Daftar Iklan PPC, CPM Untuk Blog Bahasa Indonesia

Daftar Iklan PPC, CPM Untuk Blog Bahasa IndonesiaIklan berbasis pay per click (PPC) dan cost per mile (CPM) merupakan bentuk periklanan online yang paling banyak digunakan oleh blogger. PPC dan CPM sejauh ini masih menjadi cara monetisasi blog terpopuler dikalangan blogger, baik blogger lokal maupun blogger manca. Kedua jenis periklanan online tersebut menjadi pilihan banyak orang lantaran sejumlah alasan, mulai faktor efektifitas, optimalisasi penghasilan, dan juga tersedia lebih banyak pilihan media periklanan.

Untuk blogger lokal yang ingin menggunakan media periklanan lokal, mereka bisa bergabung dengan AdPlus atau AdStars. Keduanya merupakan jaringan periklanan premium lokal dengan harga per click yang cukup tinggi. Namun, kedua jaringan iklan lokal ini memiliki sejumlah kekurangan, salah satu kekurangan yang paling merugikan publisher adalah jadwal pembayaran yang sering tidak tepat waktu.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Selain AdPlus dan AdStars masih terdapat pilihan lain, dua diantaranya yaitu KlikSaya, dan Idblognetwork. KlikSaya membayar publisher setiap awal bulan, paling lambat tanggal 10. Sementara Idblognetwork unggul dalam hal harga klik, namun kuota iklan cukup minim sehingga seringkali papra publisher tidak mendapat jatah iklan, alhasil penghasilan tidak bisa mencapai volume maksimal.

Selain menggunakan ad network lokal, kita juga bisa memfokuskan diri untuk bekerjasama dengan ad network luar negeri. Ada banyak ad networks luar negeri berbasis PPC dan CPM yang menerima lalu lintas (pengunjung) lokal, bahkan beberapa diantaranya memberikan harga per click yang cukup mahal, seperti Tribal Fusion. Tribal Fusion menjadi alternatif terbaik bagi sebagian blogger lokal yang ingin memonetisasi blog mereka secara maksimal, namun untuk bisa diterima jaringan periklanan yang satu ini tidak mudah karena minimum trafik blog harus berkisar 500.000 per bulan. Selain itu, blog pendaftar harus memiliki mutu tinggi untuk bisa di approve.

Tribal Fusion hanya satu dari sekian banyak ad networks luar negeri yang bisa kita gunakan. Jika blog Anda tidak memenuhi klasifikasi untuk menjadi publisher iklan Tribal Fusion, Anda masih bisa menggunakan ad network luar negeri lainnya yang juga siap mewujudkan harapan Anda untuk memaksimalkan earning online Anda dari blog yang Anda kelola. Berikut ini beberapa daftar media periklanan berbasis PPC dan CPM luar negeri yang dapat Anda coba guna bisa mendapatkan penghasilan yang sepadan dengan waktu yang Anda luangkan untuk ngeblog.

Daftar PPC dan CPM Yang Menerima Blog Bahasa Indonesia

1. Google Ads
Iklan Google sejauh ini masih menjadi jaringan periklanan berbasis PPC terbaik. Kendati jaringan periklanan sejenis terus membludak, namun Google ad masih menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar blogger. Saat ini Google Ad sudah memiliki jutaan publisher dari berbagai negara, tidak terkecuali publisher asal Indonesia.

2. AdCash
Jaringan periklanan ini berdiri pada tahun 2007. AdCash dapat Anda jadikan sebagai alternatif iklan Google apabila pendaftaran Anda tidak di approve oleh team iklan Google. Sama seperti jaringan periklanan online lainnya, AdCash juga mudah digunakan.

3. Adversal
Dengan menjadi publiher Adversal, Anda dapat memilih metode pembayaran via Paypal yang kemudian dapat dengan mudah untuk Anda withdraw ke rekening bank lokal. Jadwal pembayaran Adversal setiap awal bulan. Jika Anda tidak punya akun Paypal, Anda dapat memilih opsi pembayaran lainnya, misalkan melalui Cek.

4. Geniee
Geniee merupakan jaringan periklanan yang berbasis di Jepang. Proses pendaftaran menjadi publisher iklan Geniee cukup mudah. Geniee masih cukup baru dibanding beberapa nama yang saya sebutkan diatas, namun ia bisa menjadi altenatif bagi Anda jika tidak menemukan kecocokan dengan jaringan periklanan yang saya sebutkan diatas.

5. Innity
Dalam sejumlah hal, Innity memiliki persamaan dengan jaringan periklanan lokal AdPlus dan AdStars. Jadwal pembayaran dilakukan setiap tiga bulan sekali, estimasi harga per klik hampir sama, dan ketersediaan iklan juga tidak jauh beberbeda (masih terbatas). Innity merupakan jaringan periklanan online yang berbasis di Malaysia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Innity, mungkin tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menjadi publisher Innity.

Tips

Jika memungkinkan, Google Ad adalah pilihan terbaik, namun untuk bisa di approve menjadi publisher Google Ad blog Anda harus benar-benar dianggap telah memenuhi kriteria. Saran saya, buatlah blog yang berkualitas, tidak memuat konten hasil duplikasi, bebas dari pelanggaran hak cipta, tidak memuat konten sensitif, dan daftarkan blog Anda paling tidak setelah blog tersebut berusia tiga bulan. Info lebih lanjut untuk mendaftar jadi publisher Google Ad: goo.gl/lLwXJu

Update

Selain 5 ad networks diatas, Anda juga bisa mencoba ad network berbasis CPM PropellerAds Media. Sejak tiga bulan lalu saya aktif menggunakan PropellerAds. PropellerAds memiliki sejumlah kelebihan, mulai CPM cukup tinggi, tidak mematok persyaratan khusus saat pendaftaran, dan yang paling menarik, PropellerAds tidak membedakan geografi pengunjung. Artinya, meskipun mayoritas trafik blog Anda berasal dari Indonesia CPM tetap tinggi. Jika Anda tertarik, silakan daftar PropellerAds.

Hosting Terbaik Indonesia

22 comments

  1. S Fitri Reply

    kalau saya lebih memilih google adsense gan. karena penghasilan yang ditawarkan cukup menjanjikan. disamping itu content relevan dengan iklan sehingga kemungkinan sangat besar. makasih sharingnya gan.

  2. Tekno RC Blog Reply

    pastilah setiap blogger yg cerdas ingin jadi pub adsense. tapi hal itu tidak mudah, karena utk dpt persetujuan saja susah tambah susah menjaga adsense dari baned.

    saya baru saja kena disable karena hal yg tidak jelas. btw apasih cpc/cpm dibawah adsense dikit?

  3. Din Tok Post authorReply

    Menurut saya, untuk menjadi publisher AdSense tidak harus cerdas, tapi cukup dgn mematuhi semua syarat & ketentuan yg sudah ditetapkan.

    Berdasarkan pengalaman saya, terkait dgn monetisasi blog lewat pihak ketiga sejauh ini belum ada media periklanan yg sebanding dgn AdSense. Solusi yg tepat buat Anda mungkin dgn mencari advertiser secara langsung karena dgn begitu penghasilan Anda mungkin akan lebih baik, dan jika Anda mencari alternatif AdSense, mungkin Adversal patut untuk Anda coba.

    • Din Tok Post authorReply

      Silakan daftarkan blog Anda ke Adversal. Persyartannya relatif longgar, dan jadwal pembayarannya tepat waktu.

      Persyaratan menjadi publisher Adversal bisa dilihat di https://adversal.com/publishers.html

  4. Kerja Online Reply

    Menarik juga, banyak PPC yang baru ane dengar seperti geniee..tapi menurut ane, sepertinya pemain lokal sekarang banyak yang jatuh cinta ama kliksaya..karena advertisernya banyak..Oke..gan Thanks share infonya..Keep Blogging..

  5. anlatif Reply

    Tiga kali di tolak adsense, lari ke popcash dan diterima. Infonya bagus gan !

  6. mangcara Reply

    Penah daftar genie tapi bingung abis diterima mau ngapain lagi, akhirnya akunnya nganggur

  7. wawan Reply

    Ada gak gan ppc bule selain AD yang menayangkan iklan berbahasa indonesia

  8. adi Reply

    sy udh dftar GA dn udh psang kodeny dblog sy msh pmula tp msh blom tyang jg iklanny, sbrpa lmany ya.. iklan adsense bs aktif dn tyang.. yg mmng sih trffik blog sy msh minim, mohon lah mas dbntu mningktkn trffikny.. smg jd amal ibadah buat anda.. terima kasih, y..

    • Din Tok Post authorReply

      Pendaftaran GA tidak langsung di approve, harus melewati dua tahapan. Jika iklan belum muncul padahal kode sudah dipasang, berarti permohonan Anda masih dalam proses menunggu review tahap II. Review tahap II biasanya membutuhkan waktu 72 jam.

  9. sizen Reply

    gan katanya banyak yang ada malwarenya? kalo yang aman apa ya gan?
    adsense gagalmulu, kurang apa ya gan blogku? modhon dikoreksi gan kl sempet mapir blogku

    • Din Tok Post authorReply

      Isu malware sepertinya sudah disikapi oleh sebagian besar ad netowork, seperti halnya PropellerAds yang menjamin bebas dari malware.

  10. zamroni Reply

    salam kenal mas. saya zamroni dari Paciran, Lamongan. saya sedang belajar blog. Apa saya bisa belajar ke mas din? suwun.

    • Din Tok Reply

      Tentu saja. Njenengan bisa belajar sama saya dengan aktif mengunjungi BloggerLamongan.com

  11. Jamaris Reply

    Selain yang disebutkan diatas, ada salu lagi yang cpm cukup tinggi yaitu poptm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *