Cara Meningkatkan Visitor Blog Lewat Sosial Media

cara meningkatkan trafik lewat sosial mediaBanyak cara untuk meningkatkan trafik blog, mulai dengan bermodalkan SEO dimana fokusnya adalah mendatangkan pengunjung melalui search engine, blog walking, hingga meningkatkan trafik dengan memanfaatkan situs-situs social sebagai media perantara. Sebagian besar presentase trafik blog memang berasal dari mesin pencari, terutama Google Search, namun social media juga punya potensi besar untuk meningkatkan trafik blog, bahkan secara signifikan.

Artikel ini akan mendiskusikan cara meningkatkan trafik blog lewat situs social media. Seperti yang kita tahu, saat ini terdapat sekian banyak situs social media yang bisa kita manfaatkan untuk mensosialisasikan blog yang kita kelola. Situs jejaring sosial yang paling populer untuk promosi konten blog yaitu Facebook, dan Twitter. Selain Facebook dan Twitter, masih banyak situs sejenis yang juga bisa Anda gunakan, seperti Google Plus, Linkedin, Pinterest, dll.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Mendapatkan pengunjung dari situs social media membutuhkan sebuah strategi dan realisasinya memang relatif membutuhkan waktu. Jika kita melakukannya dengan cara atau metode yang salah, maka yang ada hanya predikat spammer yang akan kita dapat. Dengan menggunakan cara-cara yang tidak tepat kita tidak akan dapat menggait pembaca dari social network. Dewasa ini social network memiliki peran penting untuk mensukseskan blog yang kita bangun, dan konsep marketing sosial media yang kita siapkan harus tepat agar  dapat membuahkan hasil.

Facebook dan Twitter merupakan jejaring sosial terbesar dengan jumlah pengguna lokal paling banyak. Jika konten blog Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka tentunya kedua situs tersebut sangat cocok untuk mendongkrak trafik blog Anda. Anda dapat mengarahkan trafik kedua situs sosial ini ke blog Anda melalui berbagai strategi, dan berikut ini adalah beberapa langkah serta kiat untuk mendatangkan pengunjung dari situs sosial media yang dapat Anda terapkan.

Jadilah diri Anda sendiri

Sebagian pengguna jejaring sosial tidak memiliki identitas. Hal ini harus Anda hindari jika ingin branding melalui sosial media. Tunjukkan diri Anda yang sebenarnya. Ingat, mendapatkan reputasi di sosial media itu tidak bisa diwujudkan dengan cara menjadi orang lain.

Buat orang lain kenal siapa diri Anda

Poin ini hampir sama dengan poin pertama. Intinya, Anda harus bisa menunjukkan jati diri Anda kepada orang lain. Perlihatkan diri Anda yang sesungguhnya kepada teman-teman Anda, karena dari sini semuanya akan terbangun.

Cari teman sebanyak mungkin

Jangan membatasi pencarian teman. Bersikaplah yang ramah, mau mendatangi orang lain terlebih dahulu, maka kedepannya Anda akan memiliki banyak teman. Punya banyak teman akan memudahkan Anda untuk berbagi sesuatu, termasuk berbagi konten blog yang mungkin disukai oleh mereka.

Berbagi sesuatu yang bermakna

Jangan hanya membagikan sesuatu yang bersifat komersil atau sosialisasi produk. Sesekali buatlah sebuah pesan sosial yang berarti, misalkan dengan menulis status yang berbobot, memberi motivasi kepada teman-teman Anda, dsb.

Pro aktif dan responsif

Jangan menjadi pengguna pasif. Seberapa banyak pun teman Anda di sosial media hal ini tidak akan banyak membantu jika Anda hanya diam dan tidak melakukan apapun. Datangi mereka, dan berikan respon sebagaimana mestinya agar kedepannya mereka semakin peduli dengan Anda.

Manfaatkan fitur sosial media

Situs social network menyediakan banyak fitur berguna yang dapat Anda gunakan untuk bersosialisasi. Di Facebook ada Fans Page. Buatlah halaman fans untuk memudahkan Anda menemukan kriteria orang yang berpotensi menyukai apa yang Anda tuangkan di blog.

Dekati komunitas yang memungkinkan Anda untuk bersosialisasi konten blog

Temukan komunitas yang tepat untuk memperkenalkan konten blog yang Anda kelola. Dari kesekian banyak pengguna aktif situs jejaring sosial Anda tidak perlu kuatir untuk menemukan kriteria orang yang punya potensi memiliki ketertarikan terhadap apa yang Anda tuliskan di blog.

Lakukan semuanya secara terjadwal

Jangan melakukan semuanya pada waktu yang sama. Baik sosialisasi artikel maupun berbagi informasi sebaiknya dilakuakn secara terjadwal agar tidak menimbulkan pandangan negatif serta mengindikasikan tindakan spam yang tentunya dapat merusak reputasi Anda dihadapan mereka (teman-teman Anda).

Hosting Terbaik Indonesia

10 comments

  1. Ilmu Pendidikan Reply

    Webite dan blog saat ini sudah harus memiliki akun atau halaman sosial media sendiri.
    Ya memang karena Sosial Media cukup ampuh untuk membangun network agar mendapat langganan pengunjung. 😀

  2. igaz qasta Reply

    Memang sosial media, cara ampuh bt promo untk saat ini. Ok .. mksh mαѕЪяσ°

  3. patar tambunan Reply

    Terimakasih gan..jika dimanfaatkan dengan benar sistus” jejaring sosial memang bisa mendatangkan banyak visitor terutama dari facebook dan twitter.

  4. dwi lestari Reply

    wihh mantab nihh, karena memang media sosial ini berpengaruh buat ningkatin visitor jadi facebook,twitter,gogle+ kuduu punyaa nih bagi seorang blogger. kalo aku sendiri sehabis posting artikel, lansung dah akuu sebarin link-link di media sosial, hihi *malahcurhat
    maksihhh kak tips nyaa, okeee binggo 😀

  5. Anang Reply

    Ini Yang Saya cari Artikel Berkualitas Dan Bagus, Terimakasih Mas Nanti Di
    Posting Lagi Mas ya, Mantab, Sekali Lagi Terimakasih

  6. Masdar Reply

    Cara mengiklankan pada satu target negara bisakah

  7. sari Reply

    Ilmu baru yang harus di praktekin nih, terima kasih tipsnya.. izin tipsnya untuk coba,

  8. dody Reply

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sepertinya kita harus konsisten melakukannya.. Terima kasih atas artikelnya.

  9. Karisma ardi Reply

    Memang social media mempunyI pengaruh yang kuat utk trafik dan rating di Google. Sebagai pengalaman saya pernah saya posting di media sosial artikel baru yang memang saat itu lagi trend, lalu tanpa saya sadari sudah di share banyak orang. Kira2 dalam sehari saya lihat postingannya sudah mencapai 500 an pengunjung. Padahal blog saya termasuk blog baru yg cuma 5 artikel. Lalu seminggu kemudian sudah masuk di halaman pertama Google walaupun nomer urutan 6. Saya sangat merekomendasikan media sosial sebagai offpage seo yang sangat berpengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *