Cara Membuat Blog WordPress.org (Self Hosted)

WordPress adalah sebuah engine blog yang saat ini paling banyak digunakan oleh webmaster dan blogger. Apabila Anda memutuskan untuk membuat blog berbayar (self hosted), maka Anda bisa memilih beberapa engine blog, seperti Drupal, Joomla, dan juga WordPress (WordPress.org).

Engine blog WordPress terbagi menjadi dua, yaitu WordPress gratisan (WordPress.com), dan WordPress self hosted (WordPress.org). Untuk membuat blog menggunakan WordPress.com Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, karena WordPress.com adalah engine blog gratisan. Dan untuk membuat blog WordPress self hosting, Anda harus membeli nama domain dan menyewa hosting pada provider domain dan hosting. Adapun provider domain dan hosting lokal dengan reputasi yang cukup baik diantaranya adalah JogjaHost.co.id dan Niagahoster.co.id. Niagahoster menyediakan cPanel dan Softaculous yang akan mempermudah Anda dalam membuat  blog self hosted WordPress. Kunjungi web hosting Niagahoster atau JogjaHost, pelajari kelebihannya dan pilihlah paket hosting sesuai kebutuhan.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Baca juga: Review web hosting terbaik Indonesia

Proses pembuatan blog di WordPress.com dan di WordPress.org tidak sama. Tentunya langkah-langkah pembuatan blog menggunakan WordPress.com lebih sederhana dan cepat karena Anda tinggal menggunakan tool yang sudah tersedia. Secara keseluruhan, Anda hanya perlu membuat akun dan memilih nama domain gratis (sub domain). Sementara itu, untuk membuat blog menggunakan WordPress.org prosesnya lumayan panjang, dan bekal pertama yang harus Anda persiapkan sebagaimana dijelaskan diatas yaitu sebuah nama domain (Top Level Domain) dan menyewa hosting.

Agar langkah-langkah instalasi script WordPress dapat berjalan dengan lebih cepat, Anda dapat memanfaatkan software installer CMS WordPress. Software installer yang saya maksudkan yakni Softaculous dan Fantastico. Dengan menggunakan Softaculous atau Fantastico proses instalasi akan lebih mudah karena Anda tidak perlu meng-upload file WordPress secara manual. Saat ini sebagian besar provider web hosting sudah menyediakan kedua software tersebut untuk client-nya.

Apabila Anda sudah memiliki nama domain, dan sudah menyewa hosting untuk penyimpanan file-file online Anda, selanjutnya Anda bisa memulai langkah-langkah instalasi script blog. Silakan simak panduan cara membuat blog di WordPress dengan hosting sendiri (self hosting) dibawah ini.

Pastikan order domain dan hosting Anda sudah terverifikasi, karena jika belum Anda tidak akan bisa melakukan pengaturan.

Silakan log in ke cPanel hosting Anda; namadomainanda.com/cpanel

Cara membuat blog WordPress.org

 

Masukkan username dan password yang diberikan oleh penyedia domain & hosting Anda melalui email terdaftar.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Pada halaman dashboard (halaman utama) cPanel, silakan menuju ke bagian bawah untuk menemukan icon script WordPress. Silakan klik icon WordPress untuk memulai proses instalasi script.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Klik tombol Install seperti yang yang terlihat pada gambar diatas.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Lengkapi pengisian  data, meliputi Site Name (nama situs), Site Description (deskripsi situs), dll. Untuk bidang In Directory, silakan kosongkan. Jika sudah selesai mengisikan data-data yang diminta, silakan geser halaman ke bagian bawah hingga Anda menjumpai tombol Install. Silakan Klik tombol Install.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Gambar diatas menunjukkan bahwa proses instalasi script WordPress sudah selesai dilakukan, artinya blog Anda sudah selesai dibuat.  Selanjutnya silakan masuk ke dashboard WordPress menggunakan detail akun yang baru saja Anda buat.

Untuk masuk ke dashboard WordPress, silakan ketikkan: namadomainanda.com/wp-admin di address bar web browser yang Anda gunakan. Kemudian, akan muncul jendela login seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Masukkan username WordPress Anda beserta password-nya, kemudian klik tombol Log in.

Cara membuat blog di WordPress.org

 

Gambar diatas merupakan halaman utama/control panel (dashboard) WordPress. Selanjutnya Anda bisa melakukan kustomisasi weblog Anda, mengganti template, memposting artikel, dll.

Demikian tutorial cara membuat blog di WordPress menggunakan self hosting. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca. Sepertinya panduan diatas cukup mudah dipahami, namun apabila Anda masih menemukan kesulitan tertentu silakan menghubungi saya atau tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah.

Hosting Terbaik Indonesia

85 comments

  1. Tisha Reply

    Hеya i am for the primary time here. І came across this
    board andd I find Ιt truly helpful & it helped me
    οut much. I hope to offer ѕomething back and
    help others such aѕ you helped me.

  2. muhaimin iskandar kpk Reply

    I am sure this piece of writing has touched all the internet
    people, its really really good paragraph on building up
    new weblog.

  3. dewa Reply

    as…wr…wb
    sy masih awam master mau minta tolong
    di buatkan blog wordpress.org
    kalau master bisa membantu,tolong buatkan
    blog saya.nanti hubungi sy ke no 085217717791
    tank

  4. Din Tok Post authorReply

    Sebenarnya ada banyak jasa pembuatan blog berbasis WP diluar sana yg bisa Anda coba, tapi kalau Anda memilih saya InsyaAllah nanti saya akan hubungi Anda.

  5. HARYONO Reply

    wah sangat bagus infonya, kalau mau tanya seputar website saya harus menghubungi anda di nomor HP ?

    • Din Tok Post authorReply

      Maaf, no hp ga bisa di share disini gan. Agan bisa kontek saya via email: bloggerlamongan01[at]gmail.com

  6. Pingback: URL

  7. bespe Reply

    Ane tertarik WP yang bayar tapi belum ngerti proses instalnya, untung dapat panduannya disini,.makasih gan. Untuk themesnya itu gimana ya buat jualan online

    • triez Reply

      pake idhostingger aja gratis nanti instal auto pake wordpress

      • Din Tok Post authorReply

        Kalau mau serius, jangan menggunakan free hosting. Jika kamu ingin ngeblog untuk jangka panjang, free hosting hanya akan membuat kamu bekerja dua kali.

  8. Admin @Carabuatfb.com Reply

    Ketika ingin membuat wp self hosting dan menonton video tutorial yang di beli, masih bingung karena menyangkan sama seperti blogspot yang harus bikin blog dulu, nentukan template artikel dan publish,, dan komplit semua baru tinggal beli domain,,,

    ternyata kl wp self host beli domain dan hosting dulu, baru tentukan isi (upload) dan tentukan theme dan bikin artikelnya,

    Artikel ini bikin ngerti karena sebelum TUTORIAL CARA MENGGUNAKAN CPANEL, ada penjelasan2 pendahuluannya terlebih dahulu,

    terima kasih infonya, blog ini tampilannya sederhana tapi artikelnya berkualitas

  9. TheHeran.com Reply

    bermanfaat banget gan tutorialnya, semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mau buat blog self hosting. salam kenal gan

  10. BisoNET Reply

    Izin Bookmark dulu bro, terima kasih atas infonya, maju terus Blogger Lamongan, saya juga dari Lamongan !

  11. Han Reply

    Makasih gan, kebetulan lagi mau pindah dari blogger

  12. Biloeganz Reply

    Mungkin setelah dari Blogger mungkin saya akan pindah ke WordPress Self Hosted .. Bookmark dulu gan! 🙂

  13. wandi Reply

    Saya telah upgrade dari wordpress versi 4.0 ke versi anyar versi 4.2.2, akan tetapi untuk menjawab komentar kenapa kok tidak bisa, atau tidak muncul area kerjanya.
    Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.

  14. Firdaus Reply

    Eh agan Din Tok, rajin amat buat artikel nya ……….. salam sukses ya gan 😀

  15. pf Reply

    Ane udah coba gan dan keren bgt bgt bgt nih thanks ya

  16. Burhan Ibrahim Reply

    Selamat siang, Mas Din.

    Artikelnya tepat sekali dengan yang sedang saya butuhkan. Saya memang dalam proses migrasi dari blogspot ke WP. dan baru saja selesai custom domain jdi dot.com tadi pagi. Berikutnya mungkin bikin blog WP baru dan migrasi. Beruntung saya nemu artikel ini.

    Yang ingin saya tanyakan, semoga Mas Din gak keberatan. Blog saya tidak bisa saya akses baik dari laptop maupun perangkata android dan selalu keluar error 404 atau site under construction.

    Herannya blog jusru bisa di akses orang lai dari hape dan komputer yang berbeda.

    • Din Tok Post authorReply

      Jika blog kamu sudah di migrasi ke WP, dan saat kamu akses muncul pesan “site under construction”, sebaiknya kamu konsultasikan ke penyedia hosting yang kamu pakai. Nanti kamu akan diberikan pengarahan

      • Burhan Ibrahim Reply

        Terima kasih atas sarannya.

        Sudah ganti domain ke TLD Mas, Tapi saya masih ragu untuk migrasi ke WP karena belum betul2 menguasai. Sementara masih hosting di tempat asal (Blogspot)

  17. febby Reply

    Bulan besog saya beli hosting dan domain.. Artikel ini akan berguna setelah tanggal 2 bulan besog 🙂 hehe

  18. Steve Reply

    berapa total biaya yg dikeluarkan jika mengikuti langkah2 diatas? saya sanngat butuh selfhosted tapi terkendala biaya.

    • Din Tok Post authorReply

      Besaran biaya bergantung pada provider hosting dan tipe hosting yang Anda pilih. Kalau Anda memilih hosting kelas basic, biayanya sekitar 200-300 ribu.

      Saran saya, pilihlah paket hosting dengan ruang penyimpanan (disk space) minimal 300 MB. Kalau Anda menginginkan disk space yang lebih besar namun harganya relatif murah, Anda bisa pilih hosting Niagahoster. Jika Anda memilih Niagahoster, Anda bahkan tidak perlu membeli domain karena sudah dikasih domain gratis (sepaket dengan hosting). Hanya dengan Rp 178.800 Anda sudah bisa memiliki weblog self hosting.

        • Din Tok Post authorReply

          idhostinger menyediakan dua paket hosting, yaitu free & paid hosting. Kalau free hosting pastinya banyak sekali kekurangannya, sementara untuk yang paid hosting saya kurang tahu karena saya tidak mempelajari lebih jauh paket hosting dari idhostinger.

  19. Adi Reply

    wah menarik
    jadi pingin jg nih buat blog pk wordpress.org
    tp sepertinya ribet yaa

    • Din Tok Post authorReply

      Nggak ada ribetnya kok, prosesnya kurang-lebih sama saja seperti kamu custom domain blogspot.

  20. Aditya Agung Reply

    terimakasih atas informasi nya, artikel nya sangat menarik dan dapat di pahami bagi para pemula.

  21. Aditya Agung Reply

    terimakasih atas informasinya, artikel nya sangat bagus dan dapat di pahami bagi para pemula.

  22. krisna bara Reply

    Setelah blog jadi tugas selanjutnya adalah meningkatkan trafik blog dari sinilah saya agak mengalami kesulitan karena membutuhkan waktu yang cukup lama agar blog ramai

    • Din Tok Post authorReply

      Trafik itu hasil, dan yang perlu kamu lakukan adalah menempuh prosesnya, yang tidak lain adalah memposting artikel secara teratur dan berkelanjutan.

  23. Asep Nugraha Reply

    Saya juga pakai self hosted mas. walau masih yang free setidaknya sudah berani untuk lebih serius membuat dan membangun blog

  24. syahr Reply

    ane pernah belajar buat blog wordpress dan sangat membingungkan, sama sekali gak ngerti makanya pake blogspot karena gampang dipelajari

    • Din Tok Post authorReply

      Saya rasa opini agan kurang tepat, nyatanya membuat blog WP bisa dilakukan hanya dalam waktu -/+3 menit. Untuk kustomisasinya juga tidak sulit-sulit amat, hanya saja perlu sedikit waktu untuk pengenalan.

  25. ismo Reply

    kalau instal wordpress dengan cara offline gimana mas,? saya belum bisa dengan cara offline.

  26. Alifathun Reply

    berarti mas kalo kita mau bikin blog di WP ,yang harus dipesen duluan Hosting sama Domainnya ya ?? baru setelah itu coustume templatenya ? atau gimana ya ?
    soalnya saya agak kurang paham soal WP ,dan baru mau minat sekarang2 …
    o’y untuk costumenya juga harus premium gak ? mudah2an mas bisa bantu

    • Din Tok Post authorReply

      Tahapannya sebagai berikut:

      1. Beli nama domain (TLD)
      2. Sewa hosting

      Catatan: Bergantung pada penyedia layanan web hosting serta paket hosting yang Anda pilih, sebagian penyedia layanan web hosting memberikan nama domain (TLD) gratis untuk setiap paket penyewaan paket hosting. Rekomendasi saya, pilihlah penyedia layanan web hosting Jogjahost, atau Niagahoster.

      Kemudian, silakan install CMS WordPress melalui cPanel akun hosting Anda. Langkah-langkahnya seperti dijelaskan pada artikel diatas.

  27. Adnalda Reply

    Mau tanya, kalau platform blogger itu self hosted atau bukan yah mas?

    • Din Tok Post authorReply

      Blogger bukan self hosted, Blogger merupakan platform blog gratisan dimana hostingya sudah disediakan oleh Google selaku pemilik platform tersebut. Di Blogger Anda tidak memiliki akses apapun kecuali menulis dan memposting artikel serta mendesain layout blog (template).

      • Adnalda Reply

        Berarti di Blogger tulisan kita bukan jadi hak kita ya? melainkan hak google?

  28. arie fabian Reply

    Artikelnya menarik, pada saat di fantastico, upload ada kemungkinan gagal atau tidak ? Lalu pada saat nanti kita ingin mengganti template dengan yang baru, apakah prosesnya tinggal di tiban saja atau gimana. ?? Thanks …

    • Din Tok Post authorReply

      Jika menggunakan Fantastico tidak perlu lagi upload. Tinggal klik icon WordPress kemudian mulai proses instalasi. Untuk theme, Anda cukup memilih theme yang ingin Anda gunakan atau upload theme pilihan Anda kemudian aktifkan theme tersebut melalui dashboard WordPress.

  29. Aldhy Reply

    kalo hosting gratis yang bagus apa yang gan.. ane mau bikin web untuk tempat ane magang.. tapi gak punya modal jadi yang gratis serta gampag dalam pengoperasiaannya apa ya gan…

    • Din Tok Reply

      Kalau mau jujur, tidak ada satupun penyedia web hosting gratisan yang bagus. Setiap web host gratisan pasti menyisakan banyak kekurangan mulai server lambat, sering down, tidak menjamin keamanan data website, dll. Saran saya tetap gunakan web host berbayar, dan jika budget Anda terbatas silakan pilih paket web host yang murah seperti yang ditawarkan Niagahoster, hanya dengan biaya Rp 14.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan layanan web host bermutu dengan fitur yang cukup lengkap.

  30. nendi Reply

    terimakasih gan tutorianya. saya mau coba juga bikin blig pake hosting.

  31. parto Reply

    pengen beralih ke wordpress..tapi udah jatuh hati sama blogspot..

  32. uhendrayana Reply

    Terimakasih gan ,selama ini saya ngeblog pake wordpress sangat kurang paham, dengan tutor ini bisa terbantu sedikot demo sedikit. .

  33. zonazon Reply

    Terima kasih banyak gan, penjelasaanya sangat mudah di pahami 🙂

  34. zaenal Reply

    kalo menggunakan blogger untuk naik ke TLD gak usah beli hosting bisa kan mas. trims infonya

    • Din Tok Reply

      Bisa, tapi Blogger tidak banyak menawarkan kemudahan seperti WP self hosting.

  35. saf Reply

    kalo langsung ke .org nya tanpa provider bisa tidak bang,
    dan kalo daftar .org kira kira berapa biaya keseluruhannya?

  36. Din Tok Reply

    Domain .org dibanderol antara Rp 100.000 – 150.000, tergantung domain registrar-nya. Saran saya, silakan berlangganan paket hosting di Niagahoster, karena Anda tidak perlu lagi membeli nama domain. Selain paket Bayi, harga sewa paket hosting sudah termasuk gratis 1 nama domain, termasuk domain .org.

  37. Sabrina Reply

    Mas, mau nanya. Username & password wordpress.COM dan ORG itu sama apa tidak ya? Makasih atas infonya

    • Din Tok Reply

      Beda. WordPress.com itu kan free, sementara WordPress.org berbayar yang mana Anda harus memiliki layanan web hosting dulu sebelum dapat membuat blog berbasis WordPress.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *