TIM Indotophosting.com dengan ini mengadakan Kontes SEO 2014 dengan total hadiah sebesar Rp 6.200.000,- bagi anda yang memeunyai kemampuan seo jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menguji kemapuan SEO anda dan nikmati hadiah yang kami berikan..

    Hadiah RP 6.2juta dengan Rincian :

    Juara 1 Rp 1.500.000,- + Com/Org/Net/Biz + Hosting 5 GB
    Juara 2 Rp 1.000.000,- + Com/Org/Net/Biz + Hosting 2 GB
    Juara 3 Rp 500.000,- + Com/Org/Net/Biz + Hosting 1 GB
    Juara 4 – 5 Rp 100.000,- + Web id + Hosting 750 Mb
    Juara 6 – 10 Rp 50.000,- + Hosting 500 Mb
    Juara 11 – 15 Rp 20.000,- + Hosting 250 Mb
    Juara 16 – 20 Rp 10.000,- + Hosting 100 Mb

    http://indotophosting.com/2014/06/03/kontes-seo/

  2. tutorial seo Reply

    wah serba lengkap tipsnya ya kang ,buat blog pemula seperti blog aku sangat bermanfaat sekali semua tips akan segera kita terapkan di blog aku,thanks atas infonya

  3. blogsseo.com Reply

    terima kasih kang dari semua isi artikelnya dan strategi optimasi blog yang baru aku kelola sudah saya buat seperti panduan di atas kedepannya semoga berkat bantuan artikel ini blog yang saya kelola bisa tampil di mesin pencari secara memuaskan

  4. Uchu Reply

    Wah lengkap pembahasannya sangat bermanfaat, apa alamat blog dengan judul blog berbeda sangat berpengaruh?.

  5. hyden Reply

    Blog saya masih berumur kira-kira1 minggu dan saya merasakan selalu kesepian karena pengunjung masih dalam hitungan jari sehingga galau hati ini. Saya memang membutuhkan artikel seperti ini dan sangat bersyukur bisa mendapatkan informasi tersebut di sini. Selanjutnya akan segera saya praktekkan.

    Terima kasih

  6. febby Reply

    Kadang saya timbul pertanyaan.. bagaimana cara mereka mengoptimasi blog yg lbh dri 10 yg d milikinya.. cara membangun backlink atau optimasi lainya apa harus sperti dibatas sluruhnya kah ?

  7. CepiThea Reply

    Artikelnya menarik, SEO blog menjadi salah satu faktor keberhasilah seorang blogger dalam membangun blognya. Saya memiliki artikel sejenis. Salam

  8. haris Reply

    web saya umurnya dah 1 th tapi jumlah pengunjungnya sedikit dan tidak terlihat di indeks google
    apa yang salah yah

  9. Fanks Reply

    Heum saya masih takpaham2 juga ngeblog….lemot deh….makasih gan pemasukkaannya…

  10. Jufri Reply

    Artikelnya sangat membantu, tapi sayang trafik blog saya setelah saya kasi aktif trafinya sangat kurang sekali

    • Fajrin Reply

      keluarkan sedikit uang gan untuk optimasi keyword low competition.

  11. Candra Reply

    Maksudnya artikel pilar itu artikel yang menjadi dasar dari blog tersebut ya?

    • Din Tok Post authorReply

      Artikel pilar adalah artikel utama (yang akan menyumbang banyak trafik)

  12. Herman Reply

    Mantap nich artikelnya. Aku baru membangun blog aku. Namun bagaimana cara membedakan blog spam itu?

  13. ali yahya Reply

    mantap gan, saya pemula masih miskin ilmu, miskin backling mohon bimbingannya

  14. kucluk Reply

    saya punya 10 artikeltapi kok sepiya

    beri tips dong gan

  15. syaiful haq Reply

    maksudnya Keyword itu apa ya apa sejenis link judul blog atau apa, mohon penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *