Cara Mendapatkan Uang Dari Blogspot

cara mendapatkan uang dari blogspotBlogspot adalah sub domain dari blogger.com, merupakan salah satu platform blog gratisan yang paling banyak digunakan oleh blogger. Meskipun gratis, namun platform ini menawarkan sejumlah kelebihan kepada para penggunanya. Dari kesekian alasan yang mendasari dipilihnya blogspot oleh blogger adalah memungkinkan mereka untuk mencari penghasilan melalui program periklanan dari blog gratisan yang mereka buat menggunakan platform ini.

Jika di WordPress terdapat dua kategori blog, yaitu WordPress.org (self hosted/berbayar), dan WordPress gratisan (WordPress.com), maka di blogspot pilihannya hanya ada satu. Namun demikian, para pengguna blogspot diberi kebebasan untuk melakukan custom domain dimana custom domain sendiri merupakan salah satu indikator profesionalitas sebuah blog.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Terlepas dari kekurangan yang ada, blogspot merupakan tool ngeblog yang cukup bermanfaat. Bahkan, dengan ngeblog menggunakan blogspot Anda bisa menghasilkan uang tanpa harus memikirkan biaya sewa hosting yang tentunya tidak murah. Di Indonesia, blogspot merupakan platform blog terpopuler. Faktor gratisan sepertinya menjadi alasan tersendiri bagi para penggunanya.

Kembali ke judul artikel, cara mendapatkan duit dari blogspot. Bagaimana cara dapat uang dari platform blog gratisan blogger.com?

Berikut rangkuman langkah-langkah untuk mendapatkan penghasilan dari blogspot yang dapat Anda pelajari serta Anda praktekkan.

Belajar tentang dan ilmu ngeblog
Carilah referensi untuk diri Anda membangun pengetahuan tentang apa itu blog, dan ilmu ngeblog. Sebelum Anda menentukan target blogging, maka hal pertama yang harus sudah Anda miliki adalah pengetahuan dasar dari blogging itu sendiri. (baca artikel: tips ngeblog untuk pemula)

Pikirkan apa yang menjadi minat Anda
Blogging berdasarkan minat atau hobi akan memudahkan Anda untuk menulis lebih banyak artikel dalam rentang waktu yang singkat. Pilihlah tema blog sesuai dengan hobi Anda agar Anda bisa lebih produktif serta merasa nyaman dalam menulis artikel.

Buatlah blog pertama Anda
Jika teknik dasar blogging sudah Anda pelajari, kemudian ide untuk menentukan tema blog sudah ada dikepala, maka tiba waktu untuk membuat blog pertama Anda. Set-up blog Anda; gunakan template seo friendly, buatlah meta description dan meta keywords, buatlah sitemap blog, daftarkan blog ke Google Webmaster Tools, dan posting artikel secara terjadwal. Jika memungkinkan, postinglah satu artikel per hari, dan jika Anda tidak punya banyak waktu cukup posting satu artikel per tujuh hari. (baca artikel: panduan cara membuat blog di blogspot)

Optimasi blog Anda untuk mendapatkan peringkat lebih baik
Bergantung pada keyword yang Anda pilih, proses optimasi blog bisa memakan waktu sangat lama. Jika keyword yang Anda pilih berupa keyword high competition (persaingan tinggi), maka lazimnya Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa meraih peringkat bagus dalam index hasil pencarian mesin pencari. (baca artikel: cara reset keyword)

Optimasi blog merujuk pada sekian banyak aktivitas, beberapa diantaranya adalah menanam backlink secara natural, menulis artikel berkualitas, membersihkan blog dari broken link, mendesain template menjadi lebih SEO friendly, mempercepat loading blog, dll.

Pilih cara monetisasi blog
Berbagai tahapan sudah dilalui sebagaimana disebutkan diatas, dan normalnya blog Anda sudah berpengunjung usai menempuh tahapan pembuatan, posting artikel,hingga optimasi. Saatnya bagi Anda untuk menguangkan blog tersebut.

Terdapat beragam cara untuk memonetisasi blog Anda, tiga cara terpopuler menghasilkan uang dari blog sudah saya kupas dalam artikel cara mudah mendapatkan uang dari blog.

Monetisasi blog dengan keberagamannya memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Merujuk pada statistik, penghasilan dari blog ber-platform blogger lebih banyak didapat dari program periklanan berbasis Pay Per Click (PPC). Menjadi publisher iklan PPC cukup praktis karena kita tidak perlu mencari pengiklan secara langsung. PPC juga merupakan salah satu sistem periklanan online yang saat ini paling banyak digunakan.

Selain PPC, Anda juga bisa memasang iklan berbasis Cost Per Mile (CPM), namun revenue dari pemasangan iklan berbasis CPM tidak semaksimal PPC. (baca artikel: daftar iklan PPC, CPM untuk blog bahasa Indonesia).

Hosting Terbaik Indonesia

4 comments

  1. aksal Reply

    terus yang di nilai sama blogspot nya banyak nya pengunjung apa bagus nya blog ?

    • Din Tok Post authorReply

      Bagus itu mencakup banyak hal. Pengunjung adalah aspek terpenting dalam memonetisasi blog, tetapi pengunjung tersebut harus didatangkan dengan teknik yang benar (legal). Contoh mendatangkan pengunjung secara ilegal (terlarang), memposting artikel hasil copas, menggunakan gambar yang bermateri hak cipta, spam, dll.

  2. lukman Reply

    inngin belajar ngeblog tapi gak tau cara,nya bisa di tunjukin cara,nya gak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *