Cara Mendatangkan 1000 Pengunjung Blog Per Hari

Cara Mudah Mendatangkan 1.000 Pengunjung Blog Per HariApapun yang mendasari Anda blogging, saya yakin Anda tidak menginginkan apa yang Anda tuangkan di blog menjadi sia-sia lantaran tidak ada yang membaca artikel yang Anda tulis. Anda pastinya berharap apa yang Anda share pada kolom artikel blog bisa dibaca oleh banyak orang, dan keberadaan pengunjung juga akan memotivasi Anda untuk lebih aktif dalam menulis.

Sebagaimana yang sering saya singgung dalam sejumlah artikel, membangun blog itu membutuhkan waktu. Artinya, untuk bisa mendatangkan organic visitor akan memakan waktu. Jika blog Anda masih relatif baru, apa yang hari ini Anda muat di blog, belum tentu ia akan ditemukan oleh pembaca lewat search engine karena ranking halaman blog Anda di SERPs masih berada diurutan bawah atau bahkan belum di index oleh search engine.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Untuk mendongkrak posisi laman blog di SERPs agar lekas membaik, maka dilakukanlah upaya optimasi. Optimasi blog merujuk pada peraihan peringkat baik di search engine dikenal dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. Penerapan SEO atau optimasi mesin pencari merupakan upaya untuk mempercepat serta memperkuat posisi laman blog Anda diurutan teratas hasil pencarian mesin pencari.

Baca artikel berikut:

Berkaitan dengan optimasi mesin pencari, ada batasan-batasan tertentu dalam proses penerapannya. Optimasi mesin pencari tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan menyebabkan terjadinya over optimasi. Situs atau blog yang dianggap melakukan over optimization oleh algoritma search engine akan mengalami penurunan peringkat hingga deindexed. Hal tersebut karena over optimization merupakan praktik optimasi terlarang yang melanggar Kebijakan Webmaster sebagaiaman dijelaskan dalam laman Google Webmaster Guidelines.

Optimasi blog harus dilakukan secara natural, menyesuaikan dengan usia domain, dan tidak mencirikan praktik spam. Untuk memerangi para spammer, Google terus melakukan pengembangan algoritma mesin pencarinya, dan dilakukan update secara berkala. Algoritma search engine Google semakin berkinerja baik dari waktu ke waktu, hal tersebut diindikasikan dengan banyaknya weblog yang masuk Sandbox dan terkena Penalty Google.

Kiat-kiat membangun trafik blog sebenarnya sudah saya share lewat sejumlah posting, diantaranya cara agar blog banyak pengunjung, cara meningkatkan traffic blog dengan artikel How to, analisa penyebab blog sepi pengunjung, dan mengukur trafik blog berdasarkan keyword. Dan untuk melengkapi bahasan cara mendatangkan trafik blog pada artikel-artikel sebelumnya, berikut tips untuk mendatangkan 1000 visitor blog per hari.

RESET KATA KUNCI
Sebelum Anda menentukan nama domain, hal pertama yang sudah harus Anda persiapkan adalah kata kunci. Kata kunci adalah modal terpenting yang akan menjadi penentu berapa volume trafik blog Anda dikemudian hari. Cara reset keyword untuk mendapatkan keyword yang tepat sudah saya bahas dalam artikel cara reset keyword untuk membangun profitable blog.

Setelah mendapatkan keyword, saya asumsikan Anda sudah memilih nama domain dan blog sudah selesai Anda buat. Tahapan selanjutnya adalah memfokuskan diri untuk menulis artikel berkualitas yang mewakili titile blog, deskripsi blog, dan keyword blog. Akan tetapi sebelum Anda memposting artikel pertama Anda, pastikan template yang Anda gunakan sudah memenuhi kriteria SEO karena template sangat berpengaruh pada implementasi SEO on-page.

Ciri-ciri template SEO friendly, diantaranya adalah:

  • Ringan (fast loads)
  • Memiliki struktur laman yang baik
  • Tidak memuat duplicate script

MENULIS ARTIKEL BERKUALITAS
Pondasi blog adalah artikel, maka pastikan Anda hanya memposting artikel berkualitas. Artikel berkualitas adalah artikel yang deskriptif, mewakili judul blog, deskripsi blog, keyword blog, padat, tidak berisikan keyword density berlebihan, dan tentunya memberikan solusi bagi pembaca.

Menulis artikel berkualitas terkadang menjadi pekerjaan yang sulit, oleh karenanya pilihlah tema blog berdasarkan minat Anda, karena menulis sesuai minat akan membuat Anda lebih inspiratif dalam menulis serta menjadikan Anda lebih produktif.

MEMBANGUN BACKLINK
Apabila blog Anda sudah berisikan beberapa artikel, misalkan 10 artikel, maka tiba waktu untuk membangun backlink. Untuk bisa bersaing di SERPs dibutuhkan backlink sebagai link yang memberikan referensi. Selain sebagai pemberi referensi, backlink juga berupa voter. Semakin banyak voter (backlink), maka secara teori semain baik pula reputasi blog Anda dihadapan algoritma search engine.

Keberagaman cara dalam membangun backlink tidak menutup kemungkinan akan mengarahkan seorang blogger pada praktik link bulding yang salah. Pastikan Anda memilih cara link building terbaik. Cara membangun backlink yang tepat adalah membangun backlink secara natural. Adapun cara link building yang tepat sudah saya bahas dalam artikel cara mudah mendapatkan backlink untuk blog baru, dan cara link building untuk mendapatkan backlink berkualitas.

SUBMIT BLOG ANDA KE SITUS SOCIAL MEDIA
Terlepas dari benar-tidaknya, sepengamatan saya salah satu indikator yang digunakan algoritma search engine Google dalam proses pemeringkatan laman blog adalah merujuk pada sinyal social media. Artinya, jika blog Anda mendapat banyak hits dari salah satu atau beberapa situs social media, maka hal tersebut akan berdampak baik pada peringkat blog Anda di index hasil pencarian mesin pencari Google.

Buatlah akun di situs social media, seperti Linkedin, Facebook, Twitter, atau Google Plus. Submit artikel secara otomotis ke situs social media menggunakan aplikasi web. Untuk mengirim artikel secara otomatis ke Facebook, Anda dapat menggunakan aplikasi RSS Graffiti. Selain mendapatkan backlink, aktivitas ini juga membuka kesempatan untuk mendapatkan lalu lintas dari Facebook.

PUBLISH ARTIKEL SECARA TERJADWAL
Jika ada yang beranggapan bahwa memposting artikel secara terjadwal itu tidak penting. Saya tidak sependapat dengan opini tersebut, karena berdasarkan pengamatan saya blog yang dilakukan update secara teratur stabilitas trafiknya jauh lebih baik.

Postinglah artikel secara terjadwal untuk memberitahu spider bot mesin pencari bahwa ada aktivitas (penambahan artikel) pada blog Anda. jika blog Anda masih minim konten, postinglah artikel minimal satu artikel per hari, namun hal tersebut bergantung pada cakupan bahasan atau tema blog Anda.

INSTALL KODE PELACAKAN
Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk memantau statistik blog Anda. masuk ke laman Google Analytics, daftarkan blog Anda, pasang kode pelacakan dari Google Analytics ke blog Anda.

Dengan menggunakan Google Analytics sebagai tool pemantau statistik blog, Anda tidak hanya bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung blog Anda. Anda juga akan mengetahui statistik penting lainnya, seperti sumber lalu lintas, keyword terpopuler, geografi pengunjung, durasi kunjungan, dll.

ANALISA BLOG ANDA
Lakukan analisa pada blog Anda untuk memastikan tidak ada masalah berarti pada blog Anda. periksa kesehatan blog Anda, apakah terdapat broken link atau kesalahan-kesalahan fatal lainnya yang dapat menurunkan peringkat blog Anda di SERPs.

Data statistik blog di Google Analytics juga dapat Anda jadikan bahan untuk melakukan perubahan tertentu apabila dirasa perlu.

Terakhir, mendatangkan pengunjung ke blog tidak bisa dilakukan secara instant mengingatย optimasi blog membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang. Search engine tidak akan menampilkan laman artikel blog Anda pada hasil teratas jika blog Anda masih relatif baru karena usia domain (blog) merupakan salah satu materi perhitungan algoritma search engine itu sendiri. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat Blogger Lamongan.

Hosting Terbaik Indonesia

95 comments

  1. Hanif Mahaldi Reply

    apakah ini juga bisa digunakan di blog wallpaper? soalnya kalau blog biasa atau semi wallpaper saya rasa bisa.

    • Din Tok Post authorReply

      Buatlah deskripsi wallpaper hingga beberapa paragraf, hal tersebut akan menjadikan blog wallpaper Anda lebih SEO friendly.

  2. Tedy Rizkha Heryansyah Reply

    Mas, jika blog berbahasa Indonesia terus di submit ke sosial bookmarking yang berbahasa Inggris apa mendapatkan hasil yang signifikan?

    • Din Tok Post authorReply

      Konten bahasa Indonesia mestinya di submit ke sosbook berbahasa Indonesia.

  3. arif wahyudi Reply

    setelah membaca artikelnya saya sangat senang,,bermanfaat informasinya lengkap,,, terimakasih artikelnya?

  4. lulu Reply

    artikel yang lengkap ini yang aku cari-cari terima kasih

  5. riizhu Reply

    wah, jadi semangat lagi nih buat bikin blog baru, makasih banyak atas tipsnya gan

  6. Darmudi Susanto Reply

    Met malem gan..
    Informasi ini yang saya butuhkan, akan saya coba saya terapkan di blog saya gan trimakasih infonya.

    Salam kenal dari saya Darmudi Susanto

  7. Aris Reply

    Terima kasih atas tutorialnya ๐Ÿ™‚ masih belajar tentang SEO..

  8. Pengky Pasassa Reply

    Apakah sebuah blog yang berisi kurang dari 70 artikel bisa mendapatkan kunjungan di atas 1000 per hari?

  9. Baba Jihan Reply

    Hemm..perlu keseriusan dan konsistensi ya kalau ingin blog dikenal dan mendapatkan kunjugan yang banyak..menarik neh artikelnya..

  10. wahyu Reply

    saran yang bagus, tapi yang langsung 1000 pengunjung kok belum ada?

  11. HK Reply

    Blogger sejati juga harus punya komitmen kuat, sabar dan tahan banting. Hehehe…

  12. lembing.com Reply

    Buat artikel yang bagus bikin males tapi emang harus begitu ya biar blog naik terus visitornya

  13. butek Reply

    betul kata mas HK harus punya komintmen kuat, sabar dan tahan banting yaa mas. masalahnya seperti yang lembing.com ucapkan “bikin artikelnya itu lho” :D.

    saya sedang mengejar 1000 pengunjung nih mas. ๐Ÿ˜€ semoga bisa

  14. fahrul umam Reply

    hmmmm. saya kadang suka bingung kalo pas mau bkin artikel mas. ada solusi gak buat ngilangin rasa malesku ini. kadang klik new post ehhh baru bkin bebeapa baris udh ngeblank. jadi bingung harus gmn

  15. Devi Reply

    Informasi yang bermanfaat untuk saya, karena saya juga baru saja membangun blog. Nice share ๐Ÿ™‚

  16. OkeHand Reply

    Artikel yang sangat menarik dan membantu, terutama bagi kawan-kawan yang memang baru mengenal dunia blogging seperti saya ini…
    Terimakasih and Salam Sukses

  17. Hadi Reply

    Makasih gan ilmunya sangat bermanfaat buat newbie kayak ane. Jangan lupa juga gan mampir-mampir ya ke blog ane.

  18. Agung Kharisma Reply

    Saya lebih senang membangun blog secara natural, menulis 1 artikel setiap hari dan blogwalking. Kalo riset kata kunci pernah saya lakukan, tapi saya tidak begitu nyaman dengan teknik optimasi yang memanfaatkan keyword judul artikel, sebagai gantinya, saya menggunakan kata-kata yang eye catching or we can called it as “menarik perhatian pembaca”

  19. Gyoku Bahri Reply

    trima kasih buat pnjelasannya gan , lengkap bget
    ane cba trapin tipsnya satu” dan smga traffiknya naek trua gan

  20. febby Reply

    Kalu hampir semuanya sudah berarti insyallah hanya malah waktu saja ya mas..

    Mantap ๐Ÿ™‚

  21. Zain Reply

    Mudah-mudahan setelah menerapkan beberapa cara diatas, bisa meningkatkan traffic pengunjung d bloq ane…
    Mohon maaf sebelumnya, menurut sebagian blogger, salah satu cara mendatangkan pengunjung itu dengan rajin blogwalking…
    Tapi entah kenapa disini tidak dicantumkan, mungkin tersirat kali yech..?!?!?

  22. Cahaya Reply

    Mesti konsisten, dan mau terus belajar dan mengembangkan diri. Trmksh atas share nya. Sangat memotivasi diri utk bertindak. Salam

  23. hendi Reply

    wah hebat eum orangsukses. turunin donk elmunya. dan bagi bagi atuh kerjaannya

  24. Kerja Online Reply

    Mas..untuk traffik dari social media, apakah social bookmarking juga diperhitungkan oleh google seperti stumbleupon, ..dan bolehkah submit site nya dengan software..apakah tidak kena banned ama google yaa?..Thanks ya..

  25. daniel Reply

    Kalau saya sih konsisten posting itu jauh lebih baik mas, saya sendiri udah buktikan. Semakin banyak artikel yg kita posting swmakin besar pula peluang masuk page one,….

    Cara yg anda terapkan diatas sangat baik, saya udah pernah lakukan semuanya, hanya belum maksimal

  26. Rastra De Reply

    mantap infonya, bakal lakukan usaha lebih ini untuk optimasi web ๐Ÿ˜€
    trmkasih infonya

  27. mas rozak Reply

    saya pengen banget seribu sehari. hehehehe
    meski masih sebuah mimpi.
    oia mas saya kenal ga ya dengan mas admin. sepertinya kenal

    • Din Tok Post authorReply

      Hemmm.. pinter sekali triknya ๐Ÿ™‚

  28. Lukman Reply

    Terimakasih mas atas infonya. saya akan coba mempraktekkannya

  29. Eko Sarwono Reply

    Lengkap nih panduannya. Kira-kira untuk posting bagusnya berapa kali seminggu ya? lalu mana yang lebih baik, membuat 20 artikel dengan 1000 kata, atau 40 artikel 500 kata?
    Lalu apakah panjangnya artikel memang signifikan terhadap SERP google?

    • Din Tok Post authorReply

      – Tiap hari posting hasilnya akan lebih bagus. Kedepannya index artikel akan berjalan lebih cepat.
      – Jika tidak memungkinkan, usahakan 2 kali dalam seminggu.
      – 20 artikel @1000 kata jauh lebih bagus.
      – Tingkat kepadatan kata suatu artikel sangat berpengaruh. Kepadatan kata adalah salah satu dari 200+ indikator pemeringkatan Google.

  30. Rozuqni Reply

    Betul apa yang agan sampaikan, kadang kala kita terlalu bernafsu agar blog kita ingin sekali banyak pengunjungnya sehingga melakukan car-cara yang kurang baik, akibatnya nyesel sendiri.

    Terima kasih atas sarannya.

  31. danu Reply

    nice infoh gan.. penyakit orang indo emang suka yang instant (termasuk ane). jadi baru buat blog 2jam udah mikir tentang ngehasilin 1k $. semua emg perlu proses ๐Ÿ˜€

  32. danu adji Reply

    mantap gan artikelnya, semoga menjadi amal yang berkah amiin

  33. Sugeng Widodo Reply

    aku bloger baru mas …saya mau nanya…yang termasuk over optimization itu apa saja ya? terimakasih mas

    • Din Tok Post authorReply

      Pada dasarnya, over optimasi adalah sebuah upaya pengoptimasian situs web yang dilakukan secara berlebihan (memaksakan). Over optimasi dicirikan oleh sejumlah hal, diantaranya mengulang kata kunci secara berlebihan (keyword stuffing) dan menanam backlink secara berlebihan (tidak natural).

  34. Marmertulungagung.co/ Reply

    Apa ini juga berlaku untuk Online shop untuk mendatangkan traffic yang tertarget buat konsumen kita..Mohon pencerahannya Gan, makasih maklum masih belajar buat dagang marmer

  35. Mugianto Reply

    Yang no 1 mah kata saya Promosi yang berkala ya Gan, udah susah bikin artikel berkualitas tinggi tapi promosinya jeblok ya percuma. cape2in tangan aja hihihihi

    Salam
    Mugianto

  36. fatriyanto Reply

    Thaks Infonnya gan, sangat membantu saya untuk belajar SEO, dan memang untuk sukses itu tidak ada cara yang instan, butuh perjuangan, salam bloger

  37. Jufri Reply

    Mas saya pada awalnya punya trafik blog pas-pas saja sekitar 100 hingga 200 pengunjung perhari, tapi beberapa minggu yang lalu domain saya dibened karena terlambat bayar, ketika saya bayar dan aktif kembali, blog saya tidak ada pengunjungnya sama sekali, walau sudah saya buat postingan baru tapi tetap minim pengunjung sehari paling 5 atau 6 saja. Minta pencerahannya mas.

    • Din Tok Post authorReply

      Hal tersebut wajar mengingat peringkat blog Anda menurun seiring dengan domain yang expired. Solusinya, tetap posting secara rutin, dan dalam beberapa pekan/bulan kedepan trafiknya akan kembali normal, bahkan meningkat.

  38. beken.id Reply

    mantap artikelnya, ngomong2 blog ini berapa lama bisa dpt 1.000 pengunjung per hari mas??

    mampir ke blog sy mas, masih sepi nich pengunjungnya..

  39. komar Reply

    makasih infonya mas mantap, kamrin pengunjung saya mencapai 200 tapi sekarang cuma tinggal 20 perhari kenapa ya mas

  40. Ayunda Reply

    Mau belajar mudah2an bisa ngedatengin 1000 pengunjung per hari, do’ain ya

  41. Muhammad habibi Reply

    Nice share gan. Ane udah cobain tapi masih sepi banget gan, cuma puluhan per harinya. Mohon penerangan nya gan. Salam kenal

  42. herbas Reply

    terima kasih artikelnya manfaat sekali. tapi hitung2an seperti apa Mas sehingga bisa yakin 1000 pengunjung/hari

  43. Adnalda Reply

    Mau tanya min, kalau untuk promosi blog berbayar yang terbaik itu yg mana ya? Google AdWords atau Facebook Ads atau Twitter Ads? Mohon pencerahannya. Matur suwun

  44. blognunan Reply

    Untuk membangun sebuah blog yang niche memang membutuhkan pondasi yang kuat, berupa artikel yang berkualitas, serta optimasi SEO yang baik, komitmen berkelanjutan. Nice artikel suhu.
    Bisa menjadi acuan untuk blogger pemula seperti saya yang sedang berjuang.

  45. okewow Reply

    terimakasih artikelnya, sarannya cukup jelas dan segera saya praktekkan.

  46. Iqbal Reply

    Langsung ke tkp saja nih mau saya praktekin,,terima kasih infonya

  47. dylan Reply

    Bagus banget artikelnya mas,, Izin nyoba mudah mudahan artikel saya selalu tembus peringkat satu google

  48. Kang ir Reply

    Artikel nya sangat lengkap, cocok buat newbie yang baru belajar.

  49. nabil Reply

    Saya sangat sibuk,biasanya saya posting artikel di hari sabtu dan minggu.apakah itu ideal untuk update blog?

    Umur blog saya baru 2 bulan,dan trafik perharinya tidak banyak,dan tidak mengalami peningkatan yg signifikan.jadi apakah itu wajar untuk blog yg masih 2 bulanan?

    Lebih akurat mana perhitungan visitor dari blogger atau google analytic?

    Kenapa antara blogger dan google analytic hitungannya gak sama?dan bila google analytics akurat,visitor yg didapat dari perhitungan blogger darimana?

  50. Isfan Reply

    masih sulit nih gan, buat mendatangkan banyak pengunjung

  51. Rina Reply

    Jadi kalau cuman rajin posting saja itu masih susah ya buat dapet 1000 pengunjung per hari ?

  52. toyas Reply

    Masih baru jadi blogger nih gan jadi minim ilmu,
    ternyata perlu kreatif dan pola pikir yang terang dalam membangun sebuah blog yang banyak pengunjung.
    thanks ya gan ilmunya

  53. Afrizal Reply

    kebetulan saya baru buat blog baru nih dan trafiknya masih sepi banget, mudah2an tips dari artikel ini membantu

  54. ratih Reply

    mas terima kasih infonya, saya mau tanya saat periksa blog saya di google wabmaster ada pesan duplicated tag judul, itu cara menghilangkannya bagaimana ya, terima kasih ya mas bantuannya

  55. Alfian Reply

    Bermanfaat nih. berarti kalau mau mendatangkan traffik sampai puluhan ribu butuh 1 tahun ya?

  56. Androitz Reply

    Blogku masih baru dan baru ganti domain, semoga ja banyak pengunjung

  57. Deni Reply

    Boleh juga artikelnya tp saya lbh suka pake facebook ads

  58. jainul Reply

    Apakah umur Blog juga berpengaruh untuk mendatangkan Visitor hingga ribuan ini?

  59. Kedy Reply

    Saya madih binggung cara memperkuat keyword di dalam postingan. Maksudnya menekankan keyword. Misalkan saya mau tulisan saya megenai “konten tidak memadai adsense” kuat di pencarian orang gimana masukinnya di postingan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *