Rahasia SEO: Mengukur Trafik Blog Berdasarkan Keyword

trik seo blog terbaruProses optimasi blog identik dengan Search Engine Optimization atau SEO. SEO merupakan serangkaian proses optimasi merujuk pada pemeringkatan pada hasil telusur mesin pencari. Semakin baik posisi sebuah laman blog dalam hasil telusur mesin pencari, maka semakin banyak pula pengunjung blog bersangkutan.

Para praktisi SEO mengenal dua istilah terkait SEO, yakni SEO whitehat, dan SEO blackhat. SEO whitehat dikenal sebagai praktik SEO yang memenuhi standar etika optimasi weblog, sementara SEO blackhat merupakan praktik SEO yang dianggap sebagai praktik optimasi ilegal yang dicirikan dengan banyaknya aktivitas spam.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Kegiatan optimasi blog untuk menjadi nomor wahid di SERPs sebenarnya cukup beragam. Beberapa praktik optimasi blog mendasar yang mungkin saja Anda anggap sepeleh namun termasuk bagian terpenting diantaranya adalah mempublikasikan artikel berkualitas secara terjadwal, menggunakan template yang ringan, meminimalisir jumlah broken link, dsb. Praktik SEO tidak selalu merujuk pada aktivitas-aktivitas yang sifatnya menyulitkan.

SEO adalah sebuah persaingan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil index search engines. Karena sifatnya berupa persaingan, maka untuk bisa menerapkan SEO secara tepat hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa realitas persaingan tersebut. Faktor rivalitas terhadap konten setema akan menjadi salah satu poin terpenting untuk mengukur kesuksesan Anda menerapkan teknik SEO.

Semakin tinggi persaingan sebuah kata kunci (keyword), maka semakin banyak pula waktu yang harus Anda luangkan untuk melakukan optimasi mengingat Anda harus memenangkan sebuah kompetisi yang notabene sengit. Adapun tinggi-rendahnya sebuah kompetisi ditentukan oleh dua hal pokok, yaitu volume pencarian keyword, dan komparasi antara jumlah pencarian keyword dan penyedia konten (blogger)

Mengambil poin dari penjelasan singkat diatas, maka hakikat SEO (rahasia SEO) untuk memenangkan persaingan di hasil telusur mesin pencari ditentukan oleh dua hal pokok, yaitu volume pencarian, dan tingkat persaingan.

VOLUME PENCARIAN (KEYWORD)
Volume pencarian keyword adalah barometer berapa visitor blog Anda (secara maksimal) dengan menggunakan keyword tersebut. Jika Anda menginginkan trafik blog ribuan atau puluhan ribu visitor per hari, maka Anda harus menggunakan keyword dengan tingkat pencarian tinggi. Beberapa keyword yang memiliki tingkat pencarian tinggi diantaranya adalah kesehatan, gadget, internet, dsb.

Keyword dengan tingkat persaingan tinggi biasanya volume persaingannya rendah atau sedang. Sementara jika Anda memilih kata kunci berjumlah pencarian rendah, maka tingkat persaingannya tinggi atau sedang. Keyword berjumlah pencarian rendah biasanya dipilih blogger untuk membangun niche blog.

CARA RESET KEYWORD
Untuk mengetahui realitas persaingan dan jumlah pencarian sebuah kata kunci, Anda dapat menggunakan tool milik Google, yaitu Google Keyword Planner. Lebih lengkapnya, silakan baca artikel Cara Reset Keyword Untuk Membangun Profitable Blog.

Google Keyword Planner merupakan tool gratis yang disediakan oleh Google untuk member Google Adwords. Anda hanya perlu menyiapkan email Google Mail (GMail) untuk menggunakan tool tersebut.

TINGKAT PERSAINGAN KEYWORD
Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimasi blog Anda, maka pilihlah keyword dengan jumlah pencarian tinggi dan kompetisinya rendah. Opsi ini dapat Anda pilih jika Anda berniat membangun blog dengan cakupan bahasan yang lebih luas dan visitor blog pun relatif tinggi jika dibandingkan dengan niche blog. Namun, sisi kerugiannya tidak maksimalnya harga klik iklan apabila Anda memonetisasi blog tersebut menggunakan program periklanan berbasis Pay Per Click (PPC).

KESIMPULAN
Sesempurna apapun kita mengoptimasi sebuah kata kunci, tinggi-rendahnya trafik blog ditentukan oleh volume pencarian dan tingkat persaingan, dan itulah kunci SEO yang sesungguhnya.

TIPS MENGELOLA BLOG AGAR MENDAPAT BANYAK PENGUNJUNG DAN STABIL

Rajin post artikel
Buatlah artikel secara terjadwal. Jika Anda tidak punya waktu untuk memposting satu artikel per hari, maka postinglah satu artikel per dua hari.

Cek kesehatan blog
Periksa kesehatan blog Anda. Pastikan blog Anda bersih dari broken link karena broken link dalam jumlah terlalu banyak akan memberi masalah pada blog Anda. Submit blog Anda ke Google Webmaster Tools, dan pantau kondisi blog Anda melalui dashboard GWT.

Percepat loading blog
Bukan hanya baik di pengunjung, kecepatan waktu muat blog juga baik untuk SEO. Pilihlah template yang ringan (SEO friendly), hapus juga widget yang tidak penting agar kecepatan loading blog bisa optimal.

Hindari link building bermasalah
Optimasi blog memang tidak bisa lepas dari praktik link building. Membangun backlink adalah salah satu teori SEO paling pokok, namun membangun backlink harus dilakukan secara manual dan natural.

Hosting Terbaik Indonesia

2 comments

  1. Irfan Firdaus Reply

    Saya sering riset keyword tapi selalu saja tidak sesuai harapan ini kenapa yahh, padahal artikelnya sudah saya optimasi …

    • Din Tok Post authorReply

      Tujuan dari reset keyword adalah untuk mengukur popularitas dan tingkat persaingan keyword. Jika hasilnya tidak sesuai yang Anda mau, maka itu artinya ada yang Anda lewatkan. Mungkin Anda kurang mencermati tingkat persaingan keyword tersebut atau Anda memilih keyword dengan volume pencarian rendah sementara persaingannya tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *