Cara Mempercepat Loading Blog

Speed up Blog Page Load SpeedMemaksimalkan loading blog merupakan bagian dari praktik optimasi yang cukup memberikan andil. Para praktisi SEO cukup memprioritaskan kecepatan waktu muat blog karena mereka menyadari loading blog lambat akan mendatangkan sejumlah dampak negatif bagi blog mereka.

Loading blog lambat tidak hanya akan menyebabkan bad user experience (pengalaman buruk pembaca blog), namun kondisi tersebut juga dapat berdampak buruk pada implementasi SEO. Seperti disebutkan oleh Matt Cutts, salah satu teknik optimasi yang tidak boleh dikesampingkan adalah pengoptimalan kecepatan loading blog.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat. Mulai kualitas server, template, terlalu banyak widget, dll. Dan berikut beberapa cara untuk meningkatkan speed blog yang dapat Anda implementasikan pada blog Anda.

Pantau Kecepatan Muat Blog Anda
Anda perlu menguji kecepatan muat halaman blog Anda, dan memonitornya secara berkelanjutan sehingga Anda akan tahu masalah apa yang muncul. Google menawarkan dua tool yang berguna untuk melakukan hal ini melalui website Google Web Developer.

Gunakan Google PageSpeed Insights untuk mendapatkan Skor PageSpeed dan tips untuk mengoptimalkan speed blog Anda. Gunakan Google Speed Tracer untuk mendapatkan laporan yang lebih rinci yang berisikan data tentang kinerja blog Anda.

Gunakan Server Berkecepatan Baik
Kecepatan blog Anda ditentukan oleh server. Jika Anda blogging menggunakan platform WordPress.org dimana Anda menggunakan hosting dari pihak ketiga, maka berkonsultasilah dengan provider hosting blog Anda untuk mendapatkan server terbaik dan juga agar dilakukan pengecekan apakah blog Anda kekurangan bandwidth.

Gunakan Plugin Caching
Bagi Anda pengguna platform WordPress self hosted, Anda dapat menggunakan plugin gratis W3 Total Cache atau WP Super Cache untuk mengoptimalkan speed muat halaman blog. Menggunakan plugin caching, web host Anda tidak harus mengambil beberapa elemen dari server setiap kali halaman ditampilkan. Host dapat menyimpan elemen dalam cache dan memanggilnya dari sana yang dapat mempercepat load halaman.

Mengatur Ukuran Gambar
Konten gambar dalam ukuran terlalu besar dapat menyebabkan waktu muat halaman blog menjadi sangat lambat. Sebelum Anda meng-upload file gambar, sebaiknya Anda perkecil ukuran gambar tersebut agar tidak mengganggu kecepaatan waktu muat blog Anda.

Untuk memperkecil ukuran gambar, Anda dapat menggunakan aplikasi photo editor, seperti Photoshop atau menggunakan tool online. Beberapa foto editor online yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah Smushit, Paint.net, Fotor, ShrinkPictures.com, Gimp.org, dan PicMonkey.

Menghapus Kode Javascript, CSS, HTML Yang Kurang Penting
Hapus kode Javascript, CSS, dan HTML yang dirasa kurang perlu. Periksalah kode Javascript atau CSS pada template blog untuk memastikan tidak ada duplikasi kode yang dapat memperlambat loading blog. Anda juga dapat menggunakan tool compressor kode HTML untuk memperkecil ukuran kode, namun sebakinya Anda backup terlebih dahulu karena kompresi kode HTML memungkinkan terjadinya kode error.

Hosting Terbaik Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *