Cara Saya Mendapatkan $1k Dari Blog Dalam Sebulan

Berbagi pengalaman cara saya untuk mendapatkan $1000 dari blog dalam satu bulan.Cara Saya Mendapatkan $1k Dari Blog Dalam Sebulan

Mendapatkan penghasilan 1000 US Dollar dari blog memang bukan sebuah pencapaian yang besar bagi expert blogger, namun bagi para pemula tentunya ia bukan perkara mudah untuk direalisasikan. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman serta tips bagaimana cara saya mendapatkan $1000 dalam sebulan yang sebagian besar saya dapat dengan memanfaatkan blog gratisan dan Google AdSense menyumbang porsi terbanyak dari total earnings. (baca: cara mendapatkan penghasilan online dari blog gratis alias tanpa modal).

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Artikel ini saya tulis dengan tujuan untuk memberikan dorongan kepada para sahabat blogger pemula agar bisa lebih bersemangat serta fokus dalam mempelajari hirup-tikup blogging sehingga kedepannya bisa menghasilkan uang dari blog. Tidak ada yang instan dalam menggapai apapun, termasuk untuk mendapatkan penghasilan online lewat blog. Namun, apabila kita serius dan senantiasa dapat menjaga konsistensi, maka penghasilan online yang Anda espektasikan pasti akan terwujud.

Mendapatkan penghasilan online sama halnya dengan kita menuntut ilmu. Jika kita mau belajar secara serius, mau mengerjakan apa yang seharusnya kita kerjakan, serta tidak menjadi siswa yang bermalas-malasan, maka tiba waktu kelulusan kita pasti akan mendapatkan nilai yang baik. Blogging pun demikian adanya, apabila kita ingin menciptakan blog yang mampu menghasilkan uang, maka sudah barang tentu kita harus menjadi blogger yang mau bekerja keras, fokus, dan tidak mudah putus asa.

Untuk menghasilkan $1000 dari blog banyak tahapan yang perlu saya tempuh. Basic ngeblog yang belum saya miliki pada saat pertama kali terjun ke dunia blogging membuat saya benar-benar mengawalinya dari nol. Selama proses belajar saya melakukan berbagai kesalahan yang lazimnya dilakukan oleh setiap blogger pemula tanpa bekal ilmu ngeblog yang cukup. Beberapa kesalahan yang sempat saya lakukan diawal-awal ngeblog diantaranya adalah membuat blog tanpa konsep yang jelas, berusaha mendatangkan pengunjung dengan cara yang salah serta melakukan optimasi tanpa kontrol yang akhirnya justru mengubur masa depan blog itu sendiri.

Momentum dimana saya mulai bisa menghasilkan uang dari blog yakni ketika blog yang saya kembangkan sudah mulai didatangi pengunjung. Tentunya proses mendatangkan pengunjung saya lakukan dengan menggunakan teknik yang benar. Harap dicatat, ada beberapa tipe pengunjung dan terdapat keragaman cara dalam mendatangkannya. Perlu diketahui, bahwa tidak semua pengunjung bisa kita konversi menjadi sebuah profit atau penghasilan.

Pada saat itu penghasilan yang saya dapat memang masih jauh dari espektasi, namun berkat penghasilan yang belum seberapa itulah saya semakin gigih dan merasa lebih yakin kedepannya akan lebih maksimal lagi. Seiring dengan berjalannya waktu dan proses belajar saya mulai memahami banyak hal, dan harapan saya untuk mendapatkan online income dalam jumlah yang lebih besar semakin terlihat lebih realistis.

Sebagai catatan, saya mendapatkan $1000 melalui beberapa tahap sesuai dengan target. Dalam kurun waktu tertentu saya menargetkan untuk mendapatkan minimal $100 dalam sebulan. Kemudian, selang 1-3 bulan berikutnya saya menargetkan penghasilan menjadi $300 setiap bulan. Setelah penghasilan bulanan berada pada titik $300, kemudian saya menargetkan penghasilan bulanan menjadi $600. Target untuk mendapatkan penghasilan $600 pun akhirnya terwujud dan kemudian saya menargetkan $1000 per bulan.

Perubahan target earning bulanan dari $600 ke $1000 menuai berbagai kendala. Presentase kenaikan sebesar $400 ternyata cukup menyita waktu. Dalam beberapa bulan target kenaikan sebesar $400 sempat tersendat-sendat, namun target tersebut akhirnya benar-benar bisa terwujud karena saya tetap fokus, melakukan analisa terhadap kondisi blog secara menyeluruh, dan melakukan sejumlah hal pendukung lainnya. Dan berikut beberapa hal paling pokok yang saya lakukan untuk menghasilkan $1000 dalam sebulan.

› Blogging dengan cara yang benar
Untuk bisa menghasilkan uang dari blog harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Ngeblog dengan cara salah tidak akan menghasilkan apapun, kecuali membuang-buang waktu tanpa profit apapun. Negblog itu mudah, tapi yang perlu jadi catatan adalah “apakah kita sudah melakukannya dengan cara yang seharusnya?”.

› Tentukan konsep
Sebagian besar blog yang berhasil menuai kesuksesan adalah blog yang dibangun dengan konsep yang matang. Jika tujuannya untuk menghasilkan dollar dari internet, maka blog tersebut harus memiliki konsep yang jelas agar proses pengembangannya menjadi terarah.

› Peka terhadap potensi
Dalam menekuni rutinitas blogging kita dimungkinkan untuk berbagi apa saja, namun konten yang menghasilkan uang adalah konten yang ditulis menggunakan inspirasi yang terkonsep. Artinya, jangan asal tulis tapi pastikan tulisan-tulisan yang akan Anda pajang di blog benar-benar berpotensi menghasilkan profit.

› Tidak melanggar hak cipta
Blogger sukses senantiasa menghindari penggunaan materi berhak cipta. Apabila Anda ingin menjadi blogger sukses, pastikan Anda tidak mencederai hak cipta orang lain karena hal tersebut akan menjegal langkah Anda untuk menjadi blogger sukses.

› Inspiratif
Jika Anda ingin menjadi blogger berpenghasilan besar, maka Anda tidak boleh hanya melihat dan mencontoh. Gali ide-ide baru dan jangan ragu untuk menerapkan ide tersebut. Untuk menghasilkan lebih banyak dollar Anda harus bisa lebih inspiratif, karena itu adalah salah satu tugas Anda selaku blogger.

› Percaya dengan kemampuan diri sendiri
Diawal menjadi blogger mungkin Anda akan merasa kecil hati ketika melihat blogger lain dengan berbagai kemampuan dan pencapaiannya, sementara Anda masih dalam proses belajar. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetepikan pemikiran negatif. Semuanya hanya masalah waktu, jika Anda mau berpikir dan menuangkannya dalam bentuk tindakan, target yang Anda emban pasti dapat terwujud.

› Konsisten
Membangun bisnis online melalui media blog cukup memakan waktu. Blogging menuntut Anda untuk selalu mampu menjaga konsistensi. Anda harus tetap fokus terhadap apa yang Anda kerjakan mengingat tidak sedikit tugas yang harus Anda selesaikan. Kehilangan konsistensi sama halnya dengan kehilangan kesempatan.

› Evaluatif
Pelajarilah apa yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Hasil evaluasi akan memberikan sebuah kesimpulan, apakah perlu dilakukan pembenahan atau harus dipertahankan. Evaluasi sangat diperlukan untuk menentukan langkah-langkah Anda kedepan.

Demikian, semoga bermanfaat. Jika Anda punya masukan lain atau ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan melalui kolom komentar.

Hosting Terbaik Indonesia

46 comments

  1. Nasich Web Reply

    hemm benar benar jadi masukan buat newbe seperti saya, dulunya sih ngejar uang, sekarang mah udah gak lagi.
    Ngeblog hanya sebatas hoby, mungkin kalau blog saya udah tenar baru mimpi dapet dolar dari blog.
    Hehehe

  2. amrul Reply

    heee
    saya akan coba terapkan tu bos
    mohon doanya boss hee

  3. letterish Reply

    terima kasih atas informasinya yang bermanfaat sekali untuk blogger pemula seperti saya . . .
    bila berkenan, silahkan kapan-kapan mimin berkunjung ke blog saya juga. >_<

  4. BLOG NO. 1 Reply

    MANTAB SOBAT, SUNGGUH PENCAPAIAN YANG LUAR BIASA BISA MENDAPATKAN $1000. SAYA SETUJU SEKALI SEBAGAI BLOGGER SEJATI HARUS BENAR-BENAR KONSISTEN DENGAN APA YANG DI IMPIKAN ATAU DI CITA-CITAKAN. TENTUNYA BUTUH WAKTU, TENAGA, DAN MODAL YANG TIDAK SEDIKIT. TRIMAKASIH.. SALAM BLOGNOLER 🙂

  5. Sigit Sapto Reply

    1k/bln itu dpt dr mn mas? menajdi member adsense atau yg lainya? saya juga pengen punya target sndiri, salam dr orang lamongan jg,, klo ada waktu mampr juga ya gan

    • Din Tok Post authorReply

      Sebagian besar dari Adsense. Selain Adsense, saya juga menggunakan Adversal.

  6. Alfiandar Reply

    KONSISTEN, ini yang menjadi hambatan bagi saya. Kadang ngeblog terasa membosankan buat saya karena faktor minimnya pengunjung. Mungkin yang menjadi penyebab pengunjung tidak betah menurut saya ya karena postingan memang masih 5 artikel, blog pribadi. Gimana solusi mengatasi kejenuhan ngeblog, om? plus agar konsistensi ngeblog tetap terjaga walau dengan cara santai?

  7. azzaral Reply

    mantap om, tentunya dengan selalu merawat blog dgn artiartikel yang bermanfaat.

  8. alimagfuri Reply

    Mantraff…gan…
    Mau tanya gan..
    Satu akun adsanse bisa nggak untuk banyak blog…??
    Klo bisa…ada maksimalnya gak…maaf newbie…

    • Din Tok Post authorReply

      Bisa. AdSense memungkinkan Anda untuk membuat hingga 500 unit iklan dengan jumlah maksimal per laman sebanyak 3 unit iklan.

  9. DIVA Reply

    wah mantab sarannya… saya akan mulai terapkan.. thanks

  10. marquez Reply

    wah, mantap gan 1k, ane mah belum daftar, soalnya belum kenal sama yang mananya adsense

  11. Baba Jihan Reply

    Hemm..ternyata segala sesuatu butuh perencanaan yang matang dan konsisten dengan plan yang sudah disusun..memang untuk mencapai kesuksesan butuh perjuangan..menarik sekali ini untuk jadi bahan renungan..

  12. Agung H. Pradityo Reply

    Saya newbie om, belajar banyak dari pembahasan yang diberikan disini. Semoga kedepan nya bisa membuat konsep blog yang lebih matang lagi. terima kasih banyak atas artikel yang menggungah semangat nge blog nya 😀

  13. umar danny Reply

    Tulisannya menginsprasi…Oh ya, untuk penghasilan 100$ dollar yang pertama, butuh berapa bulan dari pertama blog itu di monetasi? dan satu lagi pertanyaan saya. Saat ini, berapa blog yang mas kelola?

    • Din Tok Post authorReply

      Maaf, saya lupa pastinya. Tapi, seingat saya income segitu bisa terealisasi dalam kurun waktu yang relatif singkat karena saya memang benar-benar fokus. Saat ini saya punya banyak blog, sebagian masih belum terkelola sebagaimana mestinya. Sebagai catatan, tidak semua blog saya monetize menggunakan AdSense.

  14. Addinal Dollar Reply

    artikel semacam ini yang membakar semangat saya mas. terima kasih banyak saya jadi tambah semangat nih. 🙂

  15. febby Reply

    Melatih konsisten jadi tau gimana susahnya ngatur diri sendiri, Gini saya udah sok sok an bisa ngatur orang lain 🙂

    Saya harus ketularan blog ini..

  16. fxmantap Reply

    sangat membantu mas… ini yang belum pernah saya dapatkan ahhaha dan semoga suatu saat bisa Amin

  17. Habibullah Al Faruq Reply

    Kadang yang namanya fokus untuk mendapat penghasilan segitu banyaknya susah. Itu perolehan segitu banyaknya dari 1 blog atau dari banyak blog? Niche apa saja, kalau boleh tahu sih gan 🙂

  18. hyden Reply

    Penghasilan pertama dari blog di tempuh dalam berapa bulan Gan dan berapa jumlah pengunjungnya saat 1$ dan 5 $.
    Terima kasih

  19. apri Reply

    Saya dapat 10$ dalam sebulan saja susah banget gan..
    boleh gak saya belajar sama agan?
    thanks..

  20. Eko Sarwono Reply

    kalo fokus bisa cepet dapetnya, tapi kalo cuma baut selingan kerja dikantor kaya saya kayanya ngga gampang dapet segitu 😀

    • Din Tok Post authorReply

      Fokus dan intensitas memang bisa jadi faktor pembeda, sob.

  21. Lesmana Reply

    Konsisten dan bukan plagiat memang kunci utama dalam membuat blog yang berkualitas, namun terkadang saya sering kehabisan materi untuk membuat konten, mohon sumbang saran dan motivasinya untuk saya agar tidak kehabisan materi

    • Din Tok Post authorReply

      Buatlah blog dengan tema seputar bidang yang kamu kuasai, atau setidaknya bidang yang menjadi obsesi kamu.

  22. dava juna Reply

    mantap bener mas..saya lg build web baru, mudah-mudahan bisa menghasilkan seperti punya mas..thanks pencerahannya

  23. Arif Reply

    maaf gan, bukan bermaksud menggurui ato menyalahkan, saya juga masih newbie sangat dan ingin belajar lebih banyak ttg blogging. Hanya sekedar saran/kritik. Menurut saya artikelnya dah cukup menyemangati, tapi terlalu teoritis, kl yg lebih praktikalnya gimana gan?

  24. Masboy Part II Reply

    tipsnya gan, sebab banyak bloger sepertinya menyimpan/menyembunyikan ilmu nya

    • Din Tok Post authorReply

      Sebenarnya tidak ada yang disembunyikan, hanya saja Anda harus mengikuti prosesnya secara benar. Blog ini banyak berisikan panduan dan tips seputar bisnis online dengan memanfaatkan media blog yang jika dipraktikan dengan benar serta konsisten para pembaca mestinya sudah bisa menghasilkan $1k dalam sebulan atau bahkan lebih.

  25. Randa Reply

    benar bangeett daaaahh… Saya juga punya target bgitu, tapi skrang masih banyak yang harus dioptimalkan. terutama untuk kualitas konten blog. bloggerlamongan.com jadi contoh yang bagus bagi saya…

    thank you mas bro

  26. beken.id Reply

    sangat padat isinya, patut di contoh dan di teladani, salah satunya konsisten, banyak peluang menghasilkan dari ol, ppc, cpm, cpa, dst..
    semua di coba satu2, belum menghasilkan udah pindah kesana-kemari, akhirnya stak di tempat.. (pengalaman pribadi jgn di tiru)

  27. Eko Putra Reply

    Infonya bermanfaat. Point yang konsisten itu yang paling sulit menurut saya ..

  28. Tomi Aditia Reply

    Terima kasih atas masukanya gan sangat menginspirasi sekali, memang benar kontent yang menginspirasi lebih potensi mendapat trfic besar dari pada artikel dan panduan.

    Sudilah singgah ke gubuk ane gan,

    Salam tetangga kota ente. Tuban.

  29. krisna Reply

    Saya ditolak 2 kali sama adsense,,,v tetap semangat ngeblog..akun adsensaya di baned gk tau apa penyebabnya…tolong infonya?

  30. Masboy Reply

    semuanya perlu pembelajaran, saya ngeblog sejak 2013 saya daftarkan ditolak dan ditolak, akhirnya diterima dan iklanpun muncul juga walau iklan pernah gak tampail, pernah dibanned, artikel ilang…kemudian ditangguhkan pembayaran, karena belum dapat PIN dari adsense, bulan agustus 2016 dapat kiriman PIN, tapi dalam kondisi kena teguran dari adsense, karena ada iklan yang diklik sendiri…intinya adalah kita harus jujur dan ikutin aturan dari adsense, semoga teman2 berhasil dan jujur.

  31. budi santoso Reply

    sangat sulit gan untuk mencari penghasilan lewat blog apalagi saya yang masih pemula

  32. Dylan Reply

    Bener masgan,, Blogging itu memang tidak mudah walaupun sebenarnya mudah,, Yang sulit tuh bikin blog itu banjir traffik setiap harinya, Doain saya gan semoga blog saya semakin banjir traffik. Thanx artikelnya sangat membantu saya pribadi 🙂

  33. Rangga Reply

    Rumusnya..belajar pelan-pelan..kata orang jawa..ora perlu kemrungsung…

  34. sari Reply

    tabiat manusia tidak sabar sehingga kadang tersesat, artikelnya bagus dan menginspirasi. Bismillah, moga2 nyusul $1000/bulan bahkan lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *