Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Cara Agar Blog Banyak PengunjungSebagus apapun desain blog Anda, hal tersebut tentunya menjadi sia-sia saja jika pada akhirnya tidak ada yang mengunjunginya. Membuat blog memang cukup mudah, sisi kesulitannya adalah untuk mendatangkan pengunjung, apalagi untuk mendatangkan banyak pengunjung. Namun, sebenarnya ini hanya masalah waktu serta tingkat keseriusan Anda dalam mengembangkan blog tersebut.

Untuk membuat blog kita hanya membutuhkan beberapa menit, terlebih lagi untuk membuat blog gratisan di Blogger atau platform blog sejenis lainnya. Akan tetapi untuk menghidupkan blog tersebut supaya dikunjungi oleh banyak orang menuntut kerja keras kita. Banyak hal yang harus kita lakukan melalui tahapan demi tahapan. Ketika semuanya sudah diterapkan dengan benar, barulah kita akan melihat hasilnya.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Membangun trafik blog cukup membutuhkan waktu. Normalnya untuk mendatangkan trafik pada angka ribuan per hari setidaknya dibutuhkan waktu tidak kurang dari tiga bulan. Proses ini bisa saja dipercepat jika Anda benar-benar paham cara kerja search engine dan disisi lain Anda sudah mempersiapkan amunisinya, mulai pemilihan keyword yang tepat, strategi optimasi, dst. Kondisi sebaliknya juga bisa saja terjadi, proses pengembangan blog bisa berjalan lebih lama jika Anda melakukan banyak kesalahan pada fase-fase awal pengembangan, misalkan terjerumus dengan teknik-teknik optimasi berbau spam.

Proses mendatangkan banyak pengunjung ke blog bergantung pada banyak hal. Semuanya saling melengkapi dan berketerkaitan. Adanya celah pada sisi tertentu dapat menyebabkan trafik blog tidak bisa mencapai volume maksimal. Sebuah wacana yang mungkin sering dialami oleh seorang pemula, pada saat mereka membuat blog pemilihan niche dilakukan secara asal-asalan, dan niche yang dipilih adalah niche dengan jumlah pencarian yang rendah sehingga kedepannya menyulitkan blog yang mereka kelola untuk mendapatkan trafik tinggi. Meskipun disisi lain blog Anda berhasil masuk ke halaman pertama search engine, hal tersebut tidak akan banyak membantu jika niche yang Anda pilih cukup rendah tingkat pencariannya. Disinilah yang mendasari pentingnya untuk melakukan reset keyword sebelum berjalan lebih jauh.

Selain faktor niche/keyword, masih banyak faktor pendukung lainnya yang akan menjadi parameter berapa volume maksimal trafik suatu blog. Jika Anda sudah membaca artikel strategi tips optimasi blog tahap I s/d strategi optimasi blog tahap III dan tips SEO untuk blog baru pada artikel tersebut dijelaskan sejumlah hal yang mendasari sukses-tidaknya pengembangan sebuah blog. Dan berikut ini adalah rangkuman kiat-kiat atau cara untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog yang bisa Anda terapkan pada blog Anda.

Pemilihan niche yang tepat

Jika blog Anda masih relatif baru atau bahkan baru akan dibuat, pastikan Anda meninjau ulang apa niche yang akan Anda ambil. Seperti dijelaskan diatas, bahwa niche sangat menentukan volume trafik. Agar proses pengembangannya tidak menghabiskan banyak waktu, pilihlah niche yang populer, namun tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi.

Daftarkan blog Anda ke search engines (Google, Yahoo, Bing, dsb)

Sebenarnya ada banyak sekali search engine yang bisa digunakan, namun sebaiknya Anda cukup fokus pada ketiga search engine diatas, karena 99% pengguna internet di Indonesia hanya menggunakan ketiga search engine tersebut.

Buatlah artikel yang benar-benar menggambarkan niche blog

Jika niche blog Anda tentang teknologi, maka jangan membuat artikel berita. Kondisi ini akan merusak niche blog Anda, dan kekuatan relevansi niche dengan konten itu sangat penting untuk peningkatan trafik.

Tulislah artikel yang padat

Secara teori, artikel berkualitas memang tidak harus padat, bahkan banyak sekali topik yang hanya membutuhkan uraian singkat. Namun, faktanya mesin pencari lebih memprioritaskan artikel yang berisikan banyak kata daripada yang minim kata. Sehingga kesimpulannya, artikel yang berkualitas dalam penilaian mesin pencari adalah artikel yang padat/panjang.

Gunakan anchor text

Hubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya dalam satu blog (harus relevan) untuk memperkuat kedudukan masing-masing artikel di search engine. Penggunaan anchor text dalam penulisan artikel blog merupakan sebuah keharusan, hal ini merupakan salah satu bagian dari emplementasi teknik SEO on-page.

Membangun backlink berkualitas

Backlink berkualitas sangat membantu untuk memenangkan persaingan di SERP. Ciri-ciri backlink berkualitas dan bagaimana cara mendapatkannya sudah saya bahas pada artikel teknik link building yang tepat untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Perkaya konten

Tidak cukup hanya dengan bermodalkan niche dengan jumlah pencarian tinggi, Anda juga harus memperbanyak konten di blog Anda. Postinglah artikel secara reguler dan buatlah artikel-artikel tersebut memiliki keterkaitan tema antara satu sama lain (relevan).

Gunakan social media

Seperti yang saya singgung dalam artikel tips SEO, social media memberi pengaruh kuat dan dijadikan sebagai salah satu materi pengukur kredibilitas suatu blog oleh search engine, terutama Google. Bangunlah sebuah komunitas di situs-situs social media untuk kepentingan strategi promosi blog.

Ada ribuan cara untuk membangun trafik, bahkan Anda bisa melakukannya dengan bantuan tool online. Namun, cara yang demikian tidak perlu Anda lakukan karena tidak akan memberikan profit apapun untuk Anda. Bangunlah trafik blog Anda secara natural dengan bermodalkan mutu konten dan menerapkan sejumlah hal pendukung lainnya, beberapa diantaranya sebagaimana dijelaskan diatas.

Tips-tips cara meningkatkan trafik blog lainnya akan saya bahas pada kesempatan-kesempatan mendatang. Demikian, semoga bermanfaat.

Hosting Terbaik Indonesia

57 comments

  1. Sunandar Reply

    kalo hosting itu ngaruh ga mas ke SEO nya? dan bagaimana dengan server dimana kita hosting US atau Indo? apakah itu berpengaruh juga ?

    • Din Tok Post authorReply

      Secara teknis, ada pengaruhnya.
      Bergantung pada target audience blog Anda. Jika blognya berbahasa Indonesia yang tentunya mayoritas pengunjungya berasal dari Indonesia, maka idealnya harus menggunakan server Indo supaya kecepatannya bisa maksimal.

  2. ProSiteNews Reply

    Saya menggunakan hostingan dari US namun saya upgrate keunlimited hasilnya wuss,,,, performa meningkat secara signifikan,,,, hehehe

  3. fartan Reply

    Thank you boss sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar blog.

  4. bluetripper Reply

    trima kasih untuk infonya..

  5. Gaplex Reply

    social media yang paling bagus buat narik pengunjung apa ya??

  6. Dunia Informasi Reply

    Semoga web portal berita saya banyak pengunjungnya ya mas 🙂

    Makasih buat artikelnya , nice banget deh (Y)

  7. UrbandistrO Reply

    Bagaimana dengan website yang niche nya berbeda dengan nama domain nya ?contohnya nama domain berbau tentang distro atau pun desain grafis..tetapi semua isi website tersebut mengenai teknology komputer..mohon pencerahannya yah

    • Din Tok Post authorReply

      Ukuran relevansi nama domain dengan konten tidak terlalu diperhitungkan, ia hanya sebagai faktor penunjang. Jadi, kesimpulannya tidak ada masalah.

  8. dwi lestari Reply

    Makasihh kak tipsnya, Alhamdulillah blog saya sudah saya daftar ke Mesin Pencari, tinggal nunggu hasilnya dan maksimalin posting artikel.
    Dan aku pribadi aku memilih blog niche tetang hijab, nahh disitu aku kasih konten-konten yang relevan tetang hijab, mogaa aja pengunjungnya banyak, tiap hari makin nambah,, Aamiin
    Semangatt blogging dahhh ‘_’)9

  9. rauf seven Reply

    social bookmark selain lintas, bersosial, sama log viva ada lagi gak gan? yang pagerank nya tinggi..

  10. anas Reply

    gan apakah blog yang berkualitas harus update setiap waktu… trims

  11. Kiki Reply

    makasih gan artikelnya sangat membantu, saya juga lagi aktif ngeblog tentang kuliner.

  12. Abdul Muhajir Reply

    jangan hanya memperbanyak atau memperkaya konten tapi juga harus menghindari namanya copy paste, duplkat konten itu merugikan.

  13. Din Tok Post authorReply

    Benar sekali! copy-paste merupakan bentuk kegiatan yang benar2 harus dihindari dalam blogging. Artikel hasil copy-paste tidak akan menghasilkan profit apapun untuk kita.

  14. Micko Reply

    Mengulas cara mendatangkan pengunjung adalah poin palingg rumit dan sangat berat terutama untuk pemula. Karena mulai rencana hingga terciptanya sebuah blog hanya akan di nilai dari trafik yang di dapat. Tetap semangat pantang menyerah….

  15. Edi Reply

    Disini ternyata banyak ilmu tetang blogger saya simpen di bookmark dulu deh, saya ingin banyak belajar tentang blog.

  16. Tan Pah Kaa Reply

    Jujur, Mas. Beberapa bulan terakhir mulai dari awal buat, blgo saya trafiknya stangan dan tidak kunjung ada perbaikan berarti.
    Tips-2 dari temn2 blogger lain udah lumayan banyak tak coba, tapi ya gitu… naikkan cuma beberapa waktu saja. Dan setelah itu sepi lagi…

    Mudah-mudah tetap semangat aja untuk blognya, Mas.
    Salam…

  17. guruilmuan.blogspot.com Reply

    Setuju dengan artikel di atas, bahwa konten yang padat/panjang dapat mendatangkan pengunjung dari banyak penjuru..salam kenal untuk temen2 bloggerlamongan.com

  18. kangbang Reply

    Saya setuju dengan adanya pemilihan niche tersebut. Itu benar sebab banyaknya traffic tersebut secara alami memang berasal dari pencarian di mesin pencari dan kebanyakan orang yang mencari di mesin pencari banyak menargetkan niche yang memang telah disurvey oleh mesin pencari. Sehingga tidak kaget apabila ada orang yang mempunyai blog dengan pengunjung yang sangat tinggi tiap harinya karena pemilihan niche yang tepat.

  19. budi Reply

    nice share min. saya juga bru belajar buat blog. informasi ini sangat membantu.

  20. harris Reply

    ilmu yg bermanfaat gan…
    thnx udah share…
    patut dicoba….

  21. Yani Reply

    Terima kasih infonya gan, kalau blog saya termasuk blog yang ada niche khusus bukan?

  22. Muchlis Nopq Reply

    kalo saya niche nya gado gado min . ada gak tips tips nya buat yang nichenya nyampur aduk.

  23. wakhidah Reply

    bagaimana kalau artikel saya udah banyak akan tetapi pengunjungnya sangat sedikit, bahkan lebih banyak jumlah artiikelnya? bagaimana cara mengatasinya agan?

  24. atta Reply

    Terima kasih sarannya gan, siap saya praktekan di blog baru saya, mudah-mudahan berhasil 🙂

  25. agus Reply

    Ma kasih gan, artikelnya sangat membantu. Semoga blog saya semakin banyak pengunjungnya berkat pengetahuan dari blog ini.

  26. fashionidea Reply

    Makasih artikelnya gan..lumayan nambah pengetahuan ane yg mau merintis blog..hehe..

  27. mohas 23's Reply

    Sedikit mencerahkan meski sedikit masih bingung juga soalnya saya baru mengenal dunia blogging

  28. krisna Reply

    Kalo saya blognya tentang puisi, jadi konten2nya gak padat dan gak panjang,,,,,saya masih bingung dengan teknik seo…

  29. Riyan Saludi Reply

    thanks infonya, udah nerapin tips2 di atas tp masih belum meningkat drastis juga pengunjungnya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *