Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gratis Alias Tanpa Modal

cara mendapatkan uang dari blog - bloggerlaonganMendapatkan penghasilan dari internet dengan memanfaatkan media blog dewasa ini semakin diminati oleh banyak orang. Ya, dengan berbekal blog, baik blog pribadi maupun blog yang dikelola secara bersama-sama memungkinkan blogger bersangkutan untuk mendapatkan penghasilan online dari blog yang mereka kelola.

Mendapatkan uang dari blog tanpa modal (kecuali biaya koneksi internet) sejatinya cukup realistis, namun semuanya bergantung pada tingkat kesiapan Anda. Untuk bisa menguangkan suatu blog dibutuhkan sarangkaian proses, dan masing-masing tahapan akan menjadi barometer hasil akhirnya.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Tidak ada yang instan, begitu juga dengan menggali penghasilan dari blog. Berapa Rupiah pun yang ingin Anda dapat tetap saja harus menempuh fase demi fase. Melalui artikel ini, Blogger Lamongan ingin berbagi tips cara mendapatkan uang dari blog dimulai dari tahapan paling awal hingga menentukan sumber monetisasi yang nantinya dapat Anda pilih.  Bagi Anda yang mungkin belum seberapa familiar dengan blogging namun disisi lain ingin mencoba profesi online ini, semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan serta dorongan bagi Anda.

Mulailah mengenal blog

Tahapan awal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog tanpa modal adalah dengan mulai mengenal “apa itu blog”, dan “bagaimana cara ngeblog yang benar” sehingga kedepannya bisa menghasilkan profit untuk Anda.

Membuat blog dengan tujuan untuk dimonetisasi membutuhkan konsep yang matang. Pondasinya harus jelas, karena tidak semua blog itu bisa menghasilkan uang. Cari tahu lebih banyak tentang lingkup blogging sehingga Anda bisa menentukan arah blog yang akan Anda buat.

Anda bisa belajar basic blogging dari blogger-blogger senior untuk memperluas wawasan Anda tentang hirup-tikup blogging.

Belajar ilmu ngeblog

Profesi apapun yang ingin Anda geluti, tentunya dibutuhkan skill dan pemahaman yang luas tentang bidang tersebut. Ngeblog pun begitu adanya, Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog jika bekal pemahaman Anda tentang “ngeblog untuk uang” masih kurang.

Terlebih dahulu bekali diri Anda dengan dasar-dasar teknik ngeblog, kemudian buatlah sebuah blog untuk mempraktikkan ilmu yang Anda dapat. Kembangkan blog Anda dengan melakukan sejumlah tahapan optimasi sesuai dengan ilmu yang Anda serap dari para pendahulu Anda.

Sambil meng-upgrade ilmu dari para senior serta hasil analisa Anda sendiri, terus lakukan Trial & Error untuk merealisasikan target yang Anda emban.

Reset keyword

Sebelum memutuskan untuk membuat blog, sebaiknya Anda melakukan reset keyword atau kata kunci terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menentukan arah blog Anda kedepannya.

Reset keyword dibutuhkan untuk: mencari tahu tingkat persaingan keyword, jumlah pencarian di SERP, potensi komersil, dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengembangan blog.

Tentukan platform blog

Seiring dengan terus meningkatnya popularitas media online semakin banyak pula platform blog yang bisa Anda gunakan. Namun, untuk tujuan monetisasi Anda tidak boleh salah dalam memilih platform. Jika Anda seorang pemula yang ingin mendapatkan penghasilan online tanpa modal, maka pilihan yang ideal untuk Anda adalah platform Blogger dan WordPress.com.

WordPress.com dan Blogger/Blogspot adalah dua platform gratisan yang paling banyak digunakan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi saya, Blogger serasa lebih tepat untuk program monetisasi. Dengan menggunakan WordPress.com akses user terbatas, begitu juga lingkup monetisasinya. Sementara itu, menggunakan platform Blogger memberikan lebih banyak ruang untuk mendapatkan penghasilan online berbekal hosting gratisan, namun sisi minusnya blog dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Google selaku pemilik jika blog Anda dianggap banyak melakukan tindakan spam.

Belajar teknik optimasi

Setiap blog, apapun temanya harus dioptimasi agar mampu bersaing dengan blog-blog lain. Micro blog sangat membutuhkan kuantitas optimasi, karena pada dasarnya blog dengan jenis micro atau personal blog lazimnya hanya berisi beberapa artikel. Berbeda dengan portal besar yang berisi ribuan hingga jutaan artikel sehingga secara teknis lebih berpeluang untuk mendatangkan pengunjung karena padatnya konten.

Belajarlah teknik optimasi SEO (search engine optimization) untuk mendongkrak posisi blog Anda di SERP. Teknik SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sangat memberi andil besar untuk mengukur kesuksesan blog dalam mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (Google, Bing, dll).

Baca: tips SEO dasar,  strategi SEO untuk blog dan website, cara optimasi blog

Ketahui apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan

Selama dalam proses pengembangan tentunya Anda akan melakukan banyak hal berkaitan dengan upaya pengoptimasian. Anda harus tahu, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting untuk menjaga track blog Anda agar tetap berada pada landasan yang tepat.

Pada saat melakukan optimasi, tidak semua metode optimasi itu boleh digunakan. Teknik optimasi salah atau teknik optimasi menyimpang yang lebih familiar dengan istilah blackhat harus Anda hindari, karena hal tersebut akan mengubur masa depan blog.

Beberapa contoh teknik optimasi blog yang harus Anda hindari, diantaranya link building secara membabi-buta, melakukan praktik spam, dan menulis artikel yang hanya berisi kata kunci. Sementara itu, salah satu larangan lain yang benar-benar harus Anda hindari yakni copy-paste artikel dari blog lain. Jika Anda ngeblog dengan harapan ingin menghasilkan uang, maka Anda benar-benar harus menghindarinya.

Blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang berbekal originalitas

Jadilah orang yang kreatif

Jadilah blogger yang kreatif, karena semakin kreatif semakin banyak pula sumber uang untuk Anda. Apabila Anda sangat produktif dalam menulis artikel, tulislah artikel yang unik dan memiliki potensi profit tinggi.

Berikan sesuatu yang berbeda kepada pengunjung, dengan demikian mereka akan terus merasa terdorong untuk mengunjungi blog Anda. Salah satu tingkat kesulitan blogger dalam membangun bisnis online terletak pada kendala trafik, dan jika Anda bisa menjadi blogger yang kreatif saya yakin trafik hanya masalah waktu.

Sabar dan tetap optimis

Meskipun kita sudah membuat perencanaan matang, terkadang hasilnya tetap diluar espektasi. Blogging adalah program jangka panjang, disini mereka (blogger) dituntut untuk tetap fokus, konsisten dan jangan sampai kehilangan optimisme untuk mewujudkan target.

Lakukan analisa untuk mencari tahu sisi minus pada blog Anda sehingga masih kalah bersaing dengan blog-blog lain. Periksa kondisi kesehatan blog, mulai dari struktur template, broken link, time loads, dll.

Pilihlah metode monetisasi

Jika blog Anda sudah memiliki pengunjung, maka tiba waktunya untuk mulai menghasilkan uang online dari blog Anda. Dalam hal ini ada banyak metode monetisasi yang dapat Anda pilih, beberapa diantaranya adalah dengan menjadi publisher iklan berbasis PPC (Pay Per Click), menjadi publisher iklan berbasis CPM (cost per mile), menjadi publiher iklan secara mandiri (mencari advertiser sendiri), bergabung dengan program afiliasi, me-review produk brand/perusahaan tertentu, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak metode menotisasi blog, sebagian besar blogger lebih tertarik untuk menjadi publisher iklan berbasis PPC. Dengan menjadi penerbit iklan Pay Per Click, maka Anda akan dibayar dengan sistem perhitungan berdasarkan klik. Harga klik yang didapat pun cukup bervariasi, bergantung pada bahasa konten, keyword konten, prilaku pengunjung (yang mengeklik iklan), geolokasi pengunjung, dan juga PPC ads network yang digunakan.

Hosting Terbaik Indonesia

103 comments

    • Din Tok Post authorReply

      Sabar dan tetap fokus aja!

      • Tiwo Satriatama Reply

        Setuju sekali kang.
        Sabar, bener-bener harus sabar dan fokus. Banyak sekali blogger pemula yang gagal di tengah jalan karena terlalu ambisius dengan uang.
        Padalah trafik ini adalah nyawa sebuah blog.
        Kalo trafik udah oke, insyaalloh insyaalloh hasilpun lebih mudah didapat.

        Terimakasih artikelnya keren kang!

    • Faizin Bersama Reply

      Kasusnya sama nich, sabar, optimis, dan terus belajar adalah tekad yang saat ini aku tanamkan.

      • ohdroid Reply

        Setuju banget dengan agan Faizin, kudu Sabar, fokus dan juga optimis blog kita bisa kebanjiran visitor yang berimbas pada meingkatnya pundi – pundi $$$ hehe..

  1. bagus Reply

    Dari mana kita mendapat iklan? Apakah mereka menghubungi kita atau kita yg mencari si pemasang iklan?

    • Din Tok Post authorReply

      Diatas sudah dijelaskan. Anda bisa mendaftar program PPC atau mencari sendiri pemasang iklan.

      • arif Reply

        terangin dong gan gimana ikutan PPC…
        thx

  2. BiarTau Reply

    ini yang baru saya mulai, terima kasih pencerahannya semoga bisa konsisten lagi hehehe

  3. ziuma Reply

    kapan ya saya dapat penghasilan dari internet?
    selalu berharap

  4. Budi Sulaiman Reply

    Tks atas informasi yang bermanfaat ini.
    Ada yang tau gak forum yang bagus buat belajar ngeblog?

  5. Budi Sulaiman Reply

    Ada yang tau forum yang bagus untuk belajar membuat blog

  6. Akbar Reply

    dari sekian banyak metode monetisasi, adsense jadi pilihan yang tepat tapi bagi saya sangat sulit digapai.

  7. maya ismay silaban Reply

    Tips yang super Ampuh mas..
    makasih banyak atas tips ini mas.
    punya blog tapi mengoperasinya susah banget.
    daftar GA super gilak payah kali.

    backwalking ya mas.
    kutunggu,,

  8. abdurrozaaq Reply

    bagus gan artikelnya… oh ia gan. punya trik-mendaftar di pcc.. kasih tau ya gan solanya saya tergolong baru belajar bisnis online.

  9. Kang Ibra Reply

    Ulasan yang menarik mas.. untuk mendapatkan pendapatan dari blog memang harus konsisten ya kita membangun blog tersebut..

  10. watizen Reply

    bagus banget, sangat bermanfaat untuk belajar ngeblog bagi pemula seperti saya ini

  11. reski Reply

    Good. Ohiyya gimana cara mencari perusahaan yg bisa direview brandnya? Terus ppc itu caranya gimana untuk bisa diiklankan?

  12. wandj Reply

    mantep brooo, sukses buat blogger inonesia … semangat neblog dah pokonya

  13. bhakti Reply

    masih susah banget ngedatangkan visitor. tapi ini artikel yang bagus sekali

  14. Teguh Wibowo Reply

    Trimakasih info nya Gan,,menarik banget,kira kira minimal berapa pengunjung blog kita bisa mulai bikin iklan PPC?apakah ada persyaratan buat menghasilkan PPC

    • Din Tok Post authorReply

      Kalau untuk menjadi publisher iklan PPC, secara keseluruhan tidak ada batasan jumlah pengunjung. Tapi, untuk menghasilkan pendapatan dari iklan PPC setidaknya pageview blog harus berada diangka ribuan, namun hal tersebut bergantung pada sejumlah hal, mulai CPC keyword, visitor country, dll.

  15. ubalin Reply

    Content nya cukup inspiratif, hanya ada kalanya blogger mandeg dan susah mendapatan ide dalam menulis artikel, lebih parahnya lagi kadang hilang semangat dan motivasi, mudah-mudahan dengan artikel seperti ini dapat menambah motivasi bagi para blogger yang kehilangan inspirasi, thanks for info.

  16. Ayah Faiz Reply

    Betul gan. Harus kreatif, unik, cerdas atau lucu kalau perlu. Yang penting konsisten dan jangan gampang menyerah. Trims.

  17. Writer Reply

    Sebaiknya orientasi blogging bukan hasil. Jika itu, maka Anda akan stress karena mungkin tidak sesuai yang diharapkan. Tapi, jika berorientasi untuk melayani dan membantu orang dengan informasi yang diberikan. Insya Allah, penghasilan akan mengikuti. Monetisasi perlu, tapi jangan hasil yang dijadikan orientasi. Itu pendapat saya sih.

  18. Katalogkarir Reply

    Informasi yang sangat bermanfaat… harus Sabar (y). Tapi berapa lama ya harus bertahan…

  19. ronald Reply

    terus cara ambil uang d blog gmn caranya?

  20. Baba Jihan Reply

    Memang ya, butuh waktu lama dan keseriusan untuk bisa menghasilkan uang, jd tdk hanya modal semangat saja, hrs dg ilmu dan bimbingan..

  21. sugiyanto mendung Reply

    memang tidak mudah masuk ke GA udah beberapa kali ditolak , maju terus sampai berhasil… Makasih resep nya

  22. Arzam Reply

    Yang jelas semuanya harus di praktekin dan butuh konsistensi yang tidak sebentar. mantap buat bloggerlamongan yang udah jadi panutan buat pemula kayak saya. 😉

  23. De Eka Reply

    Nanti saya mau buat blog yang sudah pakai web hosting mas..
    Biar lebih pro kelihatannya, hehehe..

  24. Aisyah Sekar Sari Reply

    Ini kak, saya udah 2 tahun gunain blog/nulis postingan blog. muncul sih di google+ postingan saya..
    cuman sya masih bingung ni? pengen menghasilkan uang dari apa yang saya tulis selama ini.. tapi nggak tau caranya? bisa kasih tau cara yang lebih singkat lagi nggak? kalo udah kebanyakan kayak itu ngertiinnya maksudnya susah.
    maksih sebelumnya.. bales ya kak 🙂

    • Din Tok Post authorReply

      Kalau maunya singkat, berarti nggak boleh mengharap uang, karena untuk menghasilkan uang dari blog itu butuh proses dan kerja keras.

      Penjelasan pada artikel ini sebenarnya sudah cukup membantu jika kamu cerna dengan baik, tapi jika kamu belum bisa mengambil poinnya, silakan terapkan apa yang saya sebutkan dibawah ini:

      1. Pikirkan apa yang paling kamu minati
      2. Buat blog dengan tema sesuai minat kamu (misalkan tentang kuliner)
      3. Rajin posting artikel (minimal 400 kata/artikel, dan jangan copas)
      4. Jangan berhenti menulis. Sekalipun kamu merasa malas, usahakan untuk tetap memposting artikel minimal 1 artikel/2 hari.
      5. Jangan berpikir negatif ketika blog kamu belum ada pengunjungnya.
      6. Tetap konsisten dengan aktivitas menulis kamu hingga blog kamu kaya artikel dan sudah mendapat kunjungan tentunya.
      7. Daftarkan blog kamu ke jaringan periklanan berbasis PPC, CPM atau yang lainnya. Kamu bisa pilih iklan Google, Adversal, atau yang lainnya.

      • Guntur Gunawan Reply

        untuk gabung caranya gimana gan?

        • Din Tok Post authorReply

          Kan sudah dijelaskan diatas, caranya dengan mengirimkan CV lengkap agan via email.

  25. ilmudes Reply

    tipsnya cucok nih, bisa untuk dicoba dan dipraktiken.hehe. terima kasih.

  26. Suwarti Reply

    infonya makin menambah inspirasi saya untuk ikut program PPC seperti google adsense, namun saya belum begitu jelas menyerap artikel ini. Terima KAsih

  27. aulia sari Reply

    “Sabar dan Optimis” saya setuju dengan pernyataan itu. dan itu yang menjadi kunci utamanya.
    dan yang pasti sabar di sini bukan berarti tidak melakukan apa-apa lho ya…
    salam kenal.

  28. Dori Reply

    Mantap neh infonya-infonya…. boleh lah ikutan juga….

  29. Ibrahim Reply

    untuk mendapatkan uang dari blog dengan cepat juga membutuhkan keseriusan dan perjuangan ya mas 😀

  30. Infoso Reply

    Memang pada mulanya sperti sangat mudah karena belum tahu masalah perblogan,namun nyatanya blog yang menghasilkan tidak semudah dibayangkan….

  31. Hafiz Reply

    lengkap banget tutorial nya gan, makasih banget nih atas cara nya

  32. Djoe gendeng Reply

    Perlu di coba iki,,!! maksasih tutorialnya sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya contohnya hahaha.
    Sukses gann!!!

  33. kang mus Reply

    artikel saya belum muncul di mesin pencarian google, gemana caranya ya bos

  34. Arip Reply

    Terimakasih atas Arahannya Mas…. 🙂 Sangat Bermanfaat menambah Ilmu

  35. syahr Reply

    bener banget itu om, ane hampir 3 tahun ngeblog termasuk dari mulai belajar dan baru sekarang alhamdulillah sudah bisa menghasilkan 1.000.000 lebih perbulan dan baru 2 bulan ini

  36. erwan Reply

    thanks informasinya,sngat membntu.

  37. hendra sahputra Reply

    ini sangat membantu saya…!

  38. Agus Supriyono Reply

    Sabar dan optimasnya itu gan yang kadang tidak kuat godaan, karena ngeblog juga butuh biaya internet, jadi perlu cepat juga mendapatkan penghasilan dari blog. biar tidak terlalu banyak keluar biayanya

  39. elmu.web.id Reply

    Blog yang bisa menghasilkan uang adalah blog yang berbekal originalitas.
    Quot yang super sekali, original akan membuat konten kita unik dan unik berarti memperkecil persaingan pada keyword

    thanks untuk sharingnya

  40. Nazar Reply

    Harus benar benar sabar ya kang, untuk sampai tujuan mehasilkan uag dari blog gratis?

  41. ahmad Reply

    saya lagi coba2 google adsense .. mudah-mudahan berhasil

  42. kurniawan Reply

    kalau blog gratis ga bebas ngatur2 desainnya mending pke yang berbayar kalau menurut saya

  43. iwan Reply

    mas, saya punya kemampuan lumayanlah dalam bahasa arab. apakah itu bisa dijadikan niche yang bagus untuk sebuah blog?

    • Din Tok Post authorReply

      Niche bagus itu terkategorikan menjadi 2, yakni bagus pada volume trafik, dan bagus pada besaran CPC (jika dimonetisasi menggunakan ad network berbasis PPC seperti AdSense).

      Secara keseluruhan niche pendidikan memiliki jumlah pencarian yang cukup tinggi, namun saya kurang tahu jika yang dimaksud adalah niche pendidikan seputar belajar bahasa Arab. Untuk menguaknya, Anda bisa baca artikel berikut: http://bloggerlamongan.com/cara-reset-keyword-untuk-membangun-profitable-blog/

      Selain dapat digunakan untuk reset keyword, Google Keyword Planner juga dapat digunakan untuk mengukur besaran CPC suatu keyword.

      Demikian, semoga membantu.

  44. Aziizah Reply

    makasih arahan n penjelasannya,sangat menginspirasi sekali….
    untuk tambah menyangkinkan lagi,point penting apa sich yang harus aku lakukan dalam berbisnis blog ini,agar tidak salah langkah???
    terimakasih….salam kenal

  45. imoul Reply

    kalau syaa mau mendapatkan uang lewat blog hanya mengandalkan iklan non adsense saja, tidak mengandalkan hal yang lain.

  46. Wong Pule Reply

    Infonya sangat informatif dan jelas…tinggal mau coba dipraktekkan mudah2an bisa ,masih perlu bnyak belajar lagi

  47. Vitra Reply

    eem… pengunjung blog saya / hari minimal 300, tapi selalu ditolak google ads eem…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *