Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

penyebab blog sepi visitorArtikel memang menjadi bekal terpenting untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah blog dalam mendatangkan visitor, namun sebagaimana yang sering saya singgung lewat sejumlah post tentang teknik optimasi blog dan strategi SEO, bahwasanya terdapat sekian banyak faktor penentu lainnya yang turut menyertai. Artikel tidak dapat dijadikan sebagai modal tunggal untuk meningkatkan pengunjung blog Anda.

Secara teknis, blog yang dipadati konten memang lebih berpeluang untuk dibanjiri trafik, akan tetapi hal tersebut masih berkaitan rapat dengan sejumlah faktor pendukung lainnya. Sebuah kasus, saya punya dua buah blog. Salah satu blog saya berisikan banyak konten, dan satunya lagi hanya berisikan beberapa artikel, dan ternyata blog yang hanya berisikan beberapa artikel justru pengunjungnya jauh lebih banyak.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Sebelum ke inti permasalahan, “kenapa blog sepi pengunjung padahal banyak artikel” terlebih dahulu saya ingin menekankan kepada para sahabat blogger (newbie) bahwasanya tulisan di blog itu dibedakan menjadi sekian jenis.

1. Berita

Konten berjenis berita tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk artikel. Selain itu, berita juga bersifat trending yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu (singkat).

2. Artikel trending

Artikel trending punya durasi pencarian yang lumayan panjang. Artikel trending biasanya dibutuhkan orang dalam jangka waktu beberapa bulan.

3. Artikel long term

Tipe artikel yang benar-benar dibutuhkan orang dalam jangka waktu panjang atau bahkan tidak ada masa kadaluarsanya. Contoh, cara membuat blog, tips bisnis online, cara mendapatkan uang dari blog, dll.

Tipe artikel yang Anda tuangkan di blog sangat menentukan volume serta konsistensi trafik blog tersebut. Jika Anda mengelola blog secara personal (sendirian), maka idealnya Anda cukup menulis artikel yang bersifat long term. Jenis-jenis konten dengan durasi pencarian singkat mengharuskan Anda untuk memposting banyak artikel setiap saat mengingat target trafik yang Anda bidik adalah trending.

Dalam skala tertentu, membuat blog itu tidak jauh berbeda dengan mendaftar akun di situs jejaring sosial. Sisi perbedaannya terlatak pada ‘optimasi’, karena untuk dapat mendatangkan pengunjung setiap blog membutuhkan kuantitas optimasi, dan disinilah terkadang yang justru menjadi kunci permasalahan yang tidak disadari oleh sebagian besar blogger (pemula).

Untuk menciptakan sebuah blog yang punya kualitas dihadapan search engine membutuhkan konsep yang jelas dan proses implementasi yang merujuk pada tindakan optimasi harus berjalan sesuai syarat dan kebijakan pedoman Webmaster. Kesalahan yang Anda lakukan selaku pengelola blog dapat merusak citra blog Anda dihadapan mesin pencari dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk menghasilkan profit dari blogging, tidak sedikit waktu yang harus Anda luangkan, dan tentunya saya yang notabene juga seorang blogger sangat berharap agar Anda para sahabat blogger tidak membuang waktu dengan sia-sia, menulis banyak artikel tanpa profit yang sebanding lantaran gagal mendatangkan pengunjung sesuai target. Berikut analisa sekaligus fakta beberapa penyebab blog sepi pengunjung walaupun banyak posting.

Kesehatan blog

Kesehatan blog amat menentukan volume trafik. Kesehatan blog meliputi banyak aspek, mulai kualitas artikel, duplicate title, unnatural link, broken link, dll.

Tema blog

Setiap tema memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Jika Anda masih pemula, maka sebaiknya hindari memilih tema dengan tingkat persaingan tinggi.

Backlink

Kendati Google dan sejumlah mesin pencari kenamaan lainnya terus berusaha menyempurnakan algoritma masing-masing, tetap saja backlink merupakan bagian dari bekal pokok untuk mendatangkan trafik. (baca: cara membangun backlink mudah dan cepat untuk blog baru)

Pengaruh situs sosial media

Sebagaimana yang sudah sempat saya singgung pada artikel cara agar blog banyak pengunjung, Google menggunakan lebih dari 200 indikator selama proses pemeringkatan laman web, dan salah satunya adalah tingkat popularitas blog bersangkutan di situs social media.

Salah memilih template

Gunakan template blog dengan struktur laman yang baik. Struktur template bermasalah akan mempersulit proses crawling oleh spider bot mesin pencari dan hal ini akan berimbas pada tidak maksimalnya trafik blog.

Jarang posting artikel

Beberapa waktu lalu, Matt Cutts sempat membuat pernyataan “Google Tidak Mementingkan Update”, entah Anda sepaham dengan saya atau tidak, tapi menurut saya blog yang sering diberi penyegaran (di update) ย jauh lebih berpeluang untuk didatangi pengunjung melalui Google Search.

Over optimasi

Melakukan optimasi secara tidak beraturan atau yang lebih familiar dengan sebutan over optimization justru dapat ย merusak citra blog Anda. Optimasi harus dilakukan dengan cara-cara yang sehat serta terkesan natural. Seperti halnya link building, menanam backlink menjadi sebuah keharusan akan tetapi jika proses penerapannya berlebihan, maka hal ini dianggap sebagai tindakan spam yang dapat menurunkan peringkat blog di SERP.

Hosting Terbaik Indonesia

41 comments

  1. farid Reply

    hmmm
    pntesan, punya ane kyanya yg trakhir dh, over optimasi, akhirnya mlah semrawut,. ๐Ÿ˜€
    mkasih infonya,.keep posting

  2. yandi Reply

    blog sepi pengunjung meskipun banyak artikel berarti belum memaksimalkan kata kunci dan rajin blogwalking menurut saya, terima kasih sudah berbagi

  3. fxmantap Reply

    Luar biasa! Sangat membantu untuk saya ., masih pemula hwhe sukses gan!

  4. nurikedotcom Reply

    kebetulan nich, lagi nyari info tentang traffik website,
    salam kenal dari nurike.com
    thanks admin.

  5. bespe Reply

    Idealnya sehari berapa artikel yang musti di buat mastah?

    • Din Tok Post authorReply

      Berdasarkan pengamatan saya, sebenarnya yang lebih penting bukan kuantitas, tapi frekuensinya. Artinya, satu artikel per hari sudah sangat bagus apabila Anda melakukannya secara konsisten.

  6. siti Reply

    artikelnya sangat membantu. saya akan segera praktekan

  7. Acik Reply

    wah gan ini nih masalah ane, karena ane pemula jd masih hrs banyak belajar tentang blog utaanya tentang seo, template dan backlink

  8. mas teguh Reply

    kebiasaan saya ngutak atik template sering membawa dampak buruk pada trafik blog..setiap abis service template, trafik anteng nggak ada respon, harus share artikel baru ada pergerakan..mungkin ini bisa jadi salah satu kendala blog sepi pengunjung..semoga ide ini bisa di terima

  9. Micko Reply

    Saya tetap saja kesulitan mendatangkan trafik sampai saya hendak berputus asa. Padahal saya sudah banyak mencoba tips2 dari blog blog tutorial. Sebenarnya ada yang membuat hati ini makin galau, blog dg banyak konten terkadang masih kalah dg blog memiliki beberapa biji konten dalam meraih trafik. Kesimpulan saya adalah, inti dari sumber trafik organik yg melimpah adalah karena konten yang mampu duduk di page 1 serp meskipun hanya 1 biji artikel. Tapi sayangnya saya blm nemu formula yang tepat untuk menuju page 1 serp. GALAU.

  10. Sepi Reply

    kalau ane mungkin masalah pagerank gan, masih baru ๐Ÿ˜€

  11. Mbahkung Reply

    Sangat inspiratif dan informatif Mas

    sekedar menambahkan, menurut pengamatan saya, hal yang paling mendasar yang membuat blog sepi pengunjung adalah tidak adanya perencanaan yang matang mulai dari tahapan sebelum membangun sebuah blog sampai blog berjalan.

    Persiapan sebelum membangun blog [ Pemilihan Niche, riset keyword, riset audience, menemukan dimana audience berada, apa yang menjadi masalah dan hal-hal yang ingin dicapai oleh audience]

    Saat blog sudah dibuat, bagaimana membuat konten yang berkualitas, dikatakan berkualitas jika konten itu menarik, bermanfaat, dapat dipraktekkan dan enak dibacanya.

    setelah konten dibuat, bagaimana mempromosikanya. Kepada search engine, kepada โ€˜laser targetโ€™ audience, kepada calon audience.

    Setelah visitor berkunjung, bagaimana membuat mereka kembali dan menjadi pengunjung yang setia.

    Kontent yang berkualitas bisa menjadi garansi agar blog agan semua menjadi ramai.

    Semua kegiatan diatas memang tidak mudah dikerjakan, tetapi dengan saling berbagi informasi yang mengedukasi seperti artikel diatas saya yakin, akan semakin banyak blogger Indonesia yang maju.

    terimakasih atas pencerahanya Mas
    salam sukses selalu

    • Din Tok Post authorReply

      Yup, perencanaan memang jadi salah satu bagian terpentingnya.

  12. Dika Reply

    Cuma mau berbagi pengalaman..bener banget masalah template pengaruh terhadap visitor blog. Jadi ane pernah pake template yg responsive dan bagus secara seo (ane check pake chkme) dan speedny juga bagus. Tapi, anehnya visitor di histat selama 3berturut turun terus. Ane coba check lewat analytics sama juga turun tapi anehnya lagi bounce rate ane yg biasanya 70% ini jadi 5%. Karena ngelihat ada keanehan maka diputuskan ganti template. Selang 1 hari ganti template ternyata visitor naik lagikaya sebelum ganti ma yg lama. Trus ane check di analytics ternyata bounce rate kembali ke angka 70%. Dari pengalaman itu yg bisa ane ambil speed dan seonya template gak jamin. Perlu pertimbangan lain dan pengamatan lebih dalam dari template itu ndiri. Mohon maaf klo panjang dan tidak bermutu.hehehe..

    • Din Tok Post authorReply

      Terima kasih sudah share pengalamannya. Yang jelas, SEO itu kompleks. SEO tidak dapat diukur hanya berdasarkan tingkat kecepatan.

  13. Bang Ali Reply

    Melakukan blogwalking secara konsisten sy rasa berpengaruh pada ramainya visitor. Terimakasih atas infonya

  14. Gian Adi Reply

    Kalau blog yang sudah lama tanpa pengunjung,, kira2 ada cara untuk memperbaiki apa tidak ya mas,, please dengan jawabannya saya tunggu, terima kasih.

    • Din Tok Post authorReply

      Silakan lakukan hal berikut:

      – Mulai posting artikel baru secara terjadwal.
      – Update artikel lama, dan pastikan artikel tersebut sudah memenuhi kriteria artikel berkualitas (padat, bermanfaat, dan unik).
      – Konsisten – lakukan aktivitas posting artikel secara berkelanjutan.

  15. wakhidah Reply

    artinya untuk meningkatkan visitor dan traffick harus natural ya gan? tidak boleh instan?
    ada gak cara yang jitu? entah itu berupa submit social bookmarking atau yang lain sebgainya?

  16. Wahid Priyono Reply

    Blog saya masih sepi banget pengunjungnya….sangat sulit ternyata mendatangkan traffic…butuh waktu dan kerja keras ๐Ÿ™ hikssss

  17. Blog Kopinet Reply

    Kutip “Konten berjenis berita tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk artikel. Selain itu, berita juga bersifat trending yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu (singkat)”

    Sepertinya saya termasuk dalam hal ini, ada bberapa artikel yang diangkat dari kabar berkembang. Memang diakui kencang pengunjung awal slanjutnya hilang visitornya.

  18. kardiman Reply

    mas, saya sering post di forum forum dengan menitipkan link, itu bisa buat blog sepi gak?takut dianggap spam

  19. Andika Reply

    blog saya selalu update namun tetap sepi.. ๐Ÿ™
    harus sabar kelihatannya.. ๐Ÿ˜€

  20. Adnalda Reply

    Kalau ini masalahnya biasanya dari kualitas konten dan promosi yang kurang. Tapi kalau untuk blog yang seumuran jagung ya maklum saja, karena ada saatnya nanti akan banyak pengunjung. Yang penting tingkatkan kualitas konten dan perbanyak promosi, itu saja dari saya. Salam sukses buat semuanya

  21. Atta Reply

    Membuat konten berkualitas, blogwalking, sama rajin update….mana tugas yang paling berat? Mengurus blog memang membutuhkan banyak waktu ya

  22. endin saripudin Reply

    Nyasar kesini gara2 punya web dengan index 3k lebih klik dari mesin pencarian masih nol saja… Sepertinya point tema blog saya yang salah pilih nih… mau ganti udah terlanjur banyak…. biarin saja ah .. bikin lagi.. Terimakasih mas artikelnya.

  23. toyas Reply

    Akhirnya nemu disini cara mengatasi blog sepi, ternyata butuh kerja extra dan pikiran yang optimal untuk membangun sebuah blog yang sukses

  24. Yos ardie Reply

    terima kasih atas infonya.sangat bermanfaat dan moga tips diatas bisa membantu blog saya menjadi lebih ramah di search google dan menarik buat pengunjung..Salam kenal dan sukses selalu

  25. Fatrur Reply

    sudah rajin posting tapi visitor sekarang jadi turun, site link hilang lagi, itu gimana gan ? mohon pencerahannya..tks

  26. Adyt7117 Reply

    Thanks info nya gan. Kebetulan ane baru bikin blog, udah ane kenalin di webmaster, submit url juga.. Udah 2 mingguan kira”.. Tapi masih sepi pengunjung. Itu hal yang wajar kagak ya gan ?
    Thanks gan…

  27. deshinta Reply

    Infonya bermanfaat banget buat aku yang baru mulai aktif ngeblog, semoga blog ku bisa ada pembacanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *