Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Blog

cara dapat uang dari blog gratisBagi Anda yang ingin menguangkan blog milik Anda, ada banyak cara untuk melakukannya. Pada artikel ini saya ingin share tiga cara mudah untuk mendapatkan uang dari blog dengan harapan apa yang saya paparkan pada kolom artikel ini berguna bagi Anda.

Blogging adalah cara favorit saya untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Blogging memudahkan saya untuk menyalurkan hobi, berbagi, dan tentunya mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan dengan bermodalkan kerja keras serta konsitensi. Ketiga hal tersebut yang mendasari pilihan saya untuk menjadi seorang full time blogger.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Banyak cara untuk memonetisasi blog, lalu cara apakah yang paling mudah? Berikut tiga cara praktis untuk menguangkan blog yang dapat Anda coba.

Menjadi Publisher Iklan Pihak Ketiga
Menjadi penerbit iklan pihak ketiga adalah langkah paling mudah dan menguntungkan untuk memaksimalkan penghasilan Anda dari blog. Anda bisa memilih jaringan periklanan berbasis pay per click (PPC), cost per mile (CPM), atau cost per action (CPA).

Bagi Anda yang lebih melirik PPC, Google Ads adalah pilihan terbaik yang dapat Anda coba. Google Ads memiliki sejumlah kelebihan dibanding ads network lain, diantaranya adalah mutu iklan, jadwal pembayaran, impresi iklan, volume penghasilan, dll.

Kendati Google Ads merupakan jaringan periklanan PPC terbaik, namun bukan berarti tidak ada alternatifnya. Terdapat sekian banyak jaringan periklanan PPC selain Google Ads yang juga bisa Anda coba, diantaranya adalah Adversal, AdCash, Chitika, dll.

Bagi Anda yang ingin menjadi mitra PPC lokal premium, silakan baca artikel daftar  jaringan PPC lokal untuk blog berbahasa Indonesia.

Menggait Direct Advertiser
Jika blog Anda sudah berpengunjung, Anda bisa memilih opsi menawarkan space iklan secara langsung kepada pengiklan. Cara ini memang tidak sepraktis cara pertama, namun bukan hal yang sulit untuk Anda lakukan sepanjang blog yang Anda tawarkan punya mutu.

Cara untuk mendapatkan direct visitor diantaranya adalah dengan memajang space iklan di blog Anda. Kemudian, Anda juga bisa menghubungi langsung calon pengiklan. Buat tawaran yang relevan dan tidak berat sebelah, dengan demikian penawaran Anda akan lebih berpeluang untuk ditindaklnjuti.

TIPS MENAWARKAN JASA IKLAN

  • Buat penawaran menggunakan bahasa yang baik
  • Deskripsikan konten blog Anda
  • Informasikan statistik blog Anda sesuai apa adanya
  • Cari pengiklan yang produknya berkaitan dengan tema blog Anda
  • Jangan mematok harga terlalu mahal

Meskipun mencari pengiklan secara langsung terkadang terkesan ribet, namun usaha Anda tetap akan membuahkan hasil jika Anda tidak melupakan sejumlah hal pokok sebagaimana yang saya sebutkan diatas.

Mengikuti Program Afiliasi
Menjadi seorang affiliate dengan menjadikan blog sebagai media sosialisasi merupakan salah satu cara terpopuler untuk mendapat penghasilan dari internet melalui blog. Penghasilan dari program afiliasi ini bahkan berpotensi melebihi penghasilan dari keikutsertaan dalam program periklanan berbasis PPC.

Untuk Anda yang mengelola blog berbahasa Inggris, program afiliasi yang dapat Anda ikuti diantaranya adalah Amazon, Bluehost atau web hosting populer lainnya yang menawarkan program afiliasi. Anda juga dapat mencoba berafiliasi dengan salah satu developer tool reset keyword kenamaan, Long Tail Pro.

Sementara itu, bagi Anda pengelola blog berbahasa Indonesia, Anda bisa mencoba program afiliasi yang ditawarkan oleh situs e-commerce, seperti Lazada. Jika Anda punya blog bertemakan gadget, maka bergabung menjadi affiliate Lazada sepertinya patut untuk Anda coba mengingat Lazada adalah toko jual-beli barang-barang elektronik.

Tersedia banyak ruang bagi Anda untuk memonetisasi blog, apa yang saya paparkan diatas hanya tiga dari sekian banyak cara yang cukup mungkin akan memberikan Anda penghasilan online yang sebanding dengan waktu yang Anda investasikan untuk membangun serta mengembangkan blog-blog Anda.

Hosting Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *