3 Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Artikel “How To”

cara meningkatkan traffic blogKandungan informasi/artikel adalah barometer utama dalam mengukur traffic suatu blog. Semakin informatif atau padat konten sebuah blog, maka secara teknis semakin banyak pula pengunjung blog bersangkutan.

Micro blog punya keterbatasan konten jika dibandingkan dengan portal berita. Micro blog memiliki cakupan bahasan yang lebih sempit sehingga kondisi ini mengharuskan kita untuk memilah-milah dalam memposting artikel agar pengunjung blog tetap bisa mencapai volume maksimal meskipun dengan modal konten yang relatif minim.

cara membuat blog wordpress hosting sendiri

Selain SEO dan sejumlah faktor pendukung lainnya, kandungan informasi atau artikel dalam blog kita sangat menentukan ukuran volume trafik blog yang kita kelola. Adapun artikel yang paling mendapat banyak hits adalah artikel yang berkaitan dengan tutorial, cara, panduan atau dalam istilah bulenya disebut “How To”.

Menulis artikel How To merupakan salah satu cara efektif untuk memaksimalkan jumlah visitor sebuah blog. Jika blog Anda bertemakan blogging, maka cukup luas cakupan bahasan yang dapat Anda publish. Misalkan, cara membuat blog, cara optimasi blog, cara mendapatkan uang dari blog, tutorial membuat blog WordPress self hosted, dsb.

Karena cakupan bahasan micro blog yang relatif sempit, maka para blogger pengelola micro blog biasanya akan membuat beberapa artikel pilar untuk dijadikan sumber trafik utama blog mereka. Mereka melakukan reset keyword sesuai tema utama blog. Setelah melakukan tahapan reset keyword mereka kemudian menentukan beberapa judul artikel untuk dijadikan sebagai artikel pilar.

Berikut 3 cara meningkatkan traffic blog dengan cara menulis artikel How To. Bagi Anda yang merasa trafik blognya masih jauh dari espektasi, kiat ini mungkin patut untuk Anda terapkan.

Menulis Artikel How To #1 – Cara Membuat Blog
Buatlah artikel panduan cara membuat blog disusul dengan artikel cara set-up blog, optimasi blog, dst. Meskipun cakupan bahasan micro blog relatif sempit, namun terdapat sekian banyak artikel How To blogging yang dapat Anda publish di blog milik Anda.

Menulis Artikel How To #2 – Cara Memulai Bisnis Online
Bisnis online terbagi menjadi sekian banyak jenis. Blogging juga dapat dikategorikan sebagai salah satu model bisnis online. Buatlah artikel yang berkaitan dengan panduan cara memulai bisnis online atau cara mendapatkan penghasilan dari blog, karena sebagian besar aktivitas blogging memang terorientasi untuk mendapatkan penghasilan online.

Semakin banyak Anda memposting artikel yang berkaitan dengan cara memulai bisnis online atau cara memonetisasi blog, maka semakin besar potensi mendapatkan trafik tinggi mengingat ada jutaan blogger dan internet marketer yang selalu berpikir tentang cara menggali uang dari internet.

Menulis Artikel How To #3 – Cara Mengatasi Problematika Dalam Blogging
Membangun blog akan menyisakan berbagai persoalan atau permasalahan. Buatlah artikel yang berkaitan dengan panduan atau cara mengatasi setiap permasalahan dalam blogging. Misalkan, cara mengatasi trafik blog rendah, cara mengatasi artikel tidak di index Google, cara membersihkan broken link, dan lain sebagainya.

Demikian tiga kiat untuk meningkatkan pengunjung blog, semoga bermanfaat. Dan sebagai tambahan, keberhasilan Anda sebagai seorang penulis (menulis di blog) akan menjadi salah satu ukuran kesuksesan Anda sebagai seorang blogger.

Hosting Terbaik Indonesia

6 comments

  1. Husni Reply

    Artikel how to ini betul-betul oke, tidak pernah saya sadari sebelumnya. terima kasih. Salam.

  2. hadat Reply

    3 cara sederhana dengan penjelasan inti
    oh ya, apalagi pda bgian ke 3 setidaknya bsa mngatasi problem ngeblog, keren.

  3. Selvia arasy Reply

    Sepertinya saya lebih tertarik dengan istilah artikel pilar. Karena saya juga pernah merasakan dampak yang sangat potensial setelah mencoba menemukan artikel pilar di antara artikel pendukung lainnya.

  4. Arman Reply

    memang trafik itu sangat penting sekali untuk seb atau blog , tapi pengerjaaan nya juga gampang gampang susah hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *